Comscore Tracker

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!

Dibikin jatuh cinta sekali coba #LokalIDN

Camilan menjadi salah satu makanan yang biasanya digunakan untuk mengganjal perut. Tak jarang pula yang menjadikannya sebagai sajian saat berkumpul bersama teman atau keluarga.

Purwokerto memiliki banyak camilan dengan rasa yang gurih dan pastinya terkenal lezat. Sajian ini bisa dijadikan oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.

Penasaran apa saja camilan gurih khas Purwokerto? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Keripik tempe

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!keripik tempe (instagram.com/oleholehpurwokerto_)

Keripik tempe adalah makanan yang menjadikan kedelai yang telah diolah menjadi tempe sebagai bahan dasarnya. Cara pembuatannya pun cukup sederhana yaitu dengan mengiris tipis tempe dan mencampurkannya dengan bumbu khusus dan digoreng kering. Proses tersebut menghasilkan rasa gurih dengan tekstur yang renyah.

Bagi yang suka dengan cita rasa pedas, bisa disantap dengan cabai rawit atau cocolan sambal kecap. Sajian ini juga sangat cocok dijadikan camilan untuk menemani minum kopi atau teh.

2. Mendoan purwokerto

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!mendoan purwokerto (instagram.com/iok_sarie)

Mendoan merupakan hidangan khas Purwokerto yang memiliki keunikan baik dari segi rasa maupun bentuknya. Camilan ini umumnya dinikmati dalam keadaan lembek. Namun beberapa juga disajikan berkulit crispy, tetap tidak kering yang biasa disebut dengan nama mendoan kriuk. Irisan tempenya juga khas, yaitu tipis.

Saat dinikmati, camilan ini akan terasa begitu gurih dan nikmat. Beberapa orang juga menyantapnya dengan cabai rawit atau cocolan sambal kecap untuk memperkaya rasa.

Baca Juga: Resep Empal Kupat, Kuliner Khas Purwokerto yang Kaya Rasa

3. Lumpia boom

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!lumpia boom (instagram.com/elunna_snackstore)

Lumpia boom sebenarnya adalah tempat makan populer yang terletak di sekitar komplek Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Di sini terdapat beragam menu lumpia dengan aneka pilihan isi seperti ayam, baso, jagung, jamur, udang, cumi, dan masih banyak lagi.

Seperti namanya, ukurannya pun terbilang besar dengan kulit yang agak kering. Kuliner ini pun terkenal sangat enak dan lezat saat disantap. Bisa pula disajikan dengan nasi atau dicocol dengan sambal.

4. Dage

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!dage (instagram.com/infolokerbrebes)

Dage menjadi salah satu jenis camilan yang digoreng. Dage dibuat dari ampas olahan kedelai dan merupakan salah satu varian tempe.

Makanan ini dibagi menjadi varian berdasarkan bentuknya misalnya saja dage bal yang mempunyai bentuk persegi empat dan berwarna cokelat keabu-abuan. Jika digoreng, rasanya akan menjadi kombinasi gurih dan manis.

Sedangkan dage mugas saat ini telah jarang ditemukan. Ini memiliki bentuk kubus dengan warna abu pekat dan rasanya lumayan aneh.

5. Kraca

5 Camilan Gurih Khas Purwokerto, Bikin Nelan Ludah!kraca (instagram.com/purwokertoyummy)

Kraca menjadi camilan yang cukup laris, terutama pada saat bulan Ramadan yang disajikan sebagai menu buka puasa. Meskipun demikian, kraca tetap mudah ditemukan setiap hari di Purwokerto.

Kraca dibuat dari hewan berjenis siput air. Kemudian direbus selama 4-5 jam. Setelahnya dimasak menggunakan rempah-rempah. Untuk rasanya, tentu tak diragukan lagi yakni gurih dan nikmat.

Beberapa camilan gurih di atas terkenal akan kenikmatannya. Oleh karena itu saat berkunjung ke Purwokerto sempatkanlah untuk mencicipinya. Jangan lupa membawanya pulang sebagai oleh-oleh, ya!

Baca Juga: 9 Potret Taman Apung Mas Kemambang, Wisata Rekreasi Baru di Purwokerto

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya