Comscore Tracker

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!

Pemilihan kerang saat mentah juga berpengaruh

Bagi para pecinta seafood, kerang bukan makanan yang asing. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih membuat kerang cukup diminati. 

Cara mengolah kerang pun cukup tricky sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk membeli kerang yang sudah matang. Namun, tidak ada salahnya jika kita mencoba memasak kerang sendiri bukan? Berikut enam tips merebus kerang agar tidak amis dan empuk yang bisa kamu coba dirumah.

1. Pilihlah kerang yang segar

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!kerang (pexels.com/julie aagaard)

Saat membeli kerang pastikan memilih kerang yang segar. Kerang yang segar memiliki ciri-ciri tidak berbau, cangkangnya masih tertutup rapat, dan juga tidak berlendir.

Selain itu, kamu bisa membeli kerang yang sudah dikupas sehingga lebih praktis. Pastikan memilih kerang yang segar dan dagingnya berwarna coklat kemerahan. Serta hindari kerang kupas yang dagingnya berwarna mencolok.

2. Bersihkan kerang hingga benar-benar bersih

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!mencuci kerang (pexels.com/Mark Stebnicki)

Ketuk cangkang kerang dengan sendok, kancang kerang yang masih hidup akan tertutup jika di ketuk. Jika cangkangnya terbuka artinya kerang sudah mati. Buang kerang yang sudah mati.

Cuci kerang menggunakan air mengalir lalu sikat hingga tidak ada kotoran dan pasir yang menempel. Pastikan kerang benar-benar bersih, jika kurang bersih rasa kerang akan berubah.

Baca Juga: 7 Resep Masakan Rumahan Jawa Sederhana untuk Makan Siang

3. Rendam kerang dengan perasan air jeruk

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!mengiris lemon (pexels.com/Mikail Nilov)

Setelah kerang dicuci bersih, potong lemon atau jeruk nipis lalu kucurkan perasan jeruk nipis diatas kerang. Rendam kerang dengan perasan jeruk nipis selama 30 menit, jangan lupa tutup wadahnya dengan rapat.

Merendam kerang dengan perasan jeruk nipis bertujuan untuk menghilangkan bau amis. Setelah direndam, cuci, dan bilas kembali kerang dengan air mengalir hingga bersih. 

4. Rebus kerang dengan bumbu

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!mencincang bawang (pexels.com/Los Muertos Crew)

Agar kerang tidak amis, kamu bisa menambahkan salah satu bumbu berikut, seperti jahe, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan serai. Potong jahe menjadi beberapa bagian kecil kemudian rebus bersama kerang hingga matang.

Jika menggunakan bawang merah atau bawang putih, cincang lalu taburkan di atas kerang. Sedangkan jika menggunakan serai dan daun jeruk cukup memarkan dan masukkan ke dalam air rebusan.

5. Rebus kerang dengan api sedang

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!ilustrasi merebus (pexels.com/Vladimir Gladkov)

Setelah bumbu sudah dimasukkan ke dalam air, tunggu air hingga mendidih kemudian masukkan kerang. Rebus kerang dengan api sedang agar kerang bisa matang merata dan tidak keras.

Jika cangkang kerang sudah terbuka, segera matikan kompor. Merebus kerang hanya butuh waktu kurang lebih 4 menit. Jika terlalu lama akan membuat daging kerang mengerut dan alot.

6. Jangan buka tutup panci selama merebus kerang

6 Cara Mudah Merebus Kerang, Dijamin Empuk dan Antiamis!ilustrasi merebus (pexels.com/Castorly Stock)

Selama proses perebusan kerang, jangan buka tutup panci hingga kerang matang. Hal ini perlu dilakukan agar kerang cepat matang dan tidak ada kerang yang alot atau terlalu lunak. 

Setelah kerang matang dan cangkangnya terbuka, segera matikan kompor lalu tunggu selama 4 menit. Setelah itu, baru buka tutup dan angkat kerang. 

Selanjutnya kamu bisa mengolah kerang sesuai dengan seleramu. Merebus kerang terlihat simpel, namun dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat masakan kerang yang bebas dari bau amis. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Fakta Unik dari Daun Peterseli, Bahan Masakan yang Bikin Lezat!

Izam Lisa Photo Verified Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya