Comscore Tracker

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurna

Memiliki kandungan kolagen terbaik

Wanita mana sih yang gak mau kulitnya tetap kencang, glowing, sehat dan awet muda? Pastinya semua mau dong! Nah, untuk mendapat kecantikan kulit yang sempurna, kamu gak cuma dituntut untuk merawatnya dari luar secara rutin, tapi juga dari dalam, yaitu lewat asupan makanan yang kandungannya baik untuk kulit seperti kaya kolagen.

Kali ini kita bakal mengintip kebiasaan wanita Tionghoa yang ternyata dari zaman kuno telah mengonsumsi makanan kaya kolagen demi kulit mulus yang bercahaya. Dilansir dari laman Forbes.com, inilah makanan terbaik untuk kecantikkan kulitmu. 

1. Fish maw atau gelembung ikan laut

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurnainstagram.com/angelynn.kaira

Gelembung berwarna putih dalam perut ikan, membantu ikan berukuran besar tetap terapung di laut, misalnya ikan Totoaba. Gelembung ikan jantan lebih tebal dan lebih kenyal, sedangkan gelembung ikan betina teksturnya lebih lunak. Potongan yang lebih tebal dari ikan dinilai berkualitas lebih tinggi dan mengandung lebih banyak kolagen yang sangat baik untuk kulit.

Gelembung ikan ini dijual kering di toko-toko Pengobatan Tradisional China dan harus direhidrasi untuk membuatnya lembut dan licin sebelum dimakan. Cara penyajiannya bisa dimasak dalam sup atau ditumis dengan saus tiram, jamur dan sayuran lain seperti brokoli.

2. Sarang walet

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurnaforbes.com

Sarang walet yang dapat dimakan ini berasal dari air liur burung walet. Inilah menu makanan paling mahal demi mempercantik kulit sebab sarang walet harus diambil dari sudut gua yang tinggi dan proses sulit yang berbahaya. Khasiatnya yang mampu memperbaiki segala masalah kulit, menjadikan sarang walet selalu dicari.

Sarang walet biasanya berwarna putih atau kuning muda, ada juga jenis sarang merah yang langka. Sarang walet biasanya disajikan dalam sup double-sweet atau citarasa gurih. Di seluruh restoran China kelas atas, menu satu ini hampir selalu ada dalam hidangan kaldu yang kental. 

3. Teripang atau timun laut

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurnainstagram.com/younjeongkim_rm

Teripang sebenarnya adalah hewan, bukan sayuran. Mereka seperti pemulung di dasar laut yang menyerupai mentimun gelap atau cacing gemuk. Seringkali teripang direbus bersama abalon atau sayuran, seperti teripang Jepang di Yong Yi Ting yang disajikan dalam saus abalon tebal.

Teripang laut berduri utuh yang disajikan dalam kaldu ayam menawarkan dua kali lipat dosis kolagen yang sangat baik untuk kecantikkan kulit. Beberapa hotel di China menyajikan teripang dengan gaya 'hong shao' yang dilengkapi kedelai, jahe, gula, dan adas bintang.

Baca Juga: 5 Rutinitas Kecantikan yang Harus Kamu Hindari untuk Menjaga Bumi!

4. Snow fungus atau jamur salju

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurnatheburningkitchen.com

Jamur salju yang dibeli dalam kondisi kering juga harus direhidrasi sebelum membuatnya menjadi sup. Kamu juga bisa menggorengnya seperti jamur biasa meskipun teksturnya lebih halus.

Dalam masakan China, snow fungus sering digunakan sebagai hidangan penutup. Kamu bisa membuatnya menjadi minuman segar dengan ditambah goji berry, kurma merah dan sentuhan madu sebagai pemanis.

5. Peach gum

5 Makanan Rahasia yang Bikin Orang Tionghoa Miliki Kulit Sempurnainstagram.com/faraleyama

Peach gum adalah getah yang berasal dari pohon persik dan berbentuk seperti kristal transparan. Getah ini disekresikan dari kulit pohon persik. Dalam kondisi kering, peach gum seperti bebatuan yang bentuknya gak beraturan. Tapi setelah direhidrasi, bentuknya jadi kenyal seperti bantal.

Peach gum paling sering disajikan dalam bentuk sup atau sebagai pencuci mulut yanh dicampur pemanis dan buah. Peach gum mempunyai kandungan kolagen tinggi yang berfungsi meremajakan kulit sehingga halus dan kencang. 

Itulah kelima makanan untuk kecantikkan ala China demi mendapatkan kulit yang cantik sempurna. Girls, ternyata merawat kulit dari luar aja gak cukup!

Baca Juga: Sering Jadi Gorengan, 7 Makanan Ini Malah Bermanfaat untuk Kecantikan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You