Comscore Tracker

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!

Mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

Sebuah keuntungan kamu bisa hidup dan tinggal di Indonesia. Tahu gak kenapa? Sebab, terdapat banyak kuliner enak yang memanjakan perutmu. Salah satu kawasan dengan jenis kuliner unik yang wajib kamu jelajahi adalah Bali.

Gak cuma terkenal dengan beragam destinasi wisatanya yang menawan, Pulau Dewata juga menjadi pilihan destinasi #DiIndonesiaAja bagi mereka pencinta kuliner. Harganya pun terjangkau, cocok banget buat kamu yang mungkin traveling model backpaker.

Menggunakan variasi bumbu yang luar biasa, berikut beberapa kuliner khas Bali yang wajib masuk dalam list kulineranmu. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!

1. Ayam betutu  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/explorevillabali

Pencinta makanan pedas pasti suka banget dengan ayam betutu. Bumbu rempah-rempah dimasukkan ke dalam bagian dalam daging, sehingga terasa sedap saat disantap. Konon, kuliner satu ini merupakan makanan favorit raja di Bali, lho.

Proses masaknya pun terbilang cukup unik, karena ayam dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang atau daun pinang, lalu dipanggang. Cita rasa pedas dan gurihnya bakal terasa dalam sekali gigitan. Ayam betutu biasanya juga disajikan saat ada upacara keagamaan.

2. Sate lilit  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/chezinskitchen

Sesuai dengan namanya, sate satu ini dibuat dengan cara dililitkan ke batang daun serai. Berbagai jenis daging bisa digunakan, mulai dari daging ayam, sapi, babi, hingga ikan tenggiri. Daging dicincang terlebih dahulu, lalu dimasak dengan bumbu rempah khas Bali.

Rasa sate lilit pun gak perlu diragukan lagi, sudah pasti enak dan nikmat. Apalagi aromanya saat dibakar, bikin air liurmu menetes, deh. Meski sering dinikmati bersama nasi putih hangat, kamu bisa menjadikan sate lilit ini sebagai camilan juga, lho.

3. Lawar  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/odee.prm

Lawar adalah makanan yang memadukan kenikmatan daging cincang dengan sayuran yang dibumbui rempah. Biasanya, lawar menggunakan cincangan daging babi, tapi ada pula yang pakai daging bebek. Jenis lawar pun beragam ada lawar merah, lawar kuwir, dan lawar nangka.

Membuat lawar pun gak susah, kok. Cukup mencincang daging hingga lembut, lalu campur dengan sayuran pilihan. Ada pula parutan kelapa yang sudah dibumbui, sehingga sekilas tampak seperti urap sayur. Eits, jangan lupa dinikmati bersama nasi putih, ya!

4. Serombotan  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/ourfoodinbali

Satu lagi kuliner khas Bali yang tampilannya seperti urap sayur, yakni serombotan. Kuliner ini menyajikan campuran sayur, seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terung, taoge, dan pare. Semua potongan sayur itu diberi bumbu bernama kalas.

Bumbu tersebut terbuat dari campuran santan berisikan bubuk kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Ada pula yang menambahkan cabai agar terasa lebih menyegarkan. Kuliner ini cocok banget buat kamu yang lagi diet, nih.

Baca Juga: 7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidah

5. Nasi jinggo  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/masyege

Pengin kuliner dengan lauk lengkap tapi harga murah meriah? Nasi jinggo bisa banget jadi pilihanmu. Pasalnya, makanan ini berisikan banyak lauk, seperti daging suwir, mi goreng, tempe goreng, dan sambal. Kemasannya pun unik dengan daun pisang.

Meski begitu, porsinya pun tak sebegitu besar, tapi rasanya tetap juara. Harganya sekitar Rp3.000-5.000 saja, sehingga gak bikin kantongmu kering.

Nasi jinggo tergolong sebagai street food, sehingga kamu bisa menemukannya hampir di seluruh sudut kota.

6. Sate plecing  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/infodenpasar

Sate khas Bali gak cuma sate lilit saja, tapi ada pula sate plecing yang gak kalah nikmat. Lembutnya daging bakal berpadu sempurna dengan bumbu merahnya yang pedas. Kamu bisa memilih daging sesuai selera, mulai dari daging ayam, babi, hingga ikan laut.

Kenikmatan sate ini ada pada bumbunya. Bukan bumbu kacang melainkan bumbu plecing yang pedas nikmat. Bumbu itu terbuat dari campuran cabai rawit, tomat, terasi, garam, dan air jeruk nipis yang dihaluskan.

7. Tum ayam  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/segokusegomu

Bali juga punya sajian nikmat mirip pepes, namun bahannya berbeda. Tum ayam berisikan cincangan daging ayam yang diolah dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur, jahe, lengkuas, dan santan.

Proses membuat tum ayam pun bisa dikatakan sama persis seperti pepes. Setelah dicincang dan dicampur jadi satu, tum ayam dibungkus dengan daun pisang dan dikukus sampai matang. Tekstur lembut dengan aroma sedap merebak saat bungkusnya dibuka.

8. Rujak bulung  

8 Kuliner Khas Bali Paling Populer, Semuanya Sedap dan Nikmat!instagram.com/warungrujakpondokindah

Jangan membayangkan tampilan rujak bulung seperti rujak lainnya, karena sangatlah berbeda. Kuliner satu ini menggunakan rumput laut sebagai bintangnya. Kandungan seratnya tinggi, sehingga mampu memberikan kesehatan pada sistem pencernaan.

Gak cuma ada rumput laut, sajian ini dilengkapi dengan kuah pindah yang gurih dengan parutan kelapa dan lengkuas yang sudah dihaluskan. Kalau suka pedas, tambahkan ulekan sambal, dijamin kenikmatannya bertambah dua kali lipat, deh!

Itu dia beberapa kuliner khas Bali dengan rasanya yang lezat dan nikmat. Dengan kuliner di atas, ini menunjukkan bahwa kuliner #WonderfulIndonesia memang sangat beragam. Jangan sampai kamu gak mencicipi kuliner di atas, dijamin bakal menyesal banget, deh!

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 5 Resep Olahan Babi Khas Bali Paling Endeus, Bikin Goyang Lidah!

Opal Opal Photo Verified Writer Opal Opal

I have a lot of things inside my head so that I love writing about everything based on my ideas, highly-enthusiastic seeks out new challenges and gains more knowledges.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya