Comscore Tracker

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! 

Mirip bungeoppang di Korea Selatan 

Serial Naruto hingga Boruto tak hanya mengaduk-aduk emosi penggemarnya melalui paduan cerita ninja yang apik. Adegan-adegannya juga kerap menyelipkan kuliner khas Jepang maupun sajian modern.

Salah satunya adalah taiyaki. Kudapan ini ternyata makanan favorit dari anak angkat Naruto, Kawaki. Taiyaki itu cemilan yang seperti apa, sih?

Unik, Kawaki kecil memang menyukai peliharaan ikan yang ternyata menyimbolkan bentuk taiyaki 

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (en.pierrot.jp)

Sebelum diambil-alih organisasai Kara, Kawaki tinggal berdua dengan ayahnya yang abusif. Setiap hari, dia memotong kayu untuk di jual sebagai kayu bakar. Uang penjualan disetor kepada ayahnya untuk membeli minuman keras.

Suatu ketika, Kawaki bertemu penjual ikan hias dan langsung terkesima pada ikan itu. Penjual tersebut ternyata berniat jahat. Kawaki diselamatkan Jigen, pemimpin Kara, yang juga "membeli" Kawaki dari ayahnya. Sejak itu, hidup Kawaki berubah drastis.

1. Taiyaki berasal dari kata "tai" (jenis ikan) dan kata "yaki" (dimasak dengan api langsung) 

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (instagram/ayaono9)

Latar belakang taiyaki dibentuk seperti ikan masih belum pasti. Konon, bentuk ikan merupakan simbol keberuntungan di Jepang. Pasalnya secara harfiah, kata "tai" berasal dari kata "medetai" yang bermakna bahagia atau sejahtera.

Selain itu, kata "tai" juga merujuk pada salah satu jenis ikan, sedangkan kata "yaki" berarti "dimasak dengan api langsung" seperti dipanggang. Memasak taiyaki memang dengan memanggang loyang cetakan berbentuk ikan.

2. Taiyaki konon diciptakan oleh penjual kudapan, Seijirō Kanbei pada 1907 silam

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (instagram/kitunedanngo)

Selain asal-usul nama, sejarah taiyaki juga tak kalah menarik. Konon, taiyaki dipelopori Seijirō Kanbei pada 1907 silam. Awalnya, beliau menjajakan imagawayaki, kudapan bulat dengan cita rasa mirip taiyaki. Sayangnya, makanan itu kurang berdaya komersil.

Beliau lantas berinovasi menciptakan taiyaki. Kreasi itu sangat laris, bahkan menjadi ikonik hingga sekarang. Usut punya usut, toko milik Seijirō, Naniwaso Honten, masih bertahan hingga kini, tepatnya di Azabu Jūban, Tokyo. 

Baca Juga: 5 Fakta Pedagang Kue Taiyaki di Jepang yang Viral

3. Taiyaki tak lagi terbatas pada isian selai kacang merah, tapi sudah dikreasikan lebih bervariasi 

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (instagram/maaaaaa_0426)

Mirip seperti dorayaki, adonan taiyaki juga diolah dari bahan-bahan dasar seperti tepung, gula pasir, telur, serta air. Bagian atas dan bawah taiyaki dipanggang terpisah. Saat hampir matang, kedua bagian itu disatukan melalui isian selai.

Dahulu, isian tersebut terbatas pada selai kacang merah. Akan tetapi saat ini, sudah banyak variasi isian untuk taiyaki. Ada cokelat, keju, matcha, vla, hingga es krim. Pembeli pun dapat memilih isian sesuai selera.

4. Taiyaki merupakan kudapan yang laris dijajakan di kedai kaki lima dengan harga murah 

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (twitter/noripop2)

Usut punya usut, taiyaki merupakan kudapan yang terkenal di Jepang. Makanan ini dapat dibuat sendiri ala rumahan maupun dijajakan di kedai kaki lima. Misalnya saja taiyaki yang dibeli oleh Kawaki di kedai langganan para warga desa Konoha.

Taiyaki pun dibanderol dengan harga yang ramah di saku. Tak mengherankan mengapa Kawaki dapat membeli sebungkus besar taiyaki berbagai variasi isian dengan uang sakunya. Kudapan manis ini juga digemari berbagai kalangan.

5. Taiyaki mirip seperti bungeoppang dan pernah menjadi tema untuk lagu terlaris di Jepang

5 Trivia Taiyaki, Kudapan Favorit Kawaki, Anak Angkatnya Naruto nih! taiyaki (Twitter/INI1999168)

Sekilas, taiyaki mirip dengan bungeoppang di Korea Selatan. Bentuk, cita rasa, dan isiannya pun serupa. Keduanya juga kerap dijual sebagai makanan jalanan.

Taiyaki digemari Kawaki di Boruto: Naruto Next Generations dan bungeoppang disukai Vincenzo di drama Vincenzo.

Taiyaki juga dijadikan tema lagu "Oyoge! Taiyaki-kun" oleh penyanyi Masato Shimon pada 1975 lalu. Lagu anak-anak ini menduduki peringkat pertama di tangga musik Oricon dan menjadi lagu terlaris di Jepang. Prestasi ini juga tercatat di Guinness World Records.

Wah, ternyata kudapan anak angkatnya Naruto ini begitu menarik, ya. Cita rasanya enak dan latar belakangnya juga unik. Jadi mau ditraktir taiyaki oleh Kawaki, nih! Varian rasa apa ya yang paling enak?

Lagu "Oyoge! Taiyaki-kun" oleh Masato Shimon  

https://www.youtube.com/embed/qWGfhXn6fzA

Baca Juga: Resep Korean Mochi Bread, Mudah Bikinnya dan tanpa Diuleni

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya