Comscore Tracker

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!

Mulai dari rasa manis, pedas, hingga agak asin #LokalIDN

Selain sebagai salah satu sumber karbohidrat, singkong juga terbilang kerap dijumpai sebab memang mudah tumbuh dan tak memerlukan perawatan khusus untuk menanamnya. Tumbuhan ini pun laris diolah sebagai makanan seperti kudapan. Misalnya adalah beberapa camilan khas Minang berikut. Apa saja, sih?

1. Godok ubi

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!instagram.com/herman_plaho

Godok ubi juga dikenal sebagai godok bagulo sebab menggunakan gula sebagai bahan utama selain singkong. Proses membuatnya diawali dengan memarut halus singkong, lalu dibentuk lonjong hingga teksturnya padat, kemudian digoreng hingga kuning kecokelatan. 

Selanjutnya, gula pasir yang telah dikaramelisasi lantas dicampurkan pada godok yang telah matang tadi. Godok yang dilumuri gula tersebut dibiarkan hingga mengeras terlebih dahulu sebelum disantap. 

2. Kacimuih

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!instagram.com/dewi_ibunya_3w

Panganan yang kerap dijajakan di pasar tradisional ini mempunyai cita rasa manis yang berasal dari penggunaan gula, serta dipadukan dengan sensasi gurih dari parutan kelapa muda. Teksturnya pun lembut di lidah sebab singkong yang memang dikukus hingga empuk.

3. Karak kaliang

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!instagram.com/novalina171717

Memiliki nama lain berupa lapan-lapan karena bentuknya menyerupai angka delapan, panganan ini kerap dijadikan buah tangan bagi para pelancong. Usut punya usut, pengolahan karak kaliang terbilang rumit sebab harus melalui beberapa tahapan.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa karak kaliang memiliki tekstur, cita rasa, dan warna yang pas. Tepatnya, teksturnya padat namun juga rapuh, bercita rasa gurih, serta berwarna kuning yang tak pucat namun juga tak terlampau pekat.

Baca Juga: 7 Camilan Singkong dari Sunda yang Renyah Padat, Raos Pisan Euy!

4. Kue tumbang

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!posmetropadang.co.id

Agaknya camilan ini sudah mulai langka dijumpai dalam keseharian. Singkong direbus hingga empuk, lalu ditumbuk halus, dicampurkan dengan kelapa parut dan gula, kemudian dibentuk menggunakan cetakan atau manual. Kue tumbang bercita rasa lembut, manis, dan gurih.

5. Karupuak sanjai

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!instagram.com/studiofotokliqpict

Selain karak kaliang, karupuak sanjai juga menjadi yang paling laris dijadikan oleh-oleh sebab tak mudah basi. Keripik yang satu ini bercita rasa agak pedas sebab memang dilumuri dengan saus cabai merah. Teksturnya padat namun rapuh dan renyah.

6. Dakak-dakak

6 Kudapan khas Minang Berbahan Singkong, Ada yang Lembut hingga Kriuk!instagram.com/seleramode

Dakak-dakak memiliki bentuk yang identik dengan kubus mini. Singkong yang telah dipotong dan dibersihkan lantas dimarinasi dengan kunyit serta bumbu-bumbu tambahan lain. Selanjutnya, potongan singkong tadi digoreng kering bersama cincangan daun seledri. Cita rasanya gurih dan sedikit asin, serta renyah.

Wah, singkong tak hanya mudah dijumpai namun juga menawarkan ragam kuliner! Ada yang bercita rasa manis hingga pedas dan ada pula yang lembut di lidah hingga yang renyah.

Kalau kamu berkesempatan untuk mencicipi semuanya, kamu mau coba yang mana dulu nih?

Baca Juga: 5 Resep Sajian Lauk Daun Singkong yang Rasanya Nikmat dan Gurih

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya