Comscore Tracker

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!

Bentuk berbeda bikin tekstur makanan ini tambah kaya

Buat kamu yang merupakan pencinta kentang, tahu gak sih ternyata kentang goreng punya macam-macam potongan yang membuat tekstur dan bentuk makanan tersebut jadi berbeda? Bahkan, ada banyak sekali potongan populer yang biasa kamu temukan di kedai makanan cepat saji, sentra jajanan populer, atau frozen food.

Terdapat sekitar lima potongan populer yang banyak diolah di berbagai wilayah dan menjadi favorit. Buat kamu yang mengaku pencinta kentang goreng, yuk, simak sampai tuntas lima potongan yang dimaksud. Siapa tahu ada kentang favorit kamu di sini.

1. Standard cut

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!ilustrasi standar cut potato (pexels.com/Dzenina Lukac)

Standard cut potato merupakan salah satu jenis potongan kentang goreng yang paling sering dijajakan di berbagai restoran cepat saji. Biasanya bentuk kentang ini cenderung memanjang, tidak terlalu tebal atau tipis, namun memiliki tekstur yang cukup pas ketika digoreng.

Standard cut potato biasanya digoreng hanya sekali. Ini untuk menjaga bagian dalam kentang supaya tetap lembut ketika dinikmati, sedangkan di bagian luarnya cenderung agak garing. Ukuran ini sangat pas dan bisa membuat teksturnya jadi lebih sempurna. Selain itu, makanan ini juga bisa ditemui dalam bentuk frozen food untuk diolah sendiri di rumah.

2. Potato tornado

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!ilustrasi potato tornado (pixabay.com/tragrpx)

Bentuk potongan kentang yang satu ini biasanya paling sering ditemui di wilayah Asia, terutama tempat-tempat yang memiliki street food populer. Bahkan, kamu bisa menemukan potato tornado dengan mudah di Indonesia sebagai jajanan murah meriah yang unik karena bentuknya yang memanjang dan spiral.

Biasanya bagian tengah kentang ini akan dilengkapi dengan tusukan bambu untuk mempertahankan bentuknya. Karena potongan spiral tersebut, kentang yang sudah digoreng akan memiliki tekstur yang cenderung jauh lebih crispy hampir mirip keripik, namun bagian dalamnya akan berubah sedikit lunak ketika makanan sudah agak dingin.

Baca Juga: Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeus

3. Steak cut

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!ilustrasi steak cut potato (pexels.com/Horizon Content)

Kalau kamu merupakan pencinta kentang goreng yang memiliki tekstur lembut, steak cut adalah potongan terbaik yang cocok untuk dinikmati. Seperti namanya, biasanya makanan ini juga sering disajikan bersama steik daging untuk menambah porsi supaya hidangan tersebut jadi jauh lebih mengenyangkan.

Ciri khusus steak cut potato terletak pada potongannya yang cenderung jauh lebih besar dan lebar. Selain itu, potongan seperti ini seringkali menyertakan kulit kentang untuk ikut digoreng. Namun ada juga versi kentang steak cut panggang yang membuat makanan ini tidak kalah sedap saat disajikan bersama daging steik favorit.

4. Crinkle cut

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!ilustrasi crinkle cut potato (pixabay.com/Alexander Fox | PlaNet Fox)

Crinkle cut potato adalah potongan kentang goreng yang sangat populer selain versi standar. Ini terlihat dari bentuk kentang tersebut di mana ada gelombang-gelombang kecil yang mewarnai permukaan kentang sehingga penampilannya tampak mencolok jika dibandingkan dengan french fries yang lain.

Selain itu, crinkle cut potato seringkali ditemukan dalam berbagai kreasi kuliner, mulai dari pendamping makanan cepat saji, bahkan bisa kamu temui dengan mudah sebagai frozen food. Biasanya bentuk dari crinkle cut potato agak sedikit lebih tebal sehingga bagian dalamnya cenderung lembut ketika sudah digoreng.

5. Shoestring

5 Potongan Kentang Goreng Favorit, Ada Potato Tornado yang Hits!ilustrasi shoestring (pexels.com/Sebastian Coman Photography)

Shoestring adalah potongan kentang goreng yang paling pas diperuntukan bagi kamu pencinta makanan serba garing. Hal tersebut karena potongan kentang shoestring cenderung jauh lebih tipis dibandingkan macam-macam kentang goreng sebelumnya.

Biasanya shoestring dan standard cut memiliki kemiripan yang identik. Namun, perbedaan terletak pada panjang dan lebar kentang, yakni shoestring memiliki bentuk sedikit lebih panjang dan ramping. Faktor tersebut yang membuat kentang jadi lebih crispy daripada beberapa jenis french fries lainnya.

 

Potongan kentang goreng yang berbeda-beda akan menghasilkan tekstur dan bentuk yang berlainan pula. Biasanya perbedaan tersebut yang membuat kentang memiliki ciri khas tersendiri. Nah, kira-kira di antara lima potongan di atas, mana jenis kentang yang paling kamu suka?

Baca Juga: Cara Membuat Kentang Goreng Enak untuk Diet, Gak Pakai Minyak!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya