Comscore Tracker

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmat

Au jus didapatkan dari pemasakkan berbagai daging!

Setiap kali memasak daging, biasanya akan terdapat jus yang keluar dari bahan baku tersebut secara alami dan memiliki cita rasa yang gurih. Jus inilah yang disebut dengan au jus.

Tidak selalu dikeringkan, jus itu pun acap kali diolah menjadi saus agar lebih maksimal. Beberapa versi mengolah pendamping yang disebut sebagai au jus ini bersamaan dengan lada dan garam. Serta ada pula yang menambahkan kaldu dan larutan tepung untuk mengentalkan saus.

Nah, terdapat lima olahan au jus yang bisa dijadikan salah satu ide untuk membuat santapan sedap. Yuk, cari tahu!

1. Roast beef sandwich au jus

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmatilustrasi roast beef sandwich au jus (unsplash.com/Mae Mu)

Kenikmatan daging sapi yang telah dipanggang bisa sangat cocok ketika dipadukan bersama sepasang roti tawar yang mengenyangkan. Makanan tersebut bisa kamu temui dari kreasi roast beef sandwich au jus.

Dalam proses pembuatannya, siapkan roti yang telah diolesi dengan au jus. Kemudian sisipkan daging panggang ke dalam roti. Lalu tambahkan keju gruyere dan selada segar untuk menyempurnakan makanan.

2. Prime rib eye au jus

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmatilustrasi prime rib eye au jus (unsplash.com/Alex Munsell)

Prime rib eye au jus merupakan santapan klasik dari saus pendamping ini yang berkaitan dengan olahan steik. Bagi pencinta daging yang ingin merasakan kenikmatan dari au jus, maka hidangan ini bisa menjadi pilihan.

Pertama-tama, siapkan daging rib dan marinasi dengan mentega, lada dan garam, serta bawang putih. Masak sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Kemudian buat au jus memasak jus dari daging bersama larutan tepung.

Baca Juga: 10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!

3. Sliders au jus

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmatilustrasi sliders au jus (unsplash.com/Phil Hearing)

Hidangan au jus berikutnya bisa ditemukan dalam olahan sliders. Makanan ini menjadi santapan populer yang sering dijadikan menu pengganjal lapar maupun menu makan malam yang menggugah selera.

Sliders dibentuk dari Hawaiian roll berbentuk lebar. Namun setelah jadi, maka hidangan akan dipotong-potong menjadi lebih kecil. Isiannya bisa dilengkapi dengan daging sapi berbalur au jus dan keju supaya lebih nikmat.

4. Crescent au jus

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmatilustrasi crescent au jus (unsplash.com/Daniel Masajada)

Makanan berikutnya menjadi lebih nikmat dan praktis akibat penggunaan crescent roll instan. Teksturnya jadi terasa garing di bagian luar dan lembut saat digigit. Nah, makanan ini akan lebih nikmat apalagi jika dikombinasikan bersama au jus.

Siapkan daging dan keju, lalu gulung bersama adonan instan. Panggang sampai matang. Kemudian siapkan au jus dip yang terbuat dari air jus daging atau beef broth, bubuk bawang putih, dan bawang bombai.

5. Roast chicken au jus

5 Olahan dengan Au Jus yang Bikin Hidangan Bertambah Nikmatilustrasi roast chicken au jus (unsplash.com/Anshu A)

Tidak harus dengan sapi, olahan au jus berikut ini bisa pula diganti memakai ayam. Sama seperti beberapa masakan sebelumnya, ayam dapat dipanggang bersama aneka bumbu terlebih dahulu. Setelah itu, sisihkan sisa air jus dan masak bersama campuran air dan mentega. Biarkan hingga setengah menguap.

Bila sudah siap, maka hidangkan au jus tersebut bersama ayam panggang yang lezat.

Memanfaatkan air jus dari pemasakan berbagai olahan daging di atas ternyata bisa menghasilkan makanan pendamping yang nikmat. Bahkan, kamu bisa menggunakannya untuk kreasi roti lapis sekalipun. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Tartare, Steak Daging Mentah yang Gurih

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya