Comscore Tracker

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minang

Udah bikin ngiler duluan gak, sih? #LokalIDN

Kuliner lezat ala Minang tak hanya soal makanan, lho. Pasalnya, sajian minumannya pun tak kalah sedap disantap. Misalnya, es tebak, yang merupakan satu dari sekian minuman khas dari ranah Minang, Sumatera Barat. Hidangan ini semakin nikmat dilahap saat cuaca panas, bikin segar!

Eits, ini lho beberapa informasi menarik tentang es tebak tersebut.

1. Berasal dari Payakumbuh, es tebak kini telah menyebar ke berbagai daerah

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minanglimbago.id

Es tebak disinyalir berasal dari Payakumbuh. Kendati demikian, seiring dengan popularitas kelezatannya, minuman tradisional ini pun lantas berkembang dan menyebar ke berbagai daerah di Sumatera Barat. 

2. Berdasarkan ragam bahannya, es tebak termasuk ke dalam kategori es campur

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minangakato.co.id

Sederhananya, minuman ini tergolong ke dalam kategori es campur. Sebab, bahan-bahan dalam es tebak memanglah terdiri dari beraneka campuran dari beberapa jenis panganan. Pemilihannya dapat disesuaikan dengan selera. 

3. Kata "tebak" merujuk pada bahan baku utama dari minuman tradisional yang satu ini

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minangid.wikipedia.org

"Tebak" adalah sebutan untuk bahan baku utama dalam hidangan ini. Tepatnya, "tebak" merupakan olahan tepung beras ketan yang dicampur tepung sagu, lalu dimasak menggunakan air garam dan kapur sirih.

Apabila sudah matang, adonan tersebut lantas dicetak seperti cendol. Perbedaan cendol dan tebak terletak pada warna dan teksturnya. Tebak berwarna putih dan bertekstur agak lebih keras. Oleh sebab itu, tebak kadang sekilas tampak seperti serutan daging kelapa muda.

Baca Juga: 5 Inspirasi Membuat Es Campur Menggunakan Bubur Manis

4. Seperti es campur pada umumnya, es tebak pun terdiri dari beraneka bahan tambahan

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minangweb.facebook.com

Selain "tebak", sajian ini juga ditambahkan bahan-bahan lain layaknya es campur pada umumnya. Misalnya, santan, susu kental manis, kolang-kaling, tapai, ketan hitam, cincau, potongan nangka, daging kelapa muda, hingga alpukat. Bahan-bahan pendamping tersebut pun dapat disesuaikan dengan selera.

5. Es tebak didominasi oleh cita rasa manis, gurih, dan creamy

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minangsaribundo.biz

Cita rasa dari es tebak didominasi oleh rasa manis yang segar, gurih, dan creamy. Wajar saja sebab bahan-bahannya memang terbilang kaya rasa di mana masing-masing bahan memiliki cita rasa khasnya tersendiri.

6. Es tebak umumnya disantap sebagai hidangan penutup setelah makanan utama

5 Trivia Es Tebak, Minuman Klasik lagi Unik dari Ranah Minangbackpackerjakarta.com

Minuman tradisional Minang ini lazimnya disajikan sebagai hidangan penutup setelah makanan utama. Es tebak dibanderol dengan kisaran harga agak bervariasi per porsi yaitu sekitar ribuan hingga belasan ribu yang umumnya ditakar dari ragam bahan isiannya serta rumah makannya.

Kuliner Minang ternyata tak hanya berkutat dengan rendang saja, nih. Selain makanan, sajian minuman khasnya pun tak kalah menggoda. Sebut saja es tebak di atas yang klasik dan unik.

Membayangkan komposisi bahannya saja sudah bikin ngiler, ya?

Baca Juga: 10 Menu Makan yang Paling Banyak Diburu Saat Santap di Resto Minang

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya