Comscore Tracker

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupa

Ada bolu moka legendaris yang patut dicicipi, lho

Moka adalah kombinasi rasa hasil perpaduan antara sensasi kopi dan susu yang paling sering diadaptasi dalam macam-macam hidangan. Bahkan kamu bisa menemukan rasa ini pada kue-kue jadul yang digemari di Indonesia.

Buat kamu yang senang dengan sensasi moka, yuk cari tahu apa saja kudapan dengan cita rasa moka yang bikin lidah sulit berhenti mengunyah itu di dalam lima rangkuman berikut.

1. Bolu moka jadul 

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupailustrasi bolu moka jadul (pixabay.com/pixel1)

Menyinggung soal makanan jadul dengan cita rasa moka, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan sajian berupa kue bolu. Makanan tersebut selalu hadir di dalam acara hajatan sebagai pencuci mulut yang manis dan bertekstur padat.

Tidak heran, sebab bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan bolu muka jadul terdiri dari penggunaan tepung terigu, margarin, telur, gula pasir, SP, dan komponen paling penting dari masakan ini adalah pasta moka yang bikin rasanya semakin menarik.

2. Semprit moka 

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupailustrasi semprit moka (pexels.com/Cats Coming)

Rasa moka juga bisa kamu temukan di dalam olahan kue kering kecintaan masyarakat Indonesia, semprit. Hidangan tersebut memiliki bentuk meliuk-liuk semacam bunga dan bisa dikreasikan dengan bermacam-macam rasa.

Tidak seperti kebanyakan kue yang dikenali, semprit sendiri dibentuk menggunakan tepung maizena dan mentega. Kemudian bisa juga ditambahi dengan susu, termasuk pasta moka demi menghadirkan semprit jadul yang bikin ketagihan.

Baca Juga: 5 Hidangan yang Bisa Diolah dengan Krim Moka, Bikin Melek Seharian!

3. Roti moka 

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupailustrasi roti moka (pixabay.com/bloggerbm)

Berpindah dari aneka pilihan kue, kali ini sajian yang paling cocok untuk dinikmati sebagai makanan jadul adalah roti moka. Hidangan tersebut sering dijajakan di warung-warung terdekat dan bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Roti yang dipakai dalam olahan ini perlu dibuat dari tepung terigu, ragi, pasta moka, hingga mentega. Kemudian siapkan isiannya dengan membuat buttercream yang dicampur perasa moka. Biar terasa makin jadul, bisa juga ditambahi meses cokelat, lho.

4. Bolu gulung moka 

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupailustrasi bolu gulung moka (pixabay.com/Songchai Premprasopchok)

Pada santapan kali ini, kamu akan menemukan sensasi rasa moka di dalam olahan bolu gulung. Penampilannya benar-benar cantik dan menggugah selera, walaupun hidangan ini sudah eksis sejak dahulu sama seperti yang lain.

Komposisi yang terkandung di dalam bolu moka ini merupakan gabungan dari tepung terigu, maizena, mentega, telur, SP, pasta moka, dan susu bubuk. Isiannya dapat dilengkapi menggunakan kocokan buttercream serta luarannya perlu ditaburi meses melimpah.

5. Lapis cokelat moka

5 Kue Jadul Favorit dengan Rasa Moka, Bikin Susah Lupailustrasi kue lapis cokelat moka (Yummy/Astri Anjarwati)

Kue lapis yang satu ini populer dengan tekstur kenyal dan selalu disusun dari lapisan-lapisan berlainan warna. Salah satu rasa yang paling digemari dan sudah ada sejak lama, bukan lain adalah kombinasi antara cokelat dan moka.

Kekenyalan yang didapatkan oleh kue lapis sendiri merupakan hasil kombinasi dari tepung beras, sagu, santan, dan gula. Tinggal tambahkan cokelat dan moka, maka kamu pun sudah mampu membuat hidangan dengan dua rasa yang nikmat.

Rasa moka sudah menjadi salah satu bagian penting dari aneka macam kue jadul, nih. Setelah menyimak lima sajian di atas, kira-kira mana olahan yang paling kamu sukai dan tertarik untuk dicicipi dalam waktu dekat?

Baca Juga: Resep Roti Kukus Moka, Mekar Sempurna Tanpa Baking Soda

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya