Comscore Tracker

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimal

Perhatikan konsumsi listrik yang diperlukan, ya!

Oven listrik hadir untuk mempermudah proses memasak agar tidak perlu lagi menggunakan sumber daya dari gas.

Tentunya banyak faktor yang harus diperiksa untuk mendapatkan barang terbaik supaya alat bisa digunakan secara maksimal. Oleh sebab itu, kamu dapat memperhatikan lima tips dalam membeli oven berikut ini. Hal tersebut supaya kamu mendapatkan keuntungan, barang yang tepat, dan mampu bekerja dengan baik untuk menunjang aktivitas memasak sehari-hari.

Berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli oven listrik.

1. Pilih model yang kamu butuhkan

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimalilustrasi loyang kue dan oven (freepik.com/unaihuiziphotography)

Saat hendak membeli oven, pastikan kamu sudah memiliki gambaran besar mengenai model seperti apa yang ingin dimiliki. Sebabnya, saat ini oven sudah berkembang dengan macam-macam model yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan dapur setiap orang.

Dua model oven yang saat ini sedang populer adalah oven listrik biasa dan versi tanam. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, serta variannya pun bermacam-macam. Maka dari itu, lakukan riset sederhana terlebih dahulu untuk menentukan model mana yang paling tepat dipakai sebagai penunjang memasak sehari-hari.

2. Cek ukuran dan kapasitas oven sesuai keperluan

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimalilustrasi oven (pixabay.com/Mike Gattorna)

Memperhatikan ukuran dan kapasitas oven adalah sesuatu yang mesti dicek dengan seksama. Pada dasarnya, setiap orang memerlukan alat masak yang berbeda agar bisa menghasilkan makanan sempurna dan membuat waktu lebih efisien.

Informasi mengenai ukuran dan kapasitas oven bisa kamu temukan melalui website resmi maupun ketika membeli secara langsung. Dengan begitu, kamu bisa mengukur sendiri kebutuhan yang diperlukan seperti apa supaya tidak mengulur waktu dan membuat masak jadi lebih lama.

Baca Juga: 10 Jenis Oven Beserta Penggunaannya, Mana yang Paling Cocok untukmu?

3. Perhatian sistem tipe pengapian oven

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimalilustrasi oven yang terbuka (pexels.com/cottonbro)

Mengecek tipe pengapian pada oven perlu diperhatikan sebelum kamu membeli. Idealnya oven mesti memiliki pengapian atas bawah yang bisa bekerja dengan baik saat memasak macam-macam makanan. Ini akan mempermudah saat membuat aneka hidangan karena bisa diatur sesuka hati.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan bagian ini supaya kamu mendapat barang dengan kualitas dan spesifikasi terbaik. Dengan begini, masak apapun akan lebih gampang dilakukan karena fitur yang telah disediakan tersebut.

4. Sesuaikan kapasitas daya listrik

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimalilustrasi saklar listrik (pexels.com/Castorly Stock)

Oven listrik akan memakan daya yang berbeda-beda tergantung model, merek, dan faktor lainnya. Ini mesti kamu perhatikan secara detail untuk menghindari hal-hal yang tidak diperlukan. Menakar kapasitas listrik dan oven yang dibeli mesti dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk mempermudah kamu dalam melakukan pencarian barang.

Umumnya oven listrik bisa memakan daya mulai dari 350 watt bahkan ada yang mencapai 800 watt atau lebih. Itulah pentingnya melakukan riset dan membaca deskripsi sampai tuntas, supaya barang tetap bisa digunakan dengan maksimal sesuai kapasitas listrik yang ada.

5. Perhatikan garansi hingga penawaran

5 Tips Memilih Oven Listrik sebelum Membeli, Biar Awet dan Maksimalilustrasi buku petunjuk (pexels.com/John Tekeridis)

Setiap produk memiliki keuntungan dan fitur-fitur canggih tersendiri. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mencari barang terbaik yang akan diletakkan di rumah. Ini akan membuat proses memasak menggunakan oven terasa lebih efisien dan praktis, apalagi jika penawaran belum pernah kamu temukan pada barang lain.

Bukan cuma itu, kamu juga harus melek terhadap syarat dan ketentuan yang ada pada barang. Beberapa oven biasanya memiliki garansi serta bonus berbeda-beda. Ini perlu diperhatikan jika sewaktu-waktu barang dalam kondisi kurang bagus, maka kamu bisa menemukan solusi yang menguntungkan.

Oven listrik adalah alat yang bisa membantu proses memasak supaya lebih gampang dan efisien. Makanya memilih barang pun harus dilakukan dengan benar biar alat lebih awet serta mampu bekerja secara maksimal.

Baca Juga: 5 Kesalahan Baking Ini Bikin Kue Kempes saat Keluar Oven, Catat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya