Comscore Tracker

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Korea

Kamu tim yang sausnya langsung dicampur atau dipisah, nih?

Daging merupakan bahan baku untuk masakan yang sangat lazim digunakan dalam dunia kuliner. Daging tersebut berupa daging sapi, daging ayam, hingga daging babi.

Nah, di Korea Selatan, ada olahan khas berbahan daging babi yang tak kalah terkenal bernama tangsuyuk. Yuk, simak informasi lebih lanjut tentang sajian ini!

1. Tangsuyuk merupakan tumis babi yang dipadukan dengan saus asam-manis

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Koreainstagram.com/jarong2002

Berdasarkan bahan baku dan tampilan hidangannya, tangsuyuk adalah tumis daging babi yang dicampurkan dengan saus asam-manis.

Usut punya usut, ada dua versi dalam menyantap sajian ini. Pertama, saus langsung disiramkan pada daging. Kedua, saus dan daging dipisah pada piring berbeda sehingga saus menjadi cocolan.

2. Tangsuyuk umumnya memakan daging babi tapi kadang daging sapi, daging ayam, atau jamur

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Koreainstagram.com/alwayshungryjs

Sebagaimana bahan bakunya yakni daging babi, maka sajian ini tak direkomendasikan untuk para wisatawan muslim. Dengan kata lain, pengunjung muslim harus lebih cermat dalam memilah-milih menu.

\Kendati demikian, kadang ada pula pedagang yang mencoba mengganti daging untuk tangsuyuk dengan daging sapi, daging ayam, hingga jamur.

Baca Juga: 10 Makanan Korea Selatan yang Bisa Mencuri Hati Orang Tercinta

3. Tangsuyuk diperkenalkan di Korea oleh imigran Tionghoa yang bermukim di kawasan pelabuhan

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Koreainstagram.com/forest0529

Konon, hidangan ini diperkenalkan oleh imigran Tionghoa di Korea. Tepatnya, imigram Tionghoa yang bermukim di kawasan pelabuhan seperti Incheon. Awal mula kemunculannya, tangsuyuk tercipta dari kreasi berupa daging yang digoreng dengan tepung, kemudian disiram dengan saus asam-manis.

4. Tangsuyuk diolah dari potongan daging yang dilapisi adonan lalu digoreng sebanyak dua kali

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Koreainstagram.com/kasooda1111

Daging yang digunakan akan dipotong seukuran satu gigitan, lalu dibaluri adonan yang berbahan campuran ubi, pati jagung, dan air. Selain itu, adonan tadi juga dapat dibuat dari alternatif berupa tepung ketan. Daging berlapis adonan tadi lantas digoreng sebanyak dua kali agar teksturnya lebih garing.

5. Tangsuyuk juga dilengkapi dengan ragam bahan pelengkap saat disajikan selagi hangat

5 Serba-serbi Tangsuyuk, Sajian Tumis Babi Asam Manis ala Koreainstagram.com/skdhd_e1031

Tangsuyuk disajikan selagi masih hangat baik langsung dicampur saus maupun saus terpisah. Selain itu, tangsuyuk juga memiliki bahan-bahan pelengkap yang beraneka ragam. Ada potongan mentimum, wortel, nanas, irisan bawang merah, dan lainnya.

Wah, sekilas tangsuyuk tampak tak terlalu rumit dimasak, ya? Apakah kamu mau mencoba membuatnya sendiri? Kreasikan saja dagingnya sesuai selera. Semoga berhasil!

Baca Juga: Serba Enak, 10 Makanan Korea Selatan yang Bisa Jadi Hidangan Spesial

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya