Comscore Tracker

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!

Bisa diolah dengan berbagai cara masak populer

Cutlet adalah salah satu jenis potongan dengan ciri khas irisan yang tipis dan lebar pada suatu bahan yang terkait akan daging. Biasanya, aneka hidangan cutlet menggunakan tepung roti untuk membaluri keseluruhan bahan yang dimasak.

Nah, salah satu cutlet populer datang dari ayam. Namun tidak cuma satu jenis yang bisa dimasak, melainkan terdapat lima santapan menarik hati dari ayam cutlet yang wajib untuk dicicipi dalam waktu dekat ini.

1. Parmesan crispy chicken cutlets

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!ilustrasi parmesan crispy chicken cutlets (pixabay.com/takedahrs)

Parmesan crispy chicken cutlets adalah salah satu alternatif dalam mengolah lauk makan yang gurih dan renyah. Bahkan, sajian ini bisa dijadikan bekal hingga teman santapan di berbagai suasana mendukung.

Proses pembuatannya memakan bahan baku dari daging bagian dada. Kemudian celupkan ke dalam adonan telur, lalu baluri memakai campuran panko dan parmesan. Masak dengan cara digoreng sampai kecokelatan dan sajikan.

2. Barbecue chicken cutlets

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!ilustrasi barbecue chicken cutlets (pixabay.com/Shutterbug75)

Kenikmatan ayam yang diolah dengan cara barbeku menjadi andalan, apalagi jika disajikan dalam acara kumpul keluarga. Makanan ini bisa pula memakai bagian dada untuk dibuat dengan cara cutlets agar terasa lebih enak.

Saus barbeku bisa diolah memakai campuran antara bawang bombai, air lemon, mustard, bubuk bawang putih, gula cokelat, kecap, saus sambal, garam dan lada, serta tambahan minyak dan bubuk paprika.

Baca Juga: 9 Bahan yang Harus Dipersiapkan untuk Membuat Chicken Cordon Bleu

3. Mustard cream chicken cutlets

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!ilustrasi custard cream chicken cutlets (pixabay.com/zuzyusa)

Olahan berikutnya paling pas kalau disantap bagi penggemar aneka makanan yang memiliki kuah kental dan aromatik. Sehingga rasanya menjadi lebih gurih serta terdapat tekstur yang membuatnya semakin disukai.

Bahan-bahan yang digunakan untuk menciptakan kuah mustard cream menggugah selera adalah heavy cream, mustard, serta kaldu ayam untuk menciptakan sensasi makanan yang lebih sedap dan sempurna.

4. Chicken cutlets sandwich

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!ilustrasi chicken cutlets sandwich (pixabay.com/Cátia Morgado)

Chicken cutlets menjadi salah satu bahan yang paling cocok untuk menemani waktu sarapan atau makan siang dengan tema roti lapis. Bahkan, olahan jadi tambah mengenyangkan karena daging yang dipakai bisa bersanding dengan sayur-mayur.

Chicken cutlets bisa dimasak setelah melewati proses pembaluran dengan panko atau tepung roti. Susun bersama irisan bacon, sayur-mayur seperti selada hingga tomat, dan saus untuk menyeimbangkan seluruh isian yang digunakan dalam roti lapis tersebut.

5. Nacho chicken cutlets

5 Kreasi Ayam Cutlet untuk Ide Lauk Makan Sehari-hari, Enak!ilustrasi nacho chicken cutlets (pixabay.com/bknox99)

Cara penyajian chicken cutlets yang terakhir menjadi perpaduan sempurna bagi kamu yang menyukai ragam makanan bertema olahan asal Meksiko. Hidangan tersebut bisa bersanding dengan nacho.

Cukup masak ayam bagian dada yang telah diiris tipis dan lebar memakai metode penggorengan. Kemudian susun di dalam wadah bersama keju, Greek yogurt, serta tambahan tortilla untuk melengkapi.

Macam-macam hidangan dari ayam cutlet di atas bisa dijadikan salah satu ide untuk membuat lauk makan sehari-hari. Gimana, setelah mengetahui ragam makanan tersebut, apakah kamu tertarik memasak salah satunya?

Baca Juga: 5 Olahan Daging Ayam Khas Amerika Serikat, Pasti Enak! 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya