Comscore Tracker

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latin

Bisa dicampur dengan bermacam-macam topping menarik

Bukan hanya Indonesia yang masyarakatnya terkenal suka makan pisang goreng. Melainkan Amerika Latin pun memiliki hidangan serupa yang tidak kalah menggugah selera dengan sebutan tostones.

Uniknya, hidangan ini bisa dikreasikan dengan bermacam-macam cara supaya lebih maksimal. Buat kamu pencinta olahan pisang, bisa lho coba memasak seperti lima kreasi tostones berikut.

1. Classic tostones

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latinilustrasi classic tostones (pixabay.com/photographybycarlossan)

Berbeda dengan tampilan pisang goreng yang ada di Tanah Air, tostones cenderung lebih tipis dan pipih ketika dimasak karena pisang goreng ini gak menggunakan tepung sama sekali sebagai pelapis. Justru kamu hanya perlu memotong-motong pisang tanduk berukuran besar dan goreng dalam minyak.

Setelah diangkat, pukul permukaan pisang hingga melebar. Kemudian masak kembali dan sajikan dengan taburan garam.

2. Tostones salsa

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latinilustrasi tostones salsa (pixabay.com/vjohns1580)

Keunikan berikutnya dari makanan ini terletak pada pendamping yang cenderung anti mainstream. Sebab kamu bisa meletakkan bahan baku menarik, salah satunya adalah salsa yang menyegarkan.

Perpaduan bahan-bahan untuk membuat salsa bisa terdiri dari buah-buahan atau sayuran. Namun kali ini gunakan alpukat, mangga, cilantro, dan bawang merah besar yang diiris lalu dicampur bersama air lemon.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Madu yang Mudah dan Cocok untuk Teman Saat Santai

3. Steak tostones

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latinilustrasi steak tostones (pixabay.com/josé vanegas lópez)

Meskipun pisang goreng, akan tetapi tostones ini mampu memberikan sensasi makanan yang mewah disertai pendamping lezat. Teman dari makanan tersebut bukan lain adalah daging steik.

Cukup marinasi daging menggunakan bawang putih, kecap Inggris, garam, dan sedikit minyak. Kemudian masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan, lalu sajikan di atas pisang goreng selagi hangat.

4. Garlic tostones

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latinilustrasi garlic tostones (pixabay.com/pucho)

Tostones cenderung memiliki rasa yang ringan. Maka dari itu hidangan ini memerlukan pendamping untuk membuat sensasi yang lebih pas dan menarik. Salah satunya dengan membuat garlic tostones.

Kamu bisa menggunakan bawang putih sebagai rendaman dari pisang. Masak lebih dulu potongan pisang untuk yang pertama kali, lalu rendam di dalam bawang selama beberapa menit. Setelah itu goreng kembali.

5. Avocado tostones

5 Olahan Tostones untuk Ide Bikin Pisang Goreng ala Amerika Latinilustrasi avocado tostones (pixabay.com/Pankalla2018)

Bahan berikutnya yang paling pas untuk menemani pisang goreng ini adalah alpukat. Sensasi gorengan yang renyah sangat serasi begitu disajikan dengan irisan buah gurih dan lembut satu ini.

Kamu bisa menggunakan taburan garam untuk memberi tambahan rasa terhadap tostones yang sudah digoreng. Kemudian potong-potong alpukat dan campur dengan air lemon, sebelum diletakkan di atas hidangan.

Pisang goreng ternyata bisa bikin kreasi yang tidak membuatmu gampang merasa bosan. Bahkan hidangan asal Amerika Latin ini memberikan sentuhan baru terhadap gorengan yang disukai masyarakat dari berbagai kalangan tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pisang Goreng Madu Terenak di Jakarta, Sudah Coba? 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya