Comscore Tracker

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDrama

Pas banget disantap saat cuaca lagi dingin, nih

Agaknya, tak dapat dipungkiri bahwa makanan laut alias seafood jelas mempunyai pesonanya tersendiri. Makanan laut pun terdiri dari beragam bahan yang kerap diolah ke dalam aneka jenis masakan. Misalnya, kepiting yang dimasak menjadi sup. 

Usut punya usut, di Korea Selatan, sup kepiting yang paling populer bernama kkotgetang. Lantas, apa saja keunikan dari sup kepiting ala Negeri Ginseng tersebut?

1. Penamaan kkotgetang berasal dari kata kkotge

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDramainstagram.com/djay_gb

Secara umum, kkotgetang merupakan masakan sejenis sup yang berbahan baku berupa kepiting dan disajikan selagi hangat. Penamaan kkotgetang pun berasal dari bahan baku tadi. Tepatnya, dari kata kkotge yang memiliki arti flower crab atau yang lebih dikenal dengan nama kepiting biru.

2. Penggunaan kepiting jenis flower crab disebabkan oleh dagingnya lebih empuk dan cangkangnya lebih mudah dikupas

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDramainstagram.com/https:/nynrada

Penggunaan kepiting jenis flower crab disebabkan oleh dagingnya yang lebih banyak. Tak hanya itu, kepiting jenis ini jga memiliki daging yang lebih empuk dan lebih manis dibandingkan jenis kepiting lain. Cangkangnya pun cenderung lebih mudah dikupas atau dipecahkan.

Kendati demikian, apabila memang tak tersedia kepiting biru, maka kepiting jenis lain pun masih dapat digunakan sebagai alternatif.

Baca Juga: 5 Trivia Jjamppong, Si Blasteran Korea-Tiongkok yang Pedasnya Juara!

3. Sayuran hingga doenjang pun jadi pelengkap sup pedas ini

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDramainstagram.com/

Selain kepiting, kkotgetang juga dilengkapi dengan bahan-bahan lain. Ada sayuran, seperti lobak, daun bawang, krisan, bawang putih, bahkan daun labu segar. Olahan sup ini juga ditambahkan dengan makanan laut lainnya, seperti udang dan kerang.

Tak hanya itu, terkadang kkotgetang ditambahkan pula dengan doenjang (pasta kacang kedelai) agar cita rasa sup lebih kaya. Kendati demikian, gochujaru (bubuk cabai) dan gochujang (pasta cabai) tetaplah yang utama untuk menekankan cita rasanya.

4. Cita rasa kkotgetang didapat dari bahan-bahan yang digunakan

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDramainstagram.com/homecookwithchloe

Sebab penggunaan gochujaru dan gochujang yang kentara hingga membuat kuahnya pun kemerahan, maka tak mengherankan mengapa sup kepiting ini memiliki cita rasa pedas. CIta rasa ini dipadukan dengan gurih dan manisnya daging kepiting, serta segarnya bahan-bahan lain yang digunakan di dalamnya.

5. Kkotgetang sangat disantap bersama nasi saat cuaca sedang dingin

5 Trivia Kkotgetang, Sup Kepiting Pedas yang Sering Muncul di KDramainstagram.com/

Kkotgetang umumnya dinikmati bersama nasi hangat. Selain itu, di Korea Selatan, kkotgetang lazim disantap kala musim dingin. Pasalnya, sup kepiting pedas ini memang ampuh untuk menghangatkan tubuh. 

Kepiting yang khas dengan daging manis segar memang kerap diolah menjasi sup. Akan tetapi, sup tersebut rupanya juga memiliki variasi. Ada sup bening dengan cita rasa manis lagi gurih ataupun sup pedas yang sensasinya membakar lidah. Nah, kalau sup kepiting pedas ala Korea ini, tertarik untuk melahapnya gak, chingu?

Baca Juga: Resep Sukju Namul, Salad Tauge Asal Korea yang Mudah Cara Membuatnya

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya