Comscore Tracker

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeus

Bisa dimasak pedas atau manis, lho!

Di luar negeri, kentang umumnya dijadikan camilan ketimbang menu makan utama. Namun, berbeda jika di Indonesia. Kentang bisa diolah jadi berbagai masakan enak untuk teman makan nasi.

Salah satu olahan kentang yang sering dibuat adalah sambal goreng. Kalau kamu penggemar makanan pedas, kamu pasti suka makan sambal goreng kentang.

Terbuat dari potongan kentang yang digoreng dan dimasak dengan bumbu cabai, sambal goreng kentang paling cocok dijadikan sebagai menu makan siang. Pedasnya bikin mata melek.

Dibuat dari bahan dan bumbu sederhana, berikut cara membuat sambal goreng kentang yang sedap untuk menu makan siang. Selamat mencoba!

1. Bahan-bahan membuat sambal goreng kentang

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeusgambar bumbu untuk membuat sambal goreng kentang (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang, potong dadu
  • 250 gram hati ayam
  • 2 papan petai
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah
  • 1 buah cabai merah untuk dirajang
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok makan santan kental
  • 2 lembar daun salam
  • 1 jempol lengkuas
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • penyedap secukupnya

2. Rebus hati ayam hingga matang

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeusgambar bumbu sambal goreng kentang yang akan dihaluskan (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Siapkan panci, lalu isi air dan masukkan hati ayam. Rebus hati ayam hingga matang sempurna. Sembari menunggu matang, kamu bisa menyiapkan bumbu halusnya terlebih dahulu.

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri menggunakan ulekan atau blender. Setelah bumbu halus, tambahkan lengkuas, lalu geprek menggunakan ulekan.

Setelah itu, sisihkan bumbu, lalu cek apakah hati ayamnya sudah matang atau belum. Jika sudah, segera angkat dan sisihkan.

3. Goreng kentang yang sudah dipotong dadu hingga matang 

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeusgambar kentang yang digoreng (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Kalau hati ayam sudah matang dan bumbu halus sudah siap, sekarang giliran kentangnya yang harus digoreng. Siapkan wajan, lalu tuang minyak goreng secukupnya. Diamkan sebentar hingga minyak panas.

Setelah itu, goreng kentang dengan api sedang hingga matang, lalu angkat dan tiriskan. Menunggu kentang gorengnya dingin, kamu bisa memotong petai, hati ayam, dan satu buah cabai merah. Potong kecil hati ayam dan petainya, lalu iris cabai merahnya tipis-tipis.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng untuk Lauk, Bikin Nafsu Makan Meningkat

4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama santan

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeusgambar bumbu sambal goreng kentang yang sedang ditumis (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Siapkan wajan di atas kompor, lalu tuang minyak goreng untuk menumis. Kalau minyak goreng sudah panas, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama lengkuas dan daun salam. Tumis bumbu hingga matang dan harum.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air agar bumbu tidak terlalu kering. Aduk-aduk sebentar, lalu masukkan garam, gula, penyedap, dan cabai merah yang sudah diiris.

Setelah itu, aduk-aduk hingga bumbu penyedap larut. Tambahkan santan kental sebanyak satu sendok makan. Kemudian, aduk lagi agar semua bumbu tercampur rata.

5. Masak sambal goreng kentang hingga bumbu meresap

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang, Lauk Sederhana yang Endeusgambar resep sambal goreng kentang yang sudah matang (youtube.com/Ika Mardhatillah)

Masak bumbu hingga airnya menyusut, lalu masukkan kentang yang sudah digoreng bersama petai dan potongan hati ayam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dengan bumbunya. Masak hingga sambal goreng kentangnya agak kering.

Saat hampir matang, cicipi sedikit bumbu sambal goreng kentang untuk mengoreksi rasa. Kalau ada yang kurang, kamu bisa menambahkan garam, gula, atau penyedap. Namun, kalau sudah pas, segera angkat dan sajikan sambal goreng kentang selagi hangat.

Sambal goreng kentang paling enak disajikan dengan nasi hangat. Namun, kalau gak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi cabai dan menambahkan sedikit gula pasir agar rasanya sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba resep sambal goreng kentang ini, ya!

Baca Juga: 5 Olahan Serba Goreng dengan Sambal Roa, Yummy Maksimal

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya