Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!

Tak cukup satu suapan, nih

Olahan ikan khas Spanyol dapat menjadi salah satu hidangan lezat yang menemanimu saat berada di negara ini. Selain baik untuk tubuh, hidangan ini juga bisa menjadi menu andalan yang kelezatannya susah untuk ditolak.

Banyak pilihan olahan ikan yang akan bikin kamu susah memilih. Berikut lima olahan ikan khas Spanyol yang bisa bikin kamu ketagihan dalam sekali coba.

1. Pescado seco

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!pescado seco (instagram.com/ana_pinzon_food_stylist)

Pescado seco umumnya dibuat dengan cara membersihkan, memotong, mengasinkan, dan selanjutnya menjemur ikan di luar yang berada di bawah sinar matahari dan angin. Hidangan ini umumnya mencakup dua spesialisasi ikan tradisional yang bernama jareas dan tollos.

Umumnya, pescado seco menggunakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil. Ikan akan dipiotong, diasinkan, dan selanjutnya dibiarkan kering di bawah sinar matahari selama sekitar empat hari. Dalam proses ini, ikan akan memperoleh rasa yang khas, kaya rasa, dan daging yang keras.

2. Marmitako

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!marmitako (instagram.com/cocinandoalacarrera)

Tuna bisa menjadi salah satu bahan dalam pembuatan sup yang nikmat. Salah satu hidangan yang akan membuat ketagihan adalah marmitako. Rebusan tuna yang dibuat dalam pot dengan tambahan beragam bahan lain, seperti kentang, tomat, cabai, dan bawang. 

Pada awalnya, hidangan ini ditemukan di kapal penangkap ikan yang berada di dekat pantai Spanyol dan tuna menjadi pilihan paling otentik. Namun, saat ini terdapat beragam variasi hidangan, tergantung pada jenis ikan yang dipilih dalam persiapannya.

Baca Juga: Ikan Segar vs Ikan Beku, Mana yang Lebih Sehat?

3. Bacalao a la Vizcaina

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!bacalao a la vizcaina (instagram.com/cocinafacil)

Bacalao a la vizcaina adalah sup yang terbuat dari fillet ikan cod asin dalam saus vizcaina. Sausnya terbuat dari bawang merah, bawang putih, dan pureé lada choricero. Banyak orang yang juga suka menambahkan tomat ke dalam campurannya.

Cara pembuatannya adalah masak ikan terlebih dahulu, lalu tuangkan saus di atas fillet ikan. Makanan ini secara tradisional dihidangkan dalam keadaan hangat.

4. Mojama

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!mojama (instagram.com/benat.alonso)

Mojama merupakan hidangan yang dibuat dengan fillet tuna kering yang diawetkan. Tuna secara tradisional dikeringkan selama setidaknya tiga minggu hingga daging fillet menyusut dan berubah warna menjadi cokelat kemerahan.

Umumnya, daging ikan tuna akan dihidangkan sebagai makanan pembuka atau makanan ringan. Namun daging juga dapat dikombinasikan ke dalam salad atau dipasangkan dengan ikan teri, roti, dan zaitun. 

5. Bacalao al pil-pil

5 Olahan Ikan Khas Spanyol yang Paling Nikmat, Awas Ketagihan!bacalao al pil-pil (instagram.com/casamonobarjamon)

Bacalao al pil-pil hanya memerlukan bahan dalam proses pembuatannya. Bahan ini adalah cod garam, minyak zaitun, bawang putih, dan cabai. Cara pembuatannta adalah ikan cod dimasak dalam minyak zaitun dan ditambahakan dengan bawang putih dan cabai.

Proses tersebut memerlukan waktu antara 15-30 menit. Hasil akhirnya adalah saus krim yang disendokkan di atas ikan cod sebelum dihidangkan. Hidangan ini biasanya dihiasi dengan sisa bawang putih dan cabai. Makanan ini juga paling lezat saat disajikan saat masih panas atau hangat.

Olahan ikan khas Spanyol memang tak pernah gagal dalam memanjakan lidah penikmatnya. Pastikan kamu mencoba salah satu menu di atas saat mengunjungi Spanyol, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Paella Khas Spanyol, Menu Tradisional Nasi Kaya Rempah

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya