Comscore Tracker

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkan

Bebas alkohol semua kok!

India punya kuliner yang unik dan terkenal bercita rasa gurih karena bumbu dan rempah khas yang digunakan. Bukan hanya makanan berat yang patut kamu coba saat berkunjung ke India, tapi juga ragam minumannya yang tak kalah unik. 

Mulai dari minuman hangat sampai yang menyegarkan semua tersedia kok di India. Simak yuk beberapa minuman khasnya di bawah ini! 

1. Sweet Lassi

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/teekhibiryani

Lassi adalah minuman khas yang menjadi favorit di India dengan bahan utamanya berupa yogurt. Ada banyak varian lassi yang kini hadir di India dan sweet lassi menjadi yang paling disukai. Umumnya lassi menggunakan beragam herbs, buah, dan spices. Namun, mango lassi adalah yang paling terkenal saat ini. 

2. Badam Doodh

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/reliancefreshofficial

Terkenal dengan rempahnya, India juga menggunakan rempah sebagai bahan minuman. Badam doodh terbuat dari pasta almond, susu, gula, dan rempah-rempah yang juga sering ditambahkan air mawar. Badam doodh sering disajikan pada acara keagamaan atau acara pernikahan di India. 

3. Jal Jeera

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/magicingredient

Jal jeera merupakan minuman segar yang terbuat dari cumin, daun sup, mint, garam dan merica yang kerap ditambahkan kulit jeruk, jahe, atau asam jawa. Minuman ini dipercaya meningkatkan kesehatan dan sering disajikan sebagai welcome drink di India. 

4. Aam Panna

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/drchetnakhanchi

Minuman satu ini menggunakan mangga sebagai bahan utama dengan campuran mint, cumin, dan air. Disajikan dingin, minuman ini memiliki rasa yang cukup tajam namun begitu menyegarkan. Orang India meminum aam panna saat cuaca sangat panas untuk melepas dahaga. 

5. Haldi Doodh

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/lifehunger

Haldi doodh adalah minuman berbahan utama kunyit yang dicampur dengan susu panas, madu dan minyak kelapa. Beberapa juga memasukkan ragam rempah seperti cengkih, merica, atau jahe yang telah dihaluskan.

Minuman ini sering dikonsumsi saat musim dingin karena dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: 7 Makanan Manis India Ini Wajib Ada saat Perayaan Diwali, Bikin Ngiler

6. Pink Tea

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/chilitochoc

Pink tea atau noon chai dikenal karena warna tehnya yang unik. Berbahan dasar green tea yang dicampur dengan garam, susu, dan baking soda serta gula sebagai pemanis optional. Warna pink dari teh muncul karena campuran dari baking soda yang ditambahkan.

Pink tea juga sering dilengkapi dengan kacang-kacangan, herbs, dan buah kering. 

7. Thandai

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/kolkatalittlethings

Thandai merupakan minuman yang disajikan dingin dan sering dijumpai di India Utara.

Cara membuatnya cukup rumit karena menggunakan beragam jenis kacang-kacangan seperti kacang mede, cardamom, almond, fennel seeds, dan poppy seeds yang dihaluskan bersama. Lalu membuat campuran lainnya yaitu susu, gula, dan bubuk kunyit yang dicampurkan bersama dengan pasta kacang tadi. Lalu disajikan dengan potongan kacang sebagai garnish. 

8. Masala Tea

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/amarena.coffee

Masala tea adalah minuman hangat yang terbuat dari teh hitam dan susu. Selain itu juga ditambahkan masala mix yang merupakam campuran rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan merica.

Masala tea memiliki rasa yang cukup tajam namun juga bercampur dengan rasa manis susu. 

9. South Indian Coffee

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/nandini_shivraj

Kopi asal India Selatan ini menggunakan indian coffee filter yang memiliki dua bagian yaitu yang digunakan untuk menampung kopi bubuk dan bagian bawah filter sebagai tempat menampung tetesan kopi. Teknik ini menghasilakan kopi yang kaya rasa yang lalu dicampurkan bersama susu dan gula.

Biasanya, kopi dan susu akan dituang bersamaan perlahan lalu dianginkan sampai berbusa. South Indian coffee ini disajikan dalam gelas yang menggunakan tatakan atau sering disebut davara. 

10. Darjeeling Tea

10 Ragam Minuman Khas Asal India, Dari yang Hangat Sampai Menyegarkaninstagram/decide_your_pixels

Darjeeling merupakan nama sebuah distrik di Bengal Barat yang terkenal dengan kualitas teh terbaik yang juga diberi nama yang sama. Sejak tahun 1864, darjeeling tea diolah oleh sebuah perusahaan yang kini dikenal dengan nama Darjeeling Consolidated Tea Company. Darjeeling bisa dengan mudah dikonsumsi saat ini. 

Itulah beberapa minuman khas dari India mulai dari minuman hangat sampai yang menyegarkan. Penasaran kan pengin coba? 

Baca Juga: 8 Flea Market Terbaik di India, Surga Barang Antik dan Perhiasan!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya