Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!

Bisa buat menu hidangan berbuka puasa nih

Para pencinta drama Korea pasti sudah familier dengan penampilan menarik ayam goreng khas Korea di setiap tayangan. Hidangan satu ini memang sangat menggugah selera, bikin kamu lapar setiap ada tokoh yang menampilkan scene ngemil ayam goreng yang renyah banget.

Nah, kalau kamu mau mencoba bikin ayam goreng ala Korea sendiri di rumah, 5 tips di bawah ini wajib kamu ikuti ya biar ayam goreng buatanmu serenyah yang ada di drama Korea. Menu ini juga cocok buat dimakan bareng nasi putih.

Yuk, cek tips membuat ayam goreng ala Korea yang lembut dan crispy di bawah ini!

1. Agar tekstur dagingnya lembut, rendam dulu dalam susu selama +/- 3 jam

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!10000recipe.com

Sebelum mencampurkan daging ayam ke tepung, sebaiknya kamu marinasi dulu ke dalam susu cair yang dicampur dengan mentega, garam, dan merica. Hal ini akan membuat daging ayammu jauh lebih lembut dan empuk saat disantap nanti. Untuk hasil yang lebih nikmat, sebaiknya ayam direndam dalam susu selama kurang lebih 1-3 jam.

Selain melembutkan, tentu dengan memarinasinya akan membuat bumbu seperti garam dan merica lebih meresap ke dalam daging. Oh ya, gunakan susu cair, ya. Jangan susu bubuk yang dicairkan. Cobain, deh!

2. Jangan simpan rendaman daging ke dalam kulkas

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!thespruceeats.com by Nita West

Nah, ini penting banget. Saat memarinasi ayam dalam susu cair sebaiknya jangan kamu simpan ke dalam kulkas karena itu akan merusak tekstur susunya. Akibatnya, justru nanti daging ayammu lebih alot ketika sudah digoreng.

Maka dari itu, saat memarinasi, simpan rendaman ayam dalam suhu ruangan saja agar susu dan bumbunya meresap sempurna ke dalam daging.

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Goreng Telur yang Gurihnya Bikin Ketagihan

3. Agar lebih crispy, tepung pembalurnya sebaiknya gak dicampur dengan air. Langsung balurkan dengan daging ayam

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!perdue.com

Ada banyak cara orang untuk membuat ayam goreng crispy, yakni ada yang tepungnya diberi air dulu, ada pula yang membasahi daging terlebih dahulu kemudian membalurkannya ke dalam tepung. Nah, kalau kamu mau ayam goreng yang krispi lebih baik gunakan cara kedua.

Lakukan pembaluran tepung dalam dua tahap. Jadi, karena daging ayam sudah basah karena direndam susu, langsung balurkan daging pada tepung. Kemudian tiriskan sebentar, basahi sedikit lagi dengan susu kemudian balurkan lagi dengan tepung. Hal ini akan membuat kerenyahan ayam gorengmu nanti paripurna!

4. Agar lebih crunchy, gunakan campuran tepung jagung atau tepung beras

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!verywellfit.com

Ya, ini rahasianya orang Korea dalam menggoreng ayam. Baik tepung jagung maupun tepung beras berguna untuk menambah kerenyahan gorengan. Makanya, sebaiknya tepung terigu yang kamu gunakan dicampur juga dengan salah satu dari dua tepung tersebut. Komposisinya bisa gunakan 2:1, yaitu 2 tepung terigu dan 1 tepung beras/jagung.

5. Goreng ayamnya dalam 2 tahap: pertama dengan api kecil, kemudian menggunakan api lebih besar

5 Tips Bikin Ayam Goreng Ala Korea yang Lembut dan Crispy, Nikmat!sbs.com.au

Yang gak kalah penting adalah proses menggorengnya, nih, guys! Beberapa orang Korea menggunakan dua tahap penggorengan saat menggoreng ayam.

Pertama, ayam digoreng dengan api kecil terlebih dulu. Ketika warnanya sudah keputihan dan adonan tepungnya mengeras, segera angkat dan tiriskan.

Saat penggorengan kedua, tidak perlu mengganti minyak. Cukup gunakan minyak yang sebelumnya, dengan terlebih dulu membersihkannya dari sisa tepung yang digoreng tadi. Lalu, goreng dengan api yang lebih besar dari sebelumnya. Goreng ayam hingga warnanya cokelat keemasan. Kalau sudah, tiriskan dan ayam siap disantap, deh!

Nah, itulah tips membuat ayam goreng krispi ala Korea Selatan yang wajib kamu perhatikan. Yuk, mulai dicoba buat hidangan berbuka puasa sore nanti!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea yang Ternyata Mirip dengan Olahan Indonesia

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya