Comscore Tracker

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkan

Roti ini bisa dinikmati bersama ayam hingga yoghurt

Roti gandum menjadi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang populer. Hal tersebut menjadi keunggulan karena bisa membantu pencernaan, memperoleh energi, dan menjaga berat badan seimbang. Tentunya mengonsumsi karbohidrat harus dibarengi dengan protein seimbang.

Protein adalah salah satu gizi harian yang sangat penting untuk dipenuhi. Peran utama protein sebagai sumber energi hingga memaksimalkan daya kerja organ tubuh supaya bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, buat kamu yang sering bingung memadukan antara roti gandum dan sumber protein lezat, maka lima bahan ini dapat dijadikan rekomendasi. Yuk, catat!

1. Dada ayam

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkanilustrasi dada ayam (pixabay.com/Siwon Lee)

Dada ayam terkenal sebagai salah satu sumber protein yang mudah dicari dan cukup tinggi. Tidak heran jika bahan ini acapkali dijadikan menu favorit saat diet, karena rasanya yang lezat dan manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan tubuh.

Itu juga yang membuat daging ayam cocok disandingkan bersama roti gandum. Komposisinya sangat seimbang dan bisa disantap menjadi makanan enak. Kamu bisa mengolah ayam sebagai daging suwir, daging panggang, dan lainnya untuk disajikan bersama.

2. Telur

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkanilustrasi telur rebus (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Telur menjadi sumber protein murah meriah yang paling cocok disantap bersama macam-macam roti untuk menghasilkan makanan gurih dan mengenyangkan. Tidak terkecuali pada olahan roti gandum.

Makanan ini bisa dibuat menjadi telur rebus, telur dadar, atau telur mata sapi untuk diselipkan di antara roti. Bahan ekonomis tersebut mengandung protein yang cukup bagus untuk memenuhi gizi harian tubuh.

Baca Juga: 5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezat

3. Tuna

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkanilustrasi tuna kaleng (freepik.com/asier-relampagoestudio)

Jika kamu tipe orang yang suka akan daging ikan, maka memilih tuna sebagai sumber protein untuk disandingkan bersama roti gandum adalah inspirasi makan yang tepat. Diketahui, tuna memiliki jumlah lemak dan kalori yang lebih sedikit sehingga cocok untuk diet.

Kamu bisa menjadikan ikan ini sebagai isian roti lapis bersama bahan-bahan sehat dan segar lainnya. Dengan begitu, makanan pun siap dinikmati sebagai pengganjal lapar yang enak dan praktis.

4. Selai kacang

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkanilustrasi selai kacang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Selai kacang sering digunakan dalam proses diet untuk menambah lemak baik dan protein. Selain itu, selai ini juga menjadi pasangan yang paling serasi untuk dinikmati bersama aneka macam roti, termasuk roti gandum sekalipun.

Namun pastikan bahwa selai kacang yang kamu konsumsi tidak mengandung bahan-bahan tambahan seperti pemanis yang bisa melonjakkan jumlah kalorinya. Sebaiknya, pakai selai kacang natural yang lebih sehat.

5. Yoghurt

5 Sumber Protein Campuran Roti Gandum, Kombinasinya Mengenyangkanilustrasi greek yoghurt (unsplash.com/Jainath Ponnala)

Yoghurt menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk melengkapi gizi harian tubuh. Bahan ini juga dapat dinikmati dengan beragam cara, salah satunya disantap bersama roti. Jenis terbaik yang bisa kamu konsumsi di antaranya greek yogurt atau low-fat yogurt.

Namun, kamu juga bisa menyandingkan roti gandum, yoghurt, dan kacang-kacangan, agar rasa makanan lebih enak. Perpaduan ini cocok sekali untuk membuat sarapan praktis sekaligus menyehatkan.

Menikmati roti gandum sebagai pelengkap gizi harian belum pas kalau tidak dinikmati bersama sumber protein. Maka dari itu, kamu bisa menjadikan lima bahan makanan di atas untuk menyempurnakan sajian yang sehat dan mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Roti Tawar dan Roti Gandum, Jangan Sampai Salah Ya!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya