Comscore Tracker

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!

Kanada punya banyak jenis pie lho!

Pie bukan hidangan asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di berbagai toko kue.

Di Indonesia sendiri, pie yang paling digemari adalah pie susu dan pie buah. Berbeda dengan Kanada yang punya banyak jenis pie dengan beragam rasa. Penasaran? Simak di bawah ini! 

1. Flapper Pie

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/dumplingsandmore

Pie dengan nama unik ini menggunakan bahan berupa remah graham cracker, custard dan meringue.

Untuk custard yang digunakan biasanya dibuat dengan susu, gula, vanilla, kuning telur, garam, dan maizena. Sedangkan bagian luar pie dibuat dengan graham cracker, gula, mentega dan kayu manis.

Flapper pie perlu didinginkan sebelum disajikan dan ditaburi dengan remah roti. 

2. Cipaille

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/pamela.dalpe

Nama cipaille dipercaya berasal dari sea-pie yaitu pie yang identik dengan bahan seperti daging, ikan atau jenis seafood lainnya. Sedangkan pie ini sering menggunakan beragam daging seperti rusa, kelinci, sapi muda, babi dan ayam hutan. 

Cipaille menggunakan layer pie pada umunya dan digabung bersama dengan daging yang sudah dibumbui. Setelah itu baru dididihkan bersama menggunakan api kecil sampai matang. 

3. Saskatoon Berry Pie

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/wanttocraft

Nama saskatoon adalah sebuah kota di Kanada yang dinamai sesuai dengan buah berry saskatoon yang banyak tumbuh di sana. Berry saskatoon ini sering digiling dan dibuat menjadi pasta berry yang kemudian dijadikan bahan makanan. 

Biasanya pasta berry ini dibuat menjadi pie dan dessert lainnya. Untuk saskatoon berry pie ini sering ditambahkan vanilla ice cream atau whipped cream supaya lebih nikmat. 

Baca Juga: 5 Dessert Lezat Khas Kanada yang Wajib Dicoba, Menggiurkan! 

4. Rappie Pie

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/robynalana13

Rappie pie juga sering disebut dengan nama pate a la rapure atau grated pie yang berarti pie parut. Disebut demikian karena bahan utama pie ini adalah parutan kentang yang dicampur dengan lemak babi, daging, dan seafood.

Daging yang digunakan biasanya adalah babi, ayam dan sapi. Sedangkan seafood yang digunakan adalah kerang dan remis. Rappie pie lalu diberi garnish berupa mentega dan gula cair. 

5. Pate Chinois

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/sergio_gio

Pate chinois yang sudah ada sejak abad ke-19 ini dipercaya merupakan pie adaptasi dari shepherd's pie dan dibuat oleh koki asal Tiongkok sehingga dinamai pate chinois atau chinese pie. 

Pie ini terdiri dari beragam lapisan bahan seperti lapisan daging giling, lapisan jagung, dan lapisan kentang tumbuk yang terbuat dari yukon gold atau kentang khas kanada. Pate chinois sering disantap bersama dengan saus tomat. 

6. Tourtiere

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/alamode_pie_cafe

Tourtiere adalah pie daging lainnya yang menggunakan daging babi dan sapi. Gak cuma daging, tapi juga ditambahkan kentang tumbuk yang dicampur beragam rempah seperti kayu manis, pala, dan cengkih.

Rasa pie ini begitu gurih dan memiliki bau wangi yang khas. Tak heran jika tourtiere banyak disajikan saat hari natal dan tahun baru di kanada. 

7. Salmon Pie

7 Jenis Pie Asal Kanada yang Menggunakan Bahan Unik, Lezat Semua!instagram/hkifoodie

Sesuai namanya, pie ini menggunakan salmon yang telah dimasak dan dikombinasikan dengan kentang tumbuk. Rempah dan bahan lainnya juga ditambahkan seperti lada, parsley, thyme, telur, dan bawang bombai. 

Salmon pie berasal dari Quebec dan dikenal sebagai makanan enak yang ramah di kantong. Biasanya salmon pie disajikan dan dinikmati bersama sour cream. 

Itulah tujuh pie asal kanada yang menggunakan bahan unik dan lezat. Yakin kamu gak mau coba? 

Baca Juga: 5 Olahan Pie Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa, Tahu Pie Udara?

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya