Comscore Tracker

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut 

Tak hanya dodol, Garut juga punya camilan lezat ini

Pernah enggak sih kamu datang ke Garut ?. Buat yang belum pernah, kamu harus coba deh sesekali main ke Garut. Kabupaten Garut berada di provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bandung dan Tasikmalaya. Dan kalo dari Bandung hanya 1 jam perjalanan aja kok, ga jauh kan.

Garut dikenal juga sebagai kota wisata di Jawa Barat. Buat yang suka sama wisata alam, Garut punya banyak gunung, bukit, sungai, dan pantai yang sudah tersohor. Buat wisata budaya, banyak banget kok wisata budaya yang ada di Garut. Dan buat kalian yang suka wisata kuliner, tenang Garut adalah tempatnya.

Soal kuliner, Garut dikenal sebagai kota dodol. Makanan manis yang berbahan dasar tepung dan gula ini sudah terkenal banget sebagai ikon kota Garut yang selalu jadi oleh-oleh wisatawan sepulang dari Garut.

Sebenernya banyak banget lho camilan khas Garut, selain dodol. Berikut daftarnya.

1. Angleng 

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut cemilanasligarut.blogspot

Angleng merupakan makanan yang terbuat dari gula, ketan, dan kelapa yang dibungkus dengan daun jagung kering. Bila dilihat dari tampilannya, angleng terlihat sama dengan wajit. Namun bila sudah dirasa akan terlihat perbedaannya.  

Wajit memiliki tekstur yang lebih kasar karena masih menyisakan butir dari ketan yang ditumbuk, sedangkan angleng lebih halus secara tekstur karena ketan ditumbuk rapih sehingga menjadi tepung. Angleng cocok banget buat jadi cemilan buat kamu yang suka manis.

2. Burayot

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut kompasiana.com

Burayot biasanya dijual di sepanjang jalan di kecamatan leles dan kadungora, Garut. Burayot adalah kue yang berbahan dasar gula merah, tepung beras, dan kacang merah. Burayot dibuat dengan digoreng dengan minyak kelapa sehingga hasilnya akan menimbulkan minyak di kuenya.

Dinamakan burayot, karena cara meniriskan kue ini dilakukan dengan cara di-burayotkeun yang artinya digelantungkan. Rasanya manis dan padat dengan isian di dalam, kue ini enak banget buat jadi camilan yang mengenyangkan.

3. Kue balok

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut selerasa.com

Sama seperti burayot, kue balok juga banyak dijual di sepanjang jalan Kadungora dan Leles. Kue Balok sekilas sama seperti kue pancong/pukis. Kue balok dibuat dengan cara dibakar menggunakan arang di bawah cetakan dan juga dipanaskan menggunakan arang diatas kuenya. Kue balok memiliki bentuk yang relatif lebih besar ketimbang kue pancong dengan tekstur yang kering dan lebih padat.

Kini kue balok sudah memiliki banyak variasi rasa mengikuti yang perkembangan zaman. Namun bila kamu mencari rasa yang otentik dari kue satu ini, kue balok dari Garut sangat layak dicoba dan dibawa sebagai oleh-oleh sepulang dari Garut.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Garut yang Keindahannya Layak buat Dikunjungi

4. Emplod

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut ryangarsel.com

Emplod atau endog lewo adalah snack yang berbahan dasar tepung dan singkong yang berbentuk bulat seperti cimol kering. Makanan ini berasal dari daerah Lewo di kecamatan Malangbong, Garut. Oleh karena itu, makanan ini diberi nama endog lewo yang berarti telur lewo.

Makanan ini bertekstur renyah, walaupun tidak ditambahkan pengawet. Secara rasa endog lewo memiliki rasa gurih dengan aroma singkong, namun karena perkembangan zaman endog lewo kini memiliki banyak varian rasa yang disesuaikan keinginan konsumen.

Endog lewo bisa ditemui di toko oleh-oleh dan sangat cocok dibawa pulang buat kamu yang suka nyemil.

5. Dorokdok

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut indonesiakaya.com

Dorokdok berbahan dasar kulit sapi yang dikeringkan seperti kerupuk, dan kemudian digoreng menggunakan minyak. Dorokdok memiliki rasa yang gurih dan renyah. Dorokdok juga banyak ditemukan diberbagai tempat di Garut.

Dorokdok cocok banget buat kamu bawa pulang sebagai cemilan ataupun teman makan nasi.

6. Kerupuk kulit

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut foodbevg.com

Selain dorokdok, kerupuk kulit juga menjadi oleh-oleh khas Garut lain yang berbahan dasar kulit sapi. Perbedaannya terletak dari rasa, krupuk kulit memiliki rasa yang lebih manis karena diolah menggunakan gula dan rempah rempah. Dan ketika dimakan kerupuk kulit berasa renyah ketika digigit dan lengket di mulut. Untuk bisa membedakannya, kamu harus coba deh keduanya.

7. Moring

Selain Dodol, 7 Camilan Ini Cocok buat Jadi Oleh-oleh dari Garut kerekeswae.blogspot

Moring adalah snack yang berbahan dasar dari tepung tapioka. Bentuknya yang pipih memberikan sensasi sangat renyah bila dimakan.

Soal rasa, aemilan satu ini telah menyesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga kini tidak hanya memiliki satu rasa saja. Moring bisa kamu jumpai di pasar tradisional, pedagang kaki lima ataupun toko oleh-oleh.

Sekarang kalo ke Garut enggak cuma bawa dodol doang kan? Kamu pun bisa membawa camilan di atas.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Nusantara yang Cocok Jadi Pendamping Minum Teh

Mufqi Fajrurrahman Photo Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa biasa yang belajar nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya