Comscore Tracker

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! 

Kue mana yang sudah pernah kamu cicipi? #LokalIDN

Kuliner Sumatera Selatan yang sebagian besar dapat ditemukan di Palembang memanglah kaya. Tidak hanya kudapan asin seperti pempek dan kudapan berkuah lain seperti tekwan dan celimpungan, Palembang juga punya kudapan manis seperti kue basah.

Banyak ragam kue basah yang hadir di Tanah Sriwijaya ini dan semakin sering ditemukan saat hari raya, baik itu hari raya Idulfitri, Natal, hingga Imlek. Apa saja kue basah khas wong kito galo ini?

1. Maksuba 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! instagram.com/synthiatjipto

Maksuba merupakan kue basah yang masuk dalam deretan makanan Warisan Budaya Tak Benda Provinsi Sumatera Selatan tercatat sejak 2013. Menjadi makanan tradisional khas Palembang, kue basah satu ini biasanya disajikan di hari-hari khusus seperti hari raya dan acara penting lain seperti acara perkawinan. Tidak menggunakan tepung, maksuba terbuat dari telur bebek, kental manis, mentega, dan gula.

Maksuba akan terlihat berlapis-lapis saat dipotong. Hal ini berkaitan dengan cara pembuatannya yang dipanggang sedikit demi sedikit. Karena banyaknya telur bebek yang digunakan dan proses pembuatan yang memakan waktu membuat kue ini cukup mahal harganya. Kue ini berstruktur lembut, terasa manis pekat, dan basah. Hati-hati buat penderita gula darah, ya!

2. Lapis Legit 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! instagram.com/lputriasih

Mirip dengan Maksuba, diberi nama lapis legit karena dipanggang per lapis yang menghasilkan bentuk lapisan saat dipotong. Bahan yang digunakan pun serupa dengan Maksuba, hanya saja saat membuat lapis legit diperlukan tepung terigu. Hal inilah yang membuat tekstur lapis legit dan maksuba berbeda.

Lapis legit tidak sebasah Maksuba. Testurnya lebih mirip kue bolu dan lebih kering dari Maksuba. Lapis legit juga sering dijumpai saat hari-hari penting seperti hari raya dan acara pernikahan.

3. Delapan Jam 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! instagram.com/makanmakanpalembang

Kue yang telah hadir sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam ini sangat memerlukan kesabaran saat membuatnya. Sesuai namanya, kue ini memang membutuhkan waktu 8 jam untuk dikukus, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Hal ini akan memengaruhi tingkat kematangan dan warna kuenya. Apabila kurang dari 8 jam, kue akan berwarna kuning tua kecoklatan sedangkan kalau terlalu matang akan berwarna cokelat yang lebih.

Kue delapan jam yang berhasil akan berwarna cokelat karamel yang berasal dari bahan susu dan gula. Kue ini juga membutuhkan telur yang memadat ketika dikukus.

Kue dalapan jam juga terkenal dengan filosofi keseimbangan hidup yang diusung yaitu membagi 24 jam menjadi 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk beristriahat, dan 8 jam untuk beribadah.

 

Baca Juga: Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapan

4. Srikaya 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! instagram.com/genpisumsel

Kue srikaya berbeda dengan kue basah lain khas Palembang karena dimasukkan dalam cup atau gelas kecil dan dimakan menggunakan sendok. Tampilannya seperti puding tapi cara pembuatan dan bahan-bahannya jauh berbeda dari puding. Kue srikaya berwarna seperti buah srikaya yang berwarna hijau namun rasanya tidaklah sama.

Kue srikaya terbuat dari telur (boleh telur ayam atau telur bebek), gula, santan, dan daun pandan sebagai perasa dan pemberi warna.

Kue srikaya dapat berdiri sendiri namun terkadang dikombinasikan dengan ketan yang telah dimasak lalu dituang srikaya di atasnya kemudian dikukus. Rasanya manis pekat dan harum semakin enak dengan kombinasi ketan.

5. Engkak Ketan 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! instagram.com/yulyan_parwati

Dinamakan engkak ketan atau kue lapis ketan karena terbuat dari tepung ketan, boleh tepung ketan hitam maupun putih. Teksturnya kenyal, lembut, dan rasanya manis.

Berbeda dengan kue lapis tradisional Palembang lain seperti lapis legit dan maksuba, engkak ketan semakin khas dengan wangi kelapa karena diberikan santan yang telah dimasak hingga mengeluarkan minyak. Selain itu engkak ketan juga membutuhkan telur, gula pasir, susu kental manis, dan mentega seperti kue lainnya.

Kini, engkak ketan semakin sulit ditemukan.

6. Manan Sahmin 

6 Kue Basah Khas Palembang yang Manis Bikin Kamu Ketagihan! facebook.com/pesonasriwijaya

Kue basah satu ini mendapatkan pengaruh besar dari budaya Arab. Kue ini pun sudah hadir sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam yang dulunya hanya dapat dinikmati oleh bangsawan kerajaan. Manan Sahmin berbeda dari kudapan kue basah sebelum-sebelumnya karena bahan dasarnya ialah ubi jalar kuning yang direbus kemudian dihaluskan.

Adonan ubi dicampur dengan telur, santan, gula pasir, terigu, dan margarin cair. Manan sahmin lebih cair dibanding kue basah yang telah disebutkan sebelunya namun tidak kalah lembut dan manis. Manan sahmin juga biasanya ditaburi kismis di atasnya untuk menamba cita rasa.

Karena daerah-daerah di Indonesia kaya akan kulinernya, kalau ke Palembang jangan lupa cicipi keenam kue basah di atas. Dapat kamu jadikan sebagai buah tangan juga, lho!

 

Baca Juga: 6 Kue Hijau Khas Sumatera yang Manisnya Bisa Mengalihkan Perhatian

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya