Comscore Tracker

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lho

Apakah kamu pernah mencicipi salah satu mie ini?

Mie merupakan hidangan yang tak asing lagi di dunia dan dipercaya merupakan hidangan asal China asli. Di beberapa negara di Asia, mie yang populer adalah ramen dari negara Jepang atau naengmyeon asal Korea. 

Namun, tak banyak yang tahu soal hidangan mie dari tempat asalnya yaitu China. China punya ratusan ragam variasi mie yang bisa kalian cicipi di berbagai daerahnya. 

Namun, berikut ini ada beberapa hidangan mie popular yang bisa masuk dalam daftar pesanan kamu saat di China. Simak yuk! 

1. Mie Wonton

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lhomie wonton (instagram/pete_eatss)

Mie asal Guangdong ini merupakan mie kuah yang berisi pangsit. Wonton merupakan pangsit asal China yang diberi isian seperti daging babi dan udang. 

Untuk mienya sendiri dibuat menggunakan teping dan telur tanpa air dan dibentuk tipis-tipis. Mie wonton memiliki cita rasa ringan yang tak pedas dan tak berminyak karena kuahnya menggunakan kaldu seafood dan tulang babi. 

2. Mie Biang Biang

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lhomie biang biang (instagram/eatswithtiffany)

Nama biang biang berasal dari suara mie yang diulen saat proses pembuatannya. Mie ini merupakan salah satu mie asal Provinsi Shaanxi yang memiliki lebar hingga 3cm dan panjang 1cm.

Mie akan direbus dalam kuah lalu disajikan bersama dengan topping berupa merica Shicuan, daun bawang, cumin, dan cabai. Karena mie yang terbilang lebar, mie biang biang juga dikenal dengan nama mie sabuk. 

Baca Juga: 10 Fakta Camilan Kenyal Zhaliang, Dim Sum Roti Goreng Asal China

3. Daoxiaomian

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lhodaoxiaomian (instagram/vonne0107)

Daoxianmian sendiri merupakan mie asal Provinsi Shaanxi yang juga disebut mie potongan pisau. Disebut demikian karena proses pembuatan mie cukup unik dengan cara memotong adonan mie secara random menggunakan pisau menuju ke kuah kaldu. 

Karena proses pembuatan inilah yang membuat daoxianmian memiliki ikuran mie yang berbeda-beda. Mie ini juga cukup popular dikalangan Muslim China karena halal dan banyak ditemukan di daerah Muslim Xi'an. 

Untuk menambah cita rasa, daoxianmian disajikan bersama dengan daging kambing dan sayuran. Biasanya juga menggunakan hidangan osengan sayuran dan daging kambing asal Uyghur. 

4. Dan Dan Mian

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lhodan dan mian (instagram/thrivingonplants)

Berasal dari Provinsi Sichuan tepatnya di ibu kota Chengdu, mie bernama dan dan wajib untuk kamu yang suka dengan makanan pedas. Pasalnya, mie dan dan menggunakan minyak cabai, cabai segar, merica Shicuan dan pasta wijen untuk menambah cita rasa. 

Dan dan mian ini juga biasanya ditambahkan daging sapi atau daging babi sebagai garnish. Saking pedasnya, di beberapa negara membuat versi mie dan dan dengan mengurangi rasa pedasnya. 

5. Zhajiangmian

5 Ragam Hidangan Mie Asal China yang Bikin Ngiler, Ada yang Halal lhozhajiangmian (instagram/wanderingeater)

Kalau kamu mengenal mie asal Korea bernama jajangmyun, zhajiangmian merupakan versi China yang banyak ditemukan di Kota Beijing. Hampir mirip dengan versi Korea, zhajiangmian juga menggunakan mie tipis dari bahan gandum dan pasta kedelai fermentasi. 

Selain pasta kedelai, potongan daging sapi atau babi juga dimasukkan ke dalam saus dan dinikmati dengan cara mengaduk mie bersama saus. Zhajiangmian termasuk hidangan yang simpel dan terbilang cukup murah, sehingga banyak yang menyukai mie ini. 

Nah, itu tadi 5 ragam mie favorit asal China yang bisa kamu cicipi saat berkunjung. Kamu paling penasaran sama yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Mie yang Praktis Dibuat untuk Inspirasi Menu Makan  

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya