Comscore Tracker

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!

Tetap kenyang dan berat badan terjaga

Isi dapur bisa menggambarkan kualitas kesehatan seseorang. Namun, masih banyak orang yang menyimpan bahan makanan instan sehingga hal itu berpengaruh pada pola makan dan kesehatan tubuh mereka. 

Kalau kamu ingin tetap sehat dan terjaga pola makan, tapi masih bingung dengan menu diet dan kandungan nutrisi di dalamnya, coba deh konsumsi beberapa jenis bahan makanan yang bisa bikin kamu kurus berikut ini. Tidak sulit kamu temukan di pasar maupun swalayan kok.

1. Beras merah

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!recipes.timesofindia.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Dari segi kalori beras merah memiliki kalori yang tidak jauh berbeda dengan beras lainnya. 100 gram beras merah, memiliki 360 kalori, tetapi dari segi nutrisi beras merah memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan beras putih.

Beras merah memiliki senyawa anthocyanin, serat, vitamin dan mineral lebih banyak dibanding beras putih dan tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh.

2. Kentang

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@dancounsell

Kentang membuat kenyang dalam waktu yang lama karena mengandung pati resisten atau resistant starch. Resistant starch adalah sejenis pati yang menahan pencernaan saat melewati usus untuk berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus besar. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan serta menyeimbangkan gula darahmu guys.

3. Oatmeal

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@epicantus

Dalam 100 gram oatmeal mengandung 67 kalori. Selain mengenyangkan, oatmeal juga kaya akan vitamin dan kalsium. Jadi, jangan lupa di stok yang guys sebagai bahan persediaan menu diet kamu.

4. Dada ayam

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!food.ndtv.com

Untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu perlu menyediakan dada ayam. Dada ayam mengandung protein lebih banyak dibanding bagian tubuh ayam lainnya. Selain itu, dada ayam mengandung lebih sedikit lemak dan kalori dibanding paha ayam lho guys.

5. Ikan

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@carolineattwood

Selain dada ayam, untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh, kamu juga bisa mendapatkannya dari ikan.

Mengonsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu, dapat mendorong penurunan berat badan serta meningkatkan resistensi insulin lho guys. Hal itu karena ikan tinggi akan protein yang memicu rasa kenyang dan meningkatkan metabolisme sehingga mendorong penurunan berat badan.

Baca Juga: 8 Makanan yang Bagus untuk Diet Alkalin, Ampuh Basmi Lemak di Tubuh!

6. Telur

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@wifecooky

Protein dan lemak dalam satu telur utuh dapat membuatmu kenyang lebih lama dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memicu kamu jadi suka nyemil. Orang-orang yang mengonsumsi telur untuk sarapan akan mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk makan siang dan makan malam.

Memasukkan telur ke dalam menu diet dapat menurunkan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang serta lemak secara signifikan.

7. Pisang dan alpukat

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@louishansel

Untuk sumber nutrisi lainnya seperti vitamin, kalsium dan serat, kamu bisa mendapatkannya dari buah-buahan seperti pisang dan alpukat. Pisang mengandung vitamin A, B, C dan kalsium. Sedangkan alpukat bisa menjadi sumber lemak sehat untuk tubuh kamu. Selain kaya akan lemak baik, alpukat kaya akan serat, kalium dan fitokimia.

Orang yang senang mengkonsumsi alpukat cenderung memiliki BMI lebih rendah, berat badan, dan lingkar pinggang yang kecil lho guys.

8. Kacang-kacangan

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@peterf

Jika kamu ingin ngemil, kacang-kacangan bisa jadi salah satu alternatif nya nih guys. Kacang kaya akan protein, serat dan lemak sehat dalam jumlah yang seimbang. Mengonsumsi kacang seperti almond dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan menurunkan berat badan. Jadi, kamu tidak perlu menyimpan snack yang tidak sehat.

9. Minyak kelapa atau minyak zaitun

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@robertina

Minyak kelapa dan minyak zaitun memiliki nutrisi lebih baik dibanding minyak goreng biasa. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bermanfaat bagi tubuh sebagai anti-virus, anti-bakteri dan anti-protozoa. Sedangkan minyak zaitun mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin E.

10. Bumbu dapur

10 Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Dietmu Berhasil Lho!unsplash.com/@zahrinlukman

Di zaman sekarang yang hampir semuanya sudah pada instan, termasuk bumbu dapur. Padahal, Indonesia kaya akan rempah-rempah dan mudah didapatkan.

Pilihlah bumbu dapur yang organik alias bukan yang sudah diolah terlebih dahulu seperti lada hitam, bawang putih, bawang merah, oregano atau juga yang lainnya. Selain khasiatnya, pastinya kita membutuhkan bumbu dapur untuk membuat makanan di rumah lebih sedap dan enak.

So guys, bahan makanan apa saja nih yang sudah kamu stok di rumah? Coba bagikan dan komen di bawah ya.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Indonesia yang Cocok buat Dikonsumsi Saat Diet

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya