Comscore Tracker

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun Pisang

Ada varian botok fancy dengan memakai daging ayam! #LokalIDN

Botok ialah makanan tradisional yang sangat terkenal di tanah Jawa. Hidangan ini merupakan lauk makan yang seringkali disajikan untuk menemani nasi hangat.

Pada umumnya, botok dibuat menggunakan kelapa. Namun seiring berjalannya waktu, botok mengalami banyak inovasi, terutama dalam bahan baku yang digunakan.

Berikut ini ada lima bahan makanan yang sangat cocok diolah menjadi botok dan bisa menjadi inspirasi menu lauk Nusantara di rumah. Apa saja varian botok tersebut?

1. Botok tempe

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun PisangYummy / IfaRaa

Salah satu bahan makanan kaya protein yang sangat cocok diolah menjadi beragam hidangan ialah tempe. Olahan yang satu ini merupakan alternatif lauk bagi kamu yang ingin mengonsumsi tempe dengan cara berbeda.

Untuk dapat membuat botok tempe pun terbilang sangat mudah, bahan-bahan yang diperlukan tidak memakan banyak komponen, sebab satu-satunya yang paling penting ialah tempe. Nah, kalau kamu suka, bisa juga menambahkan ikan teri sebagai penambah tekstur.

Tempe yang telah diberi bumbu dan teri kemudian dibungkus ke dalam daun pisang dan lipat sedemikian rupa agar isian tidak bocor. Lalu kukus beberapa saat sampai semua bahan matang.

2. Botok mlanding

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun PisangYouTube / Mama Adeeva

Bahan baku selanjutnya yang sangat cocok diolah menjadi botok ialah mlanding alias lamtoro. Jika kamu merupakan pencinta sayur yang banyak mengonsumsi makanan-makanan berupa lalap hijau, mungkin tanaman ini sudah tidak asing lagi buatmu.

Lamtoro atau kemlandingan adalah sebuah tanaman yang acapkali disebut sebagai petai cina. Bentuknya mirip dengan petai yang biasa kita temui namun dengan ukuran yang berkali-kali lipat lebih kecil.

Untuk dapat mengolah lamtoro menjadi botok, kamu bisa mencampurkannya dengan tempe agar lebih padat dan nikmat. Selain itu, penggunaan cabai ekstra juga cocok disematkan pada hidangan ini untuk mendapat rasa yang lebih pedas.

 

Baca Juga: Resep Masak Botok Daging, Menu Tradisional yang Sedap dan Nikmat

3. Botok tahu

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun PisangYouTube / Dapur Bu Haji

Bagi kamu yang sedang dalam masa perbaikan pola makan dan tengah menghindari penggunaan minyak goreng berlebih pada makanan, maka botok dapat menjadi solusi yang bisa dicoba pada awal-awal memulai perbaikan pola makan tersebut.

Salah satunya ialah dengan menggunakan makanan berprotein yang murah dan mudah ditemukan, yaitu tahu. Bila selama ini kamu cuma mengonsumsi tahu dengan cara digoreng dan ditumis, maka kamu bisa menggunakan bahan baku tersebut untuk dibuatkan menjadi botok.

Botok tahu sendiri tidak terlalu memakan banyak bahan dan waktu dalam pembuatannya, sebab kamu hanya perlu menyiapkan bumbu halus, tahu, serta tambahan petai bila kamu ingin botok meninggalkan aroma yang khas.

 

4. Botok daun singkong

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun PisangYummy / Wayan Rusmini

Tidak cuma bagian umbinya saja yang dikenal bermanfaat dan enak untuk dinikmati, daun dari tanaman singkong juga cukup sering diolah menjadi aneka ragam sajian lezat untuk menemani makan di rumah masyarakat Indonesia.

Salah satu olahan populer dari daun singkong tersebut ialah dengan dibuat menjadi botok. Sebelum diproses menjadi botok, biasanya daun singkong akan terlebih dahulu direbus untuk menghilangkan kotoran sekaligus rasa pahitnya.

Sebagai teman olahan yang tidak pernah lepas, daun singkong biasanya akan disandingkan pula dengan parutan kelapa, termasuk dalam olahan botok ini untuk menambah gurih dan menyeimbangkan rasa.

5. Botok ayam

5 Jenis Botok Nikmat, Menu Kuliner Nusantara yang Berbalut Daun PisangYummy / adika annisa

Bahan baku makanan terakhir yang cocok diolah menjadi botok ialah ayam. Daging unggas kecintaan hampir semua kalangan ini bisa diproses dengan enak untuk menjadi lauk yang berbeda menemani nasi hangat di rumah.

Dalam mengolah ayam menjadi botok, kamu perlu merebus daging terlebih dahulu untuk menghilangkan bau sekaligus membuat daging menjadi empuk. Selain itu, kamu bisa menggunakan 100% daging ayam atau ditambahkan dengan aneka sayur atau tahu tempe.

Bila sudah siap, maka adonan botok ayam akan dimasukan ke dalam daun pisang dan ikat memakai tusuk gigi. Biarkan botok dalam kukusan sampai matang sebelum disajikan dalam kondisi hangat.

Itu dia kelima varian botok yang bisa menemani makanmu menjadi lebih sedap dan nikmat meski dengan lauk sederhana. Nah, kira-kira di antara kelima hidangan tersebut mana yang paling ingin kamu coba buat?

Baca Juga: Resep Botok Telur Asin Khas Demak, Nikmatnya Bikin Merem Melek

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya