Comscore Tracker

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulut

Kenikmatan hidangan ini bisa kamu olah dengan praktis

Aligot adalah makanan asli Prancis yang terdiri dari percampuran antara kentang tumbuk dan keju. Perpaduan kedua bahan ini membuat aligot terasa lebih lumer saat disantap sebagai hidangan utama ataupun disajikan untuk mendampingi suatu makanan tertentu.

Terdapat sekitar lima santapan dari aligot yang pas buat kamu cicipi dalam waktu dekat. Yuk, simak dengan seksama!

1. Classic aligot

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulutilustrasi classic aligot (pixabay.com/Hebi B.)

Classic aligot menjadi salah satu makanan yang bisa kamu santap apabila sudah bosan dengan olahan mashed potato biasa. Rasanya pun gak kalah enak dan proses pembuatannya pun terbilang sederhana.

Siapkan kentang rebus yang telah ditumbuk halus. Tambahkan garam, lada, serta mentega. Sedangkan di tempat terpisah, panaskan creme fraiche dan bawang putih. Lalu campurkan dua bahan ini bersama keju cental atau cheddar.

2. Sausage with aligot

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulutilustrasi sausage with aligot (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Kreasi aligot menjadi salah satu bahan yang paling pas apabila disajikan bersama suatu makanan tertentu. Perpaduannya akan menjadi tambah enak, terlebih jika kamu menyediakan tempat untuk olahan daging.

Pada pilihan kali ini, gunakan sosis sebagai pendamping yang pas untuk aligot. Masak sosis dengan cara dibakar atau dipanggang. Kemudian sajikan dalam piring yang sama sebagai menu sarapan atau makan malam.

Baca Juga: 5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Keju

3. Steak with aligot

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulutilustrasi steak with aligot (pixabay.com/tookapic)

Hampir mirip dengan mashed potato yang sering dijumpai dalam sepiring sajian steik, maka perlakuan yang sama pun bisa diterapkan dalam pengolahan aligot yang lembut dan kaya rasa.

Hidangan tersebut bisa dijadikan salah satu pendamping yang pas apabila kamu menginginkan steik yang berbeda namun tetap mengenyangkan karena didukung oleh komponen yang seimbang.

4. Brie aligot

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulutilustrasi brie aligot (pixabay.com/Mogens Petersen)

Bila kamu kesulitan untuk menemukan cental cheese, maka olahan alternatif yang bisa kamu cicipi berikutnya adalah brie aligot. Seperti namanya, gunakan keju brie untuk menciptakan sensasi yang sempurna.

Proses pengolahan makanan ini tidak jauh berbeda dengan proses pemasakan aligot klasik. Bahkan kamu bisa menambahkan ekstra bawang putih untuk menghasilkan sensasi yang lebih terasa tajam.

5. Sweet potato aligot

5 Olahan dari Aligot, Perpaduan Kentang dan Keju yang Meleleh di Mulutilustrasi sweet potato aligot (pixabay.com/Анастасия Белоусова)

Santapan dari aligot bisa pula diolah dengan perpaduan rasa yang terasa lebih manis dan gurih. Hal itu diakibatkan oleh penggunaan kentang yang diganti memakai bahan baku dari ubi.

Bila kamu tidak memiliki creme fraiche sebagai bahan penambah rasa, kamu bisa menggunakan heavy cream atau campuran antara sour cream dan heavy cream. Sisipkan keju dan aligot pun siap dikonsumsi.

Mengganti mashed potato biasa dengan aligot menjadi alternatif menu makan yang menyenangkan. Gimana, apakah kamu tertarik untuk membuat hidangan menarik hasil perpaduan antara kentang dan keju tersebut?

Baca Juga: 5 Kreasi Fondant Potato, Olahan Kentang Berbalut Mentega yang Gurih

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya