Comscore Tracker

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalaman

Jadi makanan apa saja yang bikin kamu begadang?

Tidak bisa tidur semalaman menjadi bencana bagi banyak orang, terutama mereka yang punya kewajiban untuk bangun pagi keesokan harinya.

Ada beberapa alasan kenapa seseorang tidak bisa tidur. Pertama, mereka kelaparan. Kedua, mereka memiliki terlalu banyak pikiran. Ketiga, mereka memang penderita insomnia akut yang tidak bisa tidur sebelum malam berakhir. Namun menurut goodhousekeeping.com, ada satu alasan lagi kenapa seseorang kesulitan tidur yaitu, makanan.

Bukan karena kelaparan, tapi karena mereka mengonsumsi makanan yang salah. Jadi makanan apa aja yang seharusnya tidak boleh kamu konsumsi sebelum tidur? Berikut daftar lengkapnya!

1. Burger

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalamanunsplash.com/ Szabo Viktor

Makan burger bukan cuma bikin kamu gemuk, tapi juga susah tidur kalau dimakan sebelum tidur. Ini karena burger adalah makanan padat, ditambah dengan olahan daging tinggi lemak di dalamnya membuat junk food satu ini jadi lebih sulit untuk dicerna terutama di saat tidur.

Meski begitu, kamu tetap boleh kok makan burger malam-malam dengan catatan kamu memakannya empat jam sebelum jam tidur tiba.

2. Produk daging olahan

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalamanunsplash.com/Thought Catalog

Tidak jauh dari burger, aneka produk daging olahan seperti bacon juga bukan menu yang cocok untuk disajikan di jam makan malam. Daging olahan memiliki kadar natrium yang tinggi. Natrium inilah yang nantinya akan membuat perut jadi kembung ketika bangun keesokan harinya.

Masalah lain yang lebih mengganggu, kadar natrium juga membuat kamu merasa haus. Akibatnya, kamu akan terbangun di tengah malam karena haus dan terbangun lagi karena ingin buang air kecil.

Baca Juga: 7 Makanan Enak Ini Tidak Boleh Kamu Konsumsi Saat Sarapan, Kenapa? 

3. Makanan pedas

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalamanunsplash.com/Louis Hansel

Mereka yang punya pencernaan kuat mungkin tidak akan mengalami masalah ini. Tapi kalau kamu adalah tipe orang yang mudah merasa mulas, sebaiknya kamu tidak mencicipi makanan bercita rasa pedas, terutama di jam makan malam.

Aneka makanan pedas mungkin terasa enak di lidah, tapi makanan pedas bukanlah makanan favorit sistem pencernaan. Maka jangan kaget kalau beberapa jam setelahnya perut kamu akan terasa mulas berulang kali sampai kamu berhasil menemukan obat sakit perut.

4. Ayam goreng

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalamanunsplash.com/Andy Hay

Sama seperti makanan pedas, ayam goreng atau makanan yang digoreng lainnya juga sulit untuk dicerna tubuh. Sistem pencernaan harus ekstra kerja keras untuk mengolah apa yang kamu makan. Hal ini akan semakin parah jika kamu tidur setelah makan.

Saat kamu tidur, sistem pencernaan akan kesulitan untuk mencerna makanan dan akan menimbulkan masalah seperti asam lambung naik, perut terasa penuh, dan sakit perut.

5. Keju

Bukan Cuma Kopi, 5 Makanan ini Juga Bikin Kamu Begadang Semalamanpexels.com/Pixabay

Susu hangat mungkin akan membuat kamu tidur nyenyak, tapi hal itu tidak berlaku bagi berbagai produk olahan susu seperti keju. Beberapa keju seperti cheddar atau parmesan mengandung lemak jenuh yang tinggi, dan membuatnya jadi sulit untuk dicerna, apalagi ketika kamu sedang tidur.

Hasilnya akan sama seperti saat kamu makan ayam goreng sebelum tidur yaitu asam lambung naik, yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Kalau pun kamu mau makan keju, kamu bisa mengonsumsinya empat sampai enam jam sebelum tidur.

Meski enak, tidak semua makanan aman dikonsumsi. Di saat-saat tertentu, makanan yang sebenarnya sehat ternyata juga bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Lagipula kalau perut tidak nyaman, bagaimana kamu akan tidur nyenyak?

Baca Juga: 10 Makanan Ini Bisa Meredakan Sesak Napas, Mudah Didapatkan Lho!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya