Comscore Tracker

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!

Hindari lima makanan ini saat berbuka puasa

Nahan sakit perut memang enggak pernah enak. Apalagi kalau kamu lagi di jalan dan enggak ada toilet umum yang bisa digunakan, rasanya pasti menderita!
Sakit perut atau gangguan perut lainnya seperti mulas bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi yang paling sering gara-gara makanan yang kamu makan.

Menurut health.com, kebanyakan muncul anggapan juga kalau makanan pedas jadi penyebab utama.

Tapi masakan dengan sepuluh sendok sambal bukan satu-satunya yang harus kamu khawatirkan. Pasalnya masih ada beberapa makanan lain yang harus kamu waspadai, termasuk lima makanan ini!

1. Aneka produk susu

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!unsplash.com/Waldemar Brandt

Susu dan aneka produk susu mungkin tidak seganas makanan pedas. Karena produk ini hanya akan berakibat buruk pada orang yang memiliki alergi pada protein susu sapi.

Seperti yang kamu tahu, susu mengandung laktosa. Dan ketika seseorang yang alergi susu sapi mengonsumsi laktosa, tubuh mereka akan kesulitan untuk mencernanya dan itulah yang membuat perut jadi mulas bahkan diare.

2. Makanan pedas

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!unsplash.com/Louis Hansel

Bukan rahasia lagi jika sambal dan apapun yang berhubungan dengan cabai bukanlah makanan terbaik untuk dikonsumsi. Makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tapi sisi buruknya capsaicin ini juga bisa meningkatkan produksi asam dalam tubuh yang akhirnya membuat lapisan perut iritasi.

Sebenarnya kamu tidak perlu menghindari makanan pedas. Sebab yang perlu kamu hindari adalah mengonsumsinya secara berlebihan, mengonsumsinya saat perut kosong, atau menjadikan makanan pedas sebagai menu sarapan.

Jangan coba-coba melanggar salah satu dari tiga larangan tersebut atau kamu tidak akan bisa berhenti lari ke kamar mandi.

Baca Juga: Review Oseng Mie Jontor, Apa Bedanya dengan Kuliner Pedas Lainnya?

3. Tomat, jeruk, dan makanan asam lainnya

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!unsplash.com/Alice Pasqual

Selain makanan pedas, tomat dan apa pun yang memiliki rasa asam juga harus diwaspadai. Sama seperti cabai, tomat dan kawan-kawannya bisa meningkatkan produksi asam lambung dan membuat perut terasa tidak nyaman.

Bahkan kalau kamu tidak memiliki masalah dengan pencernaan, kamu harus tetap membatasi diri untuk tidak mengonsumsi makanan dengan cita rasa asam berlebihan. Makanan ini juga terlarang untuk para penderita maag. Jadi kalau kamu punya maag, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan yang asam.

4. Mentega

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!drweil.com

Mentega kaya akan lemak jenuh, yang artinya makanan ini tidak ramah untuk tubuh, termasuk perut. Selain bikin badan melar, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak akan mempengaruhi mikrobioma dalam usus dan menyebabkan banyak masalah dengan sistem pencernaan seperti diare, kembung, dan sembelit yang menyiksa.

5. Makanan olahan

5 Makanan yang Bikin Perut Mulas, Jangan Dimakan Sering-sering Ya!unsplash.com/LikeMeat

Tidak ada yang baik dari makanan olahan, selain rasanya. Makanan seperti ini juga memiliki lemak jenuh dan bahan kimia yang digunakan agar makanan tetap awet.

Dalam kondisi perut yang normal, mungkin makanan ini tidak akan menyebabkan masalah. Mereka akan berubah menjadi masalah, ketika kamu tidak bisa berhenti memakannya. Ini karena tubuh tidak bisa mencerna semuanya dengan baik dan membuat perutmu melilit.

Selain lima makanan di atas, minuman seperti kopi, cokelat, soda, dan alkohol juga masuk dalam daftar makanan yang membuat kamu sakit perut. Jadi pastikan kamu tidak mengonsumsinya terlalu sering ya, terlebih saat kamu baru buka puasa.

Baca Juga: Suka Kuliner yang Menantang? Cobain 7 Hidangan Pedas Khas Sichuan Ini

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya