Comscore Tracker

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unik

Gochujang bisa dijadikan saus kentang goreng!

Gochujang merupakan sebutan bagi bumbu pasta merah berbasis cabai dari Korea Selatan yang memiliki rasa sedikit pedas dan agak manis. Tekstur bumbu ini agak kental serupa selai, dan biasanya perlu dilarutkan terlebih dahulu supaya bisa bercampur sempurna dengan bahan masakan lain.

Tidak melulu diolah ke dalam masakan tradisional Korea Selatan, berikut ini terdapat lima hidangan berbalut saus gochujang untuk makanan-makanan populer yang menarik untuk dicoba.

1. Fried chicken sandwich with gochujang

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unikilustrasi fried chicken sandwich gochujang (foodnetwork.com/Jeff Mauro)

Buat kamu pencinta roti bertumpuk daging, gak ada salahnya menggunakan gochujang sebagai inspirasi isian yang nikmat dan bikin nagih lho. Gochujang pada masakan ini akan dijadikan bumbu marinasi atas ayam goreng bersama bumbu lain.

Bila sudah matang, masukan ayam ke dalam bun atau roti kesukaanmu yang lainnya, sisipi dengan saus atau mayones, sayuran, dan makanan pun siap untuk dikonsumsi.

2. Fries with gochujang sauce 

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unikilustrasi fries with gochujang sauce (unsplash.com/Pixzolo Photography)

Gochujang dapat diolah sedemikian rupa bersama madu, bawang putih, sedikit cuka, dan wijen untuk dijadikan saus cocol bagi makanan populer seperti kentang goreng. Sensasi saus pedas manis bisa membuat kamu ketagihan dalam menikmati makanan tersebut di sela-sela waktu bersantai.

Baca Juga: Resep Bola-bola Tahu Gochujang yang Lezat, Rugi kalau Gak Cobain

3. Gochujang glazed salmon

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unikilustrasi gochujang glazed salmon (unsplash.com/Louis Hansel)

Gochujang bisa dijadikan glaze bagi salmon panggang supaya rasa yang dihasilkan makin enak dan berbumbu. Dengan mencampur pasta tersebut bersama madu, bawang, jahe, hingga air lemon. Kamu sudah bisa mengoleskan bumbu ini pada seluruh bagian salmon sebelum masuk ke oven.

4. Eggplant gochujang

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unikilustrasi eggplant gochujang (unsplash.com/Celina Albertz)

Dalam olahan kali ini, gochujang dapat dijadikan bumbu tumisan bersama salah satu sayur favorit, yaitu terung ungu. Dalam memasak eggplant gochujang tersebut, bumbu yang dimasak bisa terdiri dari pasta cabai, brown sugar, kecap, bawang putih, hingga minyak wijen.

5. Gochujang beef steak

5 Kreasi Menarik Penggunaan Gochujang untuk Makanan Unikilustrasi gochujang beef steak (unsplash.com/Nerfee Mirandilla)

Olahan gochujang berikut ini merupakan perpaduan antara pasta cabai Korea Selatan tersebut dengan daging stik yang menggugah selera. Gochujang dapat dijadikan bumbu marinasi bersama aneka bawang dan kecap untuk didiamkan pada daging beberapa saat sebelum dimasak.

Nah, itu dia kelima kreasi unik dalam penggunaan gochujang yang bisa dijadikan inspirasi untuk mengolah masakan-masakan enak dan menarik di rumah. Gimana, tertarik membuat salah satu dari hidangan di atas?

Baca Juga: Resep Sup Ayam Saus Gochujang, Berkuah Pedas yang Bikin Melek!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya