Comscore Tracker

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legit

Yuk, coba masak wortel dan madu!

Menyantap sayur mayur memang tergolong gampang-gampang susah, terutama bagi yang belum terbiasa. Maka dari itu, pengolahan makanan ini perlu kreativitas ekstra supaya hidangan jadi lebih menarik.

Salah satu bahan pendukung yang bisa membuat sayur jadi tampil ciamik dengan rasa lezat adalah madu. Cairan berwarna keemasan tersebut dapat memberikan rasa manis terhadap sayur.

Berikut ini terdapat 5 kreasi aneka olahan sayur dan madu untuk menciptakan hidangan nikmat di rumah.

1. Honey roasted sprouts

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legitilustrasi honey roasted brussel sprout (unsplash.com/Sebastian Coman Photography)

Brussel sprout menjadi salah satu sayur unik bercita rasa agak getir yang cukup disukai dalam beragam olahan sayur. Bentuk makanan ini lebih kecil dari kol, namun memiliki rupa yang hampir mirip.

Salah satu cara dalam mengolah hidangan ini dapat dilakukan dengan dipanggang. Namun untuk menciptakan rasa menarik, kamu bisa menggunakan campuran madu beserta aneka bawang dan mentega sebagai pelapis.

2. Honey garlic cauliflower

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legitilustrasi honey garlic cauliflower (unsplash.com/Aleisha Kalina)

Cauliflower atau dikenal pula dengan sebutan kembang kol menjadi salah satu sayur favorit di Indonesia. Bahan ini mudah ditemui sekaligus cocok dimasak ke dalam hidangan apapun, tak terkecuali honey garlic cauliflower.

Dalam proses pembuatannya, sayur perlu dipotong-potong dan dibaluri menggunakan tepung roti. Masak hingga matang, kemudian campur bersama saus yang diolah dari kecap, madu, dan bawang putih halus.

Baca Juga: 5 Sup Sayur Lezat Khas Italia, Makan Sayur Jadi Gak Bosan!

3. Honey lemon asparagus

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legitilustrasi honey lemon asparagus (unsplash.com/Christina Rumpf)

Asparagus menjadi salah satu sayuran berbatang yang sedang disorot. Hidangan ini biasanya dimasak untuk menemani aneka daging-dagingan, dan menambah tekstur pada suatu makanan.

Namun asparagus pun dapat dihidangkan sendiri dengan cara dipanggang dengan diberikan dressing honey lemon yang manis dan menyegarkan.

4. Honey glazed carrot

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legitilustrasi honey glazed carrot (unsplash.com/Claudio Schwarz)

Sayur berwarna oranye berikut ini pasti sudah tidak asing lagi untuk diolah menjadi makanan sedap di dapur. Selain jadi teman sup atau bakwan, wortel pun cocok bila hendak dimasak sendiri.

Salah satu cara pengolahan yang dapat dilakukan adalah dengan dipanggang. Sebelum dimasak, pastikan wortel sudah dilumuri dengan madu, rosemary, garlic powder, dan lain-lain supaya makin terasa enak.

5. Honey chilli potato

5 Kreasi Hidangan dari Sayur dan Madu yang Bikin Makanan Tambah Legitilustrasi honey chilli potato (unsplash.com/Katarzyna Grabowska)

Tak mau ketinggalan, sayur mengandung karbohidrat berikut ini pun dapat diolah dengan lezat bersama madu. Sebab cita rasa dalam honey chilli potato cenderung pedas.

Pengolahan makanan dapat dilakukan dengan cara merebus sayur sampai empuk. Kemudian balur menggunakan tepung dan masak kembali hingga garing.

Tahap terakhir, kamu hanya perlu meracik saus dari madu serta bubuk cabai untuk ditambahkan.

Terdapat beragam cara menarik untuk mengolah sayur dan madu jadi suatu kudapan legit, seperti 5 kreasi di atas. Dengan begitu, tak ada lagi alasan lain untuk kamu tidak menambahkan sayur sebagai hidangan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Santapan dengan Mustard Madu yang Buat Makanan Tambah Legit

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya