Comscore Tracker

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? 

Wajib dicoba paling tidak sekali seumut hidup

Berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia yang makanan pokoknya berupa nasi, penduduk Swiss biasanya lebih suka makan roti. Roti dapat menjadi makanan yang praktis, simpel, dan cukup mengenyangkan.

Roti juga bisa juga dijadikan sebagai makanan pendamping sup, daging, hingga sayuran. Berikut lima jenis roti khas Swiss yang paling disukai. Kamu wajib coba saat berkunjung ke sana.

1. Hefekranz

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? hefekranz (instagram.com/couch_magazin)

Hefekranz merupakan roti ragi yang memiliki rasa yang sedikit manis dengan bentuk seperti karangan bunga yang memiliki isian kismis. Hefekranz juga diberi bumbu dibumbui berupa kulit lemon. Roti ini tak hanya terkenal di seluruh Swiss, namun juga di Jerman.

Hefekranz semakin populer terutama pada waktu Paskah dan Natal. Pada saat itu, hefekranz disiapkan di banyak rumah dan toko roti di seluruh negeri.

2. Zopf

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? zopf (instagram.com/kim.s_cakebeat)

Zopf merupakan roti yang dibuat dengan tepung, mentega, ragi, susu, dan telur. Roti ini ditandai dengan teksturnya yang lembut dengan tampilan yang dikepang.

Biasanya, zopf dihidangkan selama akhir pekan dan dinikmati pada hari Minggu. Zopf paling sering disajikan dengan mentega dan selai buah. Roti ini diyakini telah ada sejak pertengahan abad ke-15. Zopf sendiri secara harfiah memiliki arti kepang yang mengacu pada bentuk roti.

Baca Juga: 6 Jenis Roti Lezat Asal Inggris, Ketagihan dari Sekali Coba!

3. Pane valle maggia

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? pane valle maggia (instagram.com/cuisinehelvetica)

Pane valle maggia merupakan roti tradisional yang terbuat dari campuran air, ragi, tepung rye, tepung terigu, dan garam laut. Semua bahan dicampur merata hingga membentuk adonan. Adonan lalu dibentuk menjadi boule dan selanjutnya mengalami proses pemanggangan hingga berubah menjadi kerak yang renyah.

Cara penyajian pane valle maggia adalah roti dipotong menjadi irisan tebal. Biasanya pane valle maggia dihidangkan dengan zaitun.

4. Pane Ticinese

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? pane ticinese (instagram.com/john.leemann)

Pane ticinese merupakan roti yang biasanya terdiri dari lima bagian. Potongan ini dimaksudkan untuk dipecah dengan tangan dan kemudian dibagikan.

Roti ini umumnya terbuat dari tepung, air, ragi, garam, dan minyak. Sebelum mengalami proses pemanggangan, adonan terlebih dahulu diolesi dengan susu atau telur.

Hal ini menghasilkan kerak cokelat keemasan yang bagus setelah dipanggang. Pane ticinese bisa dimakan langsung atau diolesi dengan selai beragam rasa.

5. Cuchaule

5 Jenis Roti Khas Swiss yang Paling Disukai, Sudah Tahu Belum? cuchaule (instagram.com/delimoon_)

Cuchaule merupakan roti warna kuning dengan rasa yang unik. Roti ini terbuat dari tepung, susu, gula, mentega, ragi, garam, telur, dan sejumput kunyit. Cuchaule umumnya dipanggang untuk festival panen Bénichon. Cunchaule paling umum dinikmati dengan olesan mustard dan mentega bénichon.

Mustard biasanya terbuat dari gula manisan, vin cuit, dan rempah-rempah yang mencakup kayu manis, cengkeh, serta adas bintang. Roti ini juga dapat dinikmati dengan menu pendamping apa pun yang manis atau gurih, seperti madu, keju, dan selai kacang.

Kelima roti khas Swiss di atas dapat dinikmati dengan selai, madu, hingga keju. Selain itu, roti juga dapat dijadikan menu sarapan yang simpel dan praktis.

Baca Juga: 9 Fakta Banitsa, Roti Pastry Gulung Khas Bulgaria yang Lezat

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya