Comscore Tracker

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! 

Ada hidangan tertua yang populer sejak tahun 1661, lho! 

Belanda, mendengar nama negara ini, pasti yang terlintas dalam pikiran adalah sejarah penjajahan kelam Indonesia yang lebih dari 150 tahun. Selain itu, taman bunga Belanda yang sangat luas dan penuh dengan warna-warni bunga, tulip khususnya, menjadi daya tarik tersendiri dari Negeri Kincir Angin ini.

Tapi, yang akan dibahas kali ini adalah makanan khas Belanda yang tidak kalah menarik dari tempat wisatanya. Kuliner khas Belanda dipengaruhi oleh masakan Prancis Utara yang tentunya semakin meningkatkan daya tarik.

Berikut makanan khas Belanda yang populer dan tak lekang oleh waktu.

1. Keju Edam 

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! diffen.com

Ya! Negara Eropa memang kental dengan sumber keju terbaiknya, salah satunya adalah Belanda. Keju edam ini memiliki tekstur yang sangat lembut dengan rasa yang sedikit lebih asin dibandingkan dengan keju lainnya. Keju ini memiliki lapisan parafin berwarna merah yang biasa diekspor ke negara lain dalam bentuk bola/bulat. Bahan bakunya sama seperti keju pada umumnya, yaitu susu sapi.

Berdasarkan kandungannya, tentu keju edam ini lebih unggul. Kandungan lemaknya sangat rendah, sedangkan kandungan proteinnya cukup tinggi sekitar 25%. Biasanya, orang Belanda menggunakan keju ini untuk teman minum teh atau sebagai topping kue.

2. Waterzooi 

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! medium.com

Nah, makanan yang satu ini berbentuk sup dan sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kehangatan saat musim dingin di Belanda. Waterzooi bisa menggunakan ikan atau ayam, walaupun dulu hanya disajikan yang terbuat dari ikan.

Makanan ini terbuat dari rebusan ikan/ayam yang dipadukan dengan berbagai jenis sayuran. Kemudian, masukkan juga telur, krim, dan mentega. Biasanya, makanan ini dinikmati bersama dengan Baguette, yaitu roti tawar khas Belanda.

Baca Juga: Tak Disangka, 6 Kuliner Nusantara Ini Ternyata Diadaptasi dari Belanda

3. Boerenkool 

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! iamexpat.nl

Saat musim dingin menyelimuti Belanda, nafsu makan penduduknya akan semakin meningkat dan mereka akan memakan banyak sayur-sayuran. Salah satu makanan yang biasa dimakan saat musim dingin adalah stamppot. Stamppot merupakan hidangan yang terdiri dari kentang rebus yang dihaluskan dengan sayuran.

Salah satu stamppot favorit orang Belanda adalah boerenkool.  Makanan ini adalah yang tertua dan paling populer seantero Belanda sejak tahun 1661. Berbahan dasar kubis khas Belanda (kale) dengan campuran kentang rebus yang ditumbuk. Sangat lezat ketika disajikan dengan saus, mustar, dan sosis Rookworst. Yummy!

4. Hutspot 

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! tasteatlas.com

Selain stamppot, terdapat makanan populer lainnya dari Negeri Belanda, yaitu hutspot. Bagi kamu yang ingin memakan daging dalam balutan makanan khas Belanda, wajib banget coba makanan ini!

Orang Belanda biasa menyajikan makanan ini ketika ada tamu, selain karena lezat, pembuatannya sangat mudah. Daging masak dipotong dadu, kemudian dicampurkan dengan sayuran yang telah dicincang dan dimasak dengan rempah-rempah, tak lupa campurkan juga dengan kentang yang telah dihaluskan. Woah, nikmatnya!

5. Herring 

5 Makanan Khas Belanda yang Wajib Kamu Coba, Lezat dan Sehat! holland-explorer.com

Selain makanan yang disantap saat musim dingin, makanan yang satu ini seringkali ditemui pada saat musim panas. Hal ini dikarenakan keberadaan ikan herring yang hanya boleh ditangkap saat musim panas.

Herring ini sudah ada sejak abad 6 abad yang lalu lho. Pengolahannya cukup mudah, yaitu setelah ikan ditangkap, kemudian dibersihkan dan dipotong bagian kepalanya, bekukan terlebih dahulu selama 24 jam. Nah, setelah itu kamu boleh langsung memakannya atau dibuat sandwich. Rasanya sangat lembut, asin, dan sangat segar.

Itu dia beberapa makanan khas Belanda yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Belanda! Tertarik untuk mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 8 Hal Ini Terlarang di Belanda, Negara dengan Destinasi Terbaik 2020

Maulia Indriana Ghani Photo Verified Writer Maulia Indriana Ghani

instagram @mauliaghani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya