Comscore Tracker

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!

Walau tampilannya sederhana, cita rasanya prima #LokalIDN

Indonesia memiliki kuliner tradisional yang sangat kaya. Masing-masing daerah agaknya juga menonjolkan ciri khas tersendiri walaupun bahan baku yang digunakan adalah sama. Misalnya, daun singkong yang dapat diolah ke dalam ragam sajian. Apa sajakah itu?

1. Gulai pucuak ubi, Sumatera Barat

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!instagram.com/ny_wilky

Varian gulai yang satu ini kerap dihidangkan sebagai sayur. Kuah gulainya yang kental berpadu dengan empuknya daun singkong yang masih muda alias bagian pucuknya. Oleh sebab itu, masakan khas Minang ini dinamai gulai pucuak ubi.

2. Abuih pucuak ubi, Sumatera Barat

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!cookingwsheila.com

Abuih pucuak ubi (daun singkong rebus) juga menggunakan bagian pucuk. Sesuai namanya, proses memasak abuih pucuak ubi yakni direbus. Saat dihidangkan, sajian khas Minang ini umumnya dipadukan dengan samba lado (sambal cabai) dan menjadi makanan pendamping seperti untuk ikan bakar.

Baca Juga: Resep Urap Daun Singkong, Cara Begini Membuat dan Tipsnya

3. Ro'o luwa, Nusa Tenggara Timur

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!tripsumba.com

Ro'o merujuk pada "daun" dan luwa adalah "ubi". Dihidangkan sebagai sayur pendamping masakan utama, makanan khas Sumba merupakan sejenis bubur yang identik dengan warna hijau. Mulanya, daun singkong ditumbuk (bahkan turut ditambahan beras), lalu direbus dengan santan (ada pula yang tanpa santan), dan bumbu-bumbu lainnya.

4. Buntil, Jawa

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!instagram.com/wulanfoods

Buntil yang lazim di daerah Jawa ini dapat disantap sebagai lauk untuk nasi. Untuk kulit pembungkusnya, sajian ini menggunakan daun singkong muda. Buntil daun singkong tersebut disajikan dengan tambahan beberapa butir cabai dan kuah santan.

5. Kalumpe, Kalimatan Tengah

5 Kuliner Nusantara Berbahan Daun Singkong, Sederhana tapi Menggoda!kooliner.com

Kalumpe merupakan khas dari suku Dayak. Daun singkong yang akan digunakan untuk membuat kalumpe akan ditumbuk halus menggunakan lesung. Kalumpe dilahap selagi masih hangat, dan dapat dipadukan dengan sambal terasi serta ikan asin.

Kayanya kuliner tradisional Indonesia dapat dibuktikan dengan ragam masakan daerahnya. Misalnya saja olahan yang berasal dari bahan baku yang sama seperti daun singkong. Kendati terkesan sederhana, ternyata daun singkong dapat dikreasikan ke dalam aneka masakan.

Apakah ada olahan daun singkong daerahmu juga? Yuk, tambahkan di kolom komentar!

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Sayur Daun Singkong yang Bikin Makin Kaya Rasa

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya