Comscore Tracker

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!

Ada kreasi brownies sampai donat juga, lho

Tempe adalah salah satu produk hasil fermentasi dari kedelai yang saat ini menjadi sumber protein ekonomis kesukaan warga masyarakat di Indonesia. Ini karena bahan tersebut mudah dijumpai dengan proses pemasakan yang cenderung begitu mudah dilakukan.

Tetapi ternyata tempe sendiri tidak cuma cocok untuk dijadikan lauk makan pendamping nasi saja. Lebih lanjut, bahan itu juga bisa disulap menjadi aneka kue bercita rasa lembut yang tidak kalah lezat dibandingkan kudapan sejenis.

Penasaran ingin coba membuat olahan tersebut? Berikut lima olahan kue dari tempe yang bisa kamu coba buat.

1. Brownies tempe 

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!ilustrasi brownies tempe (pexels.com/min che)

Kue lembut pertama yang bisa dibuat menggunakan bahan dasar tempe adalah brownies. Penganan berbahan coklat yang satu ini dikenal memiliki kombinasi rasa legit serta tekstur super moist yang membuatnya begitu disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Namun siapa sangka, ternyata brownies akan terasa lebih unik jika ditambahkan dengan tempe, lho. Sebab, tempe yang dihaluskan dan dicampur ke dalam adonan utama dari tepung, coklat, dan lain-lain, sehingga akan menambah tekstur kue.

2. Bolu tempe 

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!ilustrasi bolu tempe (pexels.com/Los Muertos Crew)

Tak kalah populer dari olahan sebelumnya, kali ini makanan yang juga bisa dilengkapi menggunakan tempe datang dari kategori bolu. Seperti diketahui, penganan ini menjadi kue klasik yang selalu hadir di berbagai suasana dan acara.

Tidak ada yang berubah dari penggunaan bahan bahan utama kudapan tersebut. Masih ada sumber lemak, tepung-tepungan, penggunaan gula, serta pengembang. Kamu hanya tinggal menambahkan tempe yang sudah dihaluskan biar lebih gampang untuk disatukan ke dalam adonan.

Baca Juga: Inspirasi Menu Hari Ini: 5 Resep Berbahan Tempe ala Anak Kos Simpel

3. Donat tempe 

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!ilustrasi donat tempe (pexels.com/Cats Coming)

Kamu pernah merasakan donat empuk dengan berbahan dasar tempe? Bila belum, kamu bisa mencoba sajian yang satu ini untuk dijadikan ide camilan. Ini supaya hidangan tersebut terasa lebih awet dan tetap lezat saat disimpan beberapa waktu.

Proses pembuatan donat tempe sama saja dengan pembuatan donat pada umumnya. Namun yang membedakan adalah tempe tersebut perlu dihaluskan agar lebih mudah dicampur bareng bahan-bahan lain. Juga gunakan tempe baru agar rasanya jadi lebih fresh.

4. Waffle tempe 

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!ilustrasi croffle tempe (pexels.com/Kampus Production)

Berikutnya, tempe juga bisa disulap menjadi salah satu kudapan lembut dan super enak seperti waffle. Makanan ini cocok sekali dinikmati bersama aneka macam topping, mulai dari bahan-bahan manis maupun asin, agar rasanya jadi tambah maksimal.

Tempe yang sudah dihaluskan bisa dicampur menggunakan adonan waffle yang terdiri dari tepung-tepungan, bumbu penyedap, pengembang, hingga tambahan gula. Setelah itu, tinggal masak menggunakan cetakan khusus sampai matang.

5. Kue tempe kurma     

5 Macam Kue Lembut nan Empuk dari Tempe, Legit Banget!ilustrasi kue kurma tempe (pexels.com/Levent Tatli)

Kalau untuk makanan yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan keberadaan tempe yang dicampur bersama kurma. Dengan begini makanan pun akan terasa semakin legit, empuk, dan juga kaya rasa ketika dinikmati bersama aneka macam minuman favorit.

Untuk adonan utamanya sendiri, kamu bisa menggunakan tepung-tepungan sampai pengembang, sama seperti cake pada umumnya. Selain itu kamu juga dapat menyajikan makanan ini dengan berbagai macam topping, supaya terasa lebih cantik dan enak.

Tempe ternyata bukan cuma sukses dijadikan salah satu lauk makan pendamping nasi. Sebab bila dimaksimalkan dengan berbagai bahan yang ada, kamu bisa membuat kue lembut yang tidak kalah lezat untuk dijadikan ide camilan sehari-hari di rumah berbahan. Tertarik mencoba yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Kue Koyabu, Olahan Kue Kelapa Khas Manado

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya