Comscore Tracker

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!

Lezatnya bikin nagih, cocok buat ngeteh sore!

Makanan khas China ini juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Makanan-makanan dari Negara Tirai Bambu ini rasanya kaya rempah. Jadi, tidak perlu diragukan lagi kelezatannya.

Apalagi saat menyantap makanan khas China ditemani tradisi teh khas China. Semakin nikmat dan menggugah selera. Nah, berikut ini sembilan makanan China yang cocok disantap bareng secangkir teh hangat.

1. Siomai

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!dimsum (instagram.com/chiieelovestoto)

Makanan ini terbuat dari kulit berbahan tepung gandum tipis yang diisi dengan daging. Biasanya untuk topping-nya diberi tambahan wortel, jamur, atau keju.

Karena memiliki bentuk yang kecil, siomai ini hanya sebagai camilan untuk menemani tradisi minum teh. Bentuknya yang bundar dan disajikan dengan keranjang kukus, menambah rasa penasaran untuk mencicipi makanan yang satu ini.

2. Bakpao

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!bakpao (instagram.com/fen.z)

Bakpao ini semacam roti berbahan adonan tepung terigu yang diberi ragi. Berasal dari dua kata, yaitu bak yang artinya daging dan pao yang artinya bungkusan.

Makanan ini juga biasaya dipilih menjadi menu sarapan. Isi bakpao sendiri biasanya menggunakan daging ayam, sapi, babi, sayuran, ikan, selai kacang kedelai, dan sebagainya.

3. Jiaozi

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!jiaozi (instagram.com/vihaan_kc)

Jiaozi berisi daging dan sayuran yang dibungkus dengan lembaran tepung terigu. Adonan lembaran tepung terigu ini dibuat dari campuran tepung terigu, air, dan garam dapur.

Kudapan ini bukan hanya dimasak dengan cara dikukus saja, tapi juga sering digoreng. Untuk bumbu biasanya menggunakan kecap asin, saus tiram, atau minyak wijen. 

Baca Juga: 5 Tempat Makan Dimsum Enak di Tangerang Selatan, Sudah Mampir? 

4. Lun pia

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!lun pia (instagram.com/javaloenpia)

Kudapan ini juga digemari orang Indonesia. Lun pia berbahan tepung gandum yang berbentuk lembaran tipis.

Isinya cukup beragam. Mulai dari ayam, rebung, ataupun sayur. Biasanya disajikan dengan cabai, saus tauco, dan daun bawang.

5. Xia long bao

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!xiaolongbao (instagram.com/yaucancookit)

Makanan ini memiliki tampilan unik di bagian atasnya yang berbentuk kuncup. Kudapan ini sejenis dimsum yang berisi kuah kaldu, daging ayam, sapi, babi, ikan, udang, dan lain-lain.

Xia long bao cocok disajikan saat hangat. Rasa gurihnya berasal dari kuah kaldu dan jahe yang dikombinasikan dengan daging lembut. Saus pelengkapnya terbuat dari cuka hitam dan irisan jahe.

6. Jian bing

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!jian bing (instagram.com/mel.s_food)

Makanan ini mirip dengan crepes. Jian bing terbuat dari adonan tepung gandum, telur, dan gandum. Isian dari kudapan ini biasanya terdiri dari acar mustard, daun bawang, ketumbar, saus cabai, dan ham.

Makanan ini populer sebagai santapan di pagi hari. Dilengkapi dengan teh hangat, rasanya jadi semakin nikmat. Banyak juga yang membawanya sebagai bekal di tempat kerja.

7. Hakau

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!hakau (instagram.com/homemadebylita)

Makanan ini terbuat dari kulit yang tipis dan biasanya diisi dengan udang. Hakau ini sangat cocok disantap selagi hangat.

Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan teh hangat. Hakau ini juga menjadi dimsum favorit jika dibandingkan jenis dimsum lainnya.

8. Gyoza

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!gyoza (instagram.com/izakaya.toki)

Gyoza berisi daging babi giling atau ayam giling dan sayuran seperti bawang putih, kubis, dan kucai. Kulit pangsit pembungkus yang digunakan juga tipis.

Makanan ini dapat dimasak dengan berbagai cara seperti digoreng pan-fried, dikukus, digoreng deep-fried, atau direbus. Saus dari gyoza ini terbuat dari kecap asin, cuka, dan minyak cabai.

Baca Juga: Resep Membuat Gyoza Seenak Restoran Jepang, tapi Hemat Bujet

9. Fung zau

9 Makanan Khas China yang Cocok Ditemani Teh Hangat, Lezat!fung zau (instagram.com/imaanoona)

Makanan ini terbuat dari ceker ayam. Bumbunya menggunakan saus tiram. Fung zau ini dikenal dengan sebutan phoenix claws.

Proses pembuatan makanan ini cukup panjang. Sebelum dimasak, makanan ini dimarinasi dengan kecap asin hingga meresap. Teksturnya renyah dengan bagian dalam ceker yang lembut dan gurih.

Demikian sembilan makanan khas China yang cocok ditemani teh hangat. Nomor berapa makanan favoritmu?

siti nurul luluul habibah Photo Verified Writer siti nurul luluul habibah

Fighting!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya