Comscore Tracker

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim Hujan

Efektif menghangatkan tubuh di cuaca dingin berangin

Musim hujan sudah datang, pun musim dingin di beberapa negara di dunia akan tiba sebentar lagi. Di Indonesia, umumnya masyarakat lebih suka mengkonsumsi makanan yang bisa menghangatkan tubuh di kala musim hujan. Contohnya mi instan berkuah, bakso, mi ayam, empek-empek, dan masih banyak lagi.

Di Jepang juga ada makanan berkuah yang khas disajikan saat musim dingin. Namun bisa jadi penghangat di kala musim hujan, lho! Apa saja ya?

1. Oden

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim HujanInstagram.com/peachmomomo60

Oden merupakan salah satu makanan terkenal dari Jepang yang khas disajikan saat musim dingin. Potongan lobak, konnyaku, telur rebus, chikuwa, dan chikuwabu direbus pada kuah (dashi) yang terbuat dari katsuobushikombu, dan kecap asin mampu menghangatkan tubuh dari suhu rendah di Jepang.

Jika kamu tertarik mencoba makanan berkuah yang satu ini, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Jepang, karena di Indonesia sendiri ada beberapa restoran yang menyajikan menu oden.

2. Zosui

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim HujanInstagram.com/kyaratapas

Zosui merupakan sejenis masakan berupa beras yang dimasak (direbus) dengan air atau sup hingga bertekstur lembut. Makanan ini sangat bagus untuk pencernaan karena tidak menggunakan minyak dalam pembuatannya sehingga tidak membebani perut.

Umumnya, orang Jepang yang selesai menyantap masakan nabe akan membuat zosui dengan cara memasukkan nasi ke dalam kuah yang tersisa.

Baca Juga: Doyan Masakan Jepang? 5 Bahan Pelengkap Makanan Ini Harus ada di Dapur

3. Ishikari nabe

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim HujanInstagram.com/panamapeet

Ishikari nabe merupakan salah satu varian masakan nabe yang terbuat dari ikan salmon dan miso yang dimasak dalam panci yang terbuat dari tanah liat. Selain salmon dan miso, makanan berkuah ini juga disajikan dengan potongan kentang, bawang bombay, kol, jamur shitake, daun bawang, shirataki noodles, serta tahu.

Di Indonesia sendiri ada satu restoran yang menyajikan menu Ishikari nabe, yakni di Washoku Sato yang terletak di Mall of Indonesia, Lantai Ground. Tertarik mencicipinya?

4. Zoni

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim HujanInstagram.com/mameko505

Zoni merupakan hidangan penghangat selama tahun baru di Jepang. Zoni terbuat dari kue beras dan sayuran seperti wortel, talas, dan kamaboko dan umumnya berisi kue mochi. Karena tahun baru selalu bertepatan dengan musim dingin, zoni menjadi pilihan untuk hidangan keluarga karena bisa menghangatkan tubuh.

5. Torafugu nabe

5 Makanan Berkuah dari Jepang Ini Enak Disajikan Saat Musim HujanInstagram.com/Kotaro_0402

Torafugu nabe merupakan salah satu variasi dari masakan nabe selain ishikari nabe. Hidangan yang dijuluki “Winter Taste King” ini adalah masakan sup daging ikan buntal yang mana terkenal beracun. Ikan buntal sendiri merupakan salah satu ikan yang mahal dan berkelas di Jepang karena tekstur dan rasanya yang unik.

Tidak perlu khawatir saat menyantap hidangan ini, karena koki Jepang terkenal andal dalam mengolah ikan buntal. Makanan ini dianggap sebagai hidangan untuk kalangan kelas atas, lho!

Itulah 5 makanan khas musim dingin di Jepang yang cocok dihidangkan sebagai penghangat tubuh. Unik dan menggiurkan sekali ya?

Baca Juga: 5 Kreasi Menu Berbahan Nori Kering, Sensasi Rasa ala Jepang!

Melodyna Melody Photo Verified Writer Melodyna Melody

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya