Comscore Tracker

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!

Kelezatan ayam goreng Korea memang bikin ngiler abis!

Kamu pencinta ayam goreng? Kira-kira ada berapa jenis ayam goreng yang kamu tahu? Makanan berbahan dasar ayam ini memang sangat sulit untuk ditolak. Apalagi bagi kamu yang sangat menyukai ayam goreng.

Di Korea, ayam goreng juga menjadi favorit sebagian besar penduduknya. Di negeri para Oppa itu ada banyak sekali restoran yang menjual berbagai jenis ayam goreng dengan rasa yang enak dan unik.

Agar tidak semakin penasaran, yuk simak jenis ayam goreng apa saja sih yang ada di Korea!

1. Dakgangjeong

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!koreanbapsang.com

Dakgangjeong adalah ayam goreng yang di hidangkan dengan dilapisi saus manis. Gangjeong sendiri adalah jenis gula-gula khas Korea.

Dalam prosesnya, ayam biasa direndam dalam susu untuk melunakkan, menghilangkan bau, dan menambahkan rasa ke dalamnya. Garam, lada, telur, tepung dan tepung kanji digunakan untuk melapisi ayam sebelum digoreng dua kali dalam minyak sayur, lalu dtaburi kacang atau biji-bijian.

2. Yangnyeom-tongdak

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!maangchi.com

Ayam goreng Korea yang satu ini memiliki cita rasa pedas manis. Yangnyeom-tongdak biasa juga disebut dengan seasoned chicken. Rasa pedas manis pada yangnyeom-tokdang berasal dari saus yang di beri campuran gochujang atau pasta cabai Korea.

3. Manuel-tongdak

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!mangoplate.com

Manuel memiliki arti bawang putih sehingga ayam goreng yang satu ini memiliki rasa bawang putih yang kuat.  

Sebelum melalui proses penggorengan, ayam direndam dulu dengan saus khusus. Setelah itu disajikan dengan disiram dengan saus bawang putih di atasnya.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!

4. Ganjang Chicken

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!stock.adobe.com

Sama seperti namanya, ganjang chicken adalah ayam goreng yang di siram saus kecap asin. Ganjang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah kecap asin.

Saus ganjang chicken sendiri terbuat dari kecap asin dengan campuran bahan lainnya, seperti minyak goreng, bawang putih, cuka dan gula.

5. Padak Chicken

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!cookingwithyoon.com

Padak chicken adalah ayam goreng yang disajikan bersama daun bawang dan sayuran lainnya. Ayam dibumbui dengan garam, lada hitam dan rempah-rempah pilihan lainnya dan kemudian dibiarkan diasinkan.

Sausnya sendiri terbuat dari daun bawang, bawang, cabai rawit, bawang putih, kecap, jahe dan mustard. Rempah-rempah lain dapat ditambahkan sesuai keinginan. Ayam tersebut kemudian digoreng dan disajikan dengan saus.

6. Banban Chicken

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!adelaidefoodcentral

Banban chicken adalah ayam goreng yang dibumbui dengan saus yang terbuat dari minyak wijen, jahe, bawang putih, kecap, gochujang, gochujaru, dan daun bawang. Jumlah rempah bisa diubah sesuai keinginan.

7. Sunsal Chicken

7 Jenis Ayam Goreng Korea yang Perlu Kamu Tahu, Semuanya Lezat!adelaidefoodcentral

Sunsal chicken adalah ayam goreng yang diperuntukkan bagi kamu yang ingin makan ayam goreng tanpa mau repot memisahkan daging dengan tulang. Sunsal jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘tanpa tulang’.

Sunsal chicken juga bisa dinikmati dengan paduan beberapa saus, bisa saus bawang putih ataupun saus pedas.

Nah, itu tadi 7 jenis ayam goreng Korea. Kamu sudah pernah mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 9 Tips Antigagal Membuat Ayam Goreng Krispi, Kulitnya Renyah Abis!

L DWI Photo Writer L DWI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya