Comscore Tracker

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkan

Tertarik untuk mencoba kol gulung isi nasi?

Kol menjadi salah satu jenis sayur yang cukup mudah ditemui di Indonesia, hasil tanam ini biasanya diolah sebagai bahan tambahan dalam pembuatan sup atau sebagai pendamping tumisan.

Selain itu, sayur ini pun dapat dijadikan menu dalam jajanan siomay dan dikenal sebagai kol gulung. Olahan tersebut bisa dijajakan dengan atau tanpa isian, rasanya yang unik dapat menetralkan makanan lain yang memiliki rasa dan tekstur lebih berat.

Tidak cuma untuk siomay, olahan kol gulung rupanya banyak diadaptasi untuk menjadi sajian sedap dengan aneka isian atau pendamping seperti lima hidangan berikut ini.

1. Kol gulung dan saus tomat

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkanmrfood.com

Kol gulung dapat diolah dengan cara merebus sayur yang sudah dibersihkan dari bagian tulang daun. Kol yang sudah lemas tersebut bisa digulung dengan mudah tanpa takut patah dengan berbagai isian atau tanpa isian.

Salah satu yang cukup spesial dan banyak dimasak adalah kol gulung tanpa isi yang disajikan dalam campuran kuah yang terdiri dari aneka ragam saus sambal dan saus tomat yang segar juga nikmat.

2. Kol gulung isi kalkun

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkantastykitchen.com/Krista Teigen

Kreasi kol gulung selanjutnya datang dari isian yang diolah menggunakan daging kalkun, unggas populer dalam perayaan Thanksgiving yang memiliki rasa nikmat dan juicy dibandingkan daging ayam.

Olahan kalkun ada baiknya dimasak terlebih dahulu sampai empuk sebelum dimasukan ke dalam kol. Setelah itu, baru kol gulung isi kalkun dapat dimatangkan dengan cara dipanggang dan sajikan bersama saus kesukaan.

Baca Juga: Resep Kembang Kol Udang Mentega, Menu Diet yang Mengenyangkan

3. Kol gulung nasi dan daging

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkanthespruceeats.com/Ahlam Raffii

Olahan kol gulung yang satu ini selain nikmat pun bisa membuat kenyang. Sebab isian yang digunakan mengandung daging sapi beserta nasi. Khusus untuk sajian tersebut kamu bisa menggunakan brown rice sebagai pengganti beras biasa.

Terlebih dahulu brown rice dicampurkan dengan daging cincang, bawang-bawangan, telur, sampai susu, dan penyedap rasa lalu dimasukkan ke dalam lembaran kol. Masak olahan dalam slow cooker sampai nasi dan daging matang.

4. Kol gulung ayam pedas

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkaneatingwell.com/Joy Howard

Buat kamu pencinta cabai, kol gulung bisa diolah dengan memakai daging ayam yang dimasak sedemikian rupa sehingga menghasilkan daging bercita rasa pedas namun tetep enak ketika dijadikan isian.

Daging sendiri bisa dimasak dengan cara dicincang bersama aneka sayur mayur hingga menjadi lembut, atau disuwir biasa agar lebih terasa teksturnya. Olahan ini pun dapat disajikan dengan saus kacang atau kuah pedas lainnya.

5. Kol gulung isi daging domba

5 Inspirasi Kudapan dari Kol Gulung yang Nikmat dan Mengenyangkanfoodnetwork.com

Salah satu isian yang bisa dimasukan ke dalam olahan kol gulung adalah daging domba.

Daging perlu dimasak terlebih dahulu dengan aneka bumbu seperti bawang-bawangan, tomat, kacang, dan kismis bila suka. Setelah itu dimasukkan dalam kol untuk dikukus atau direbus menggunakan kuah dari campuran saus tomat dan bisa juga memakai kaldu.

Itulah kelima sajian dari kol gulung dengan aneka isian dan pendamping yang cukup menarik sekaligus membuatmu jadi lapar. Kalau kamu sendiri pernah mencicipi kol gulung apa saja?

Baca Juga: Resep Brokoli Keju Panggang yang Chessy, Sayuran Sehat yang Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya