Comscore Tracker

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa Unik

Rasa uniknya bikin ketagihan!

Sushi adalah hidangan asal Jepang yang telah mendunia. Hampir di setiap negara terdapat rumah makan yang menghidangkan makanan asal Jepang tersebut. Salah satu makanan yang mungkin asing bagi para wisatawan adalah funazushi.

Makanan ini ternyata merupakan nenek moyang atau asal muasal makanan sushi ada. Hidangan khas ini merupakan bagian dari budaya di Prefektur Shiga. 

Berikut sembilan fakta menarik funazushi, nenek moyang makanan sushi yang mempunyai rasa yang unik. Penasaran?

1. Funazushi merupakan asal muasal adanya makanan sushi yang menjadi salah satu makanan kebanggaan penduduk Jepang 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/nodomingotem)

2. Berbeda dengan sushi, makanan ini tidak menjadikan daging mentah untuk disantap, melainkan hasil fermentasi ikan funa 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/i.acoca)

3. Cara pembuatannya yaitu dengan cara ikan funa ditaburi dengan menggunakan garam 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/curi_cara_3)

4. Prosesnya juga cukup lama, yaitu selama satu tahun dan selanjutnya diganti dengan beras yang terfermentasi selama empat tahun 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/tomohiroichinose)

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Narezushi, Sushi Pertama di Jepang dengan Rasa Unik

5. Setelah semua proses dijalankan, ikan yang mengalami proses fermentasi tersebut diiris tipis atau bisa juga dipakai sebagai bahan dari hidangan lain 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/kobayashi.oman)

6. Makanan ini mempunyai tekstur yang lembut dan tak sedikit penikmatnya yang membandingkan cita rasanya dengan rasa cairan amonia 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/tetsu.q0_0p)

7. Makanan ini mempunyai bau yang cukup menyengat. Namun semakin busuk bau yang dihasilkan, maka dianggap semakin berkualitas

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/masatoshi_motoki)

8. Agar bau yang ditimbulkan tak begitu mengganggu, maka umumnya makanan ini disantap berdampingan dengan sake 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/nodomingotem)

9. Namun bagi yang tak menyukai sake, maka bisa juga direndam dalam air teh dan jahe 

9 Fakta Menarik Funazushi, Nenek Moyang Sushi dengan Rasa UnikFunazushi, asal muasal keberadaan sushi (Instagram.com/tetsu.q0_0p)

Funazushi merupakan makanan yang cukup unik asal Jepang. Rasanya yang unik justru membuatnya banyak dijadikan makanan favorit oleh sebagian orang.

Baca Juga: 5 Cara Makan Sushi yang Benar, tapi Belum Banyak Orang Tahu

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya