Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  

Ide menu makan spesial dan pastinya unik

Rusia adalah salah satu negara yang tak perlu diragukan lagi dalam hal kulinernya. Salah satu hidangan yang paling mencuri perhatian adalah olahan dagingnya. Hidangan ini terkenal akan aromanya yang sedap dengan daging yang empuk dan lembut.

Selain itu, olahan daging asal Rusia ini juga mempunyai tampilan yang sungguh menggugah selera. Berikut lima olahan daging asal Rusia dengan rasa yang istimewa.

1. Golubtsy

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  golubtsy (instagram.com/dan_glass_cooks)

Golubtsy merupakan makanan yang berupa gulungan kubis yang diberi isian daging giling yang dikombinasikan dengan nasi atau soba. Isiannya pun juga tak harus nasi dan daging, namun juga bisa dengan bahan lainnya.

Hidangan ini mempunyai arti merpati kecil. Hal ini mengacu pada praktik aristokrat abad ke-18 dalam memanggang merpati. Makanan ini secara tradisional dilengkapi dengan satu atau dua sendok krim asam di sampingnya.

2. Beef stroganoff

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  beef stroganoff (instagram.com/hannahshangryeats)

Beef stroganoff merupakan makanan yang dibuat dengan potongan daging sapi yang ditumbuk ringan dan kemudian dimasak dengan menggunakan saus sederhana yang dibuat dengan kaldu dan mustard dengan sedikit krim asam.

Hidangan ini dapat dinikmati bersamaan denga pasta, nasi, kentang goreng, hingga telur goreng. 

Resep pertama dari hidangan ini yang diketahui muncul di "A Gift to Young Housewives" yang menjadi karya Elena Molokhovets, yang dipublikasikan pada tahun 1871.

Baca Juga: 5 Ragam Kaviar Asal Rusia yang Bikin Hidangan Makin Mewah dan Lezat

3. Königsberger klopse

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  königsberger klopse (instagram.com/felixkochbook)

Bakso sejak lama menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Saat berada di Rusia, cobalah hidangan yang bernama königsberger klopse. Hidangan gurih ini terdiri dari bakso dalam saus putih yang dihidangkan dengan kentang rebus dan irisan bit acar. 

Biasanya bakso paling sering menggunakan daging sapi cincang dan tambahan seperti sedikit ikan teri, sarden, atau herring yang sangat kontras dengan caper dalam saus putih.

4. Pozharsky cutlet

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  pozharsky cutlet (instagram.com/romek_samolot)

Jika ingin merasakan hidangan Rusia yang telah ada sejak abad ke-19, maka bisa mencoba makanan yang bernama pozharsky cutlet. Hidangan ini mendapatkan namanya setelah Pangeran Pozharsky, mempunyai tamu penting untuk makan malam pada saat itu.

Karena tidak tersedia daging sapi muda, yang merupakan favorit tamunya, sang pangeran menyuruh para koki untuk membuat irisan daging ayam dan makanan baru pun lahir.

Hidangan ini terbuat dari ayam giling yang diberi lapisan berupa tepung roti dan digoreng dengan menggunakan mentega. Hidangan ini dilengkapi dengan kentang panggang, kacang hijau, atau sayuran serupa.

5. Avar khinkal

5 Hidangan Berbahan Daging Asal Rusia, Langsung Bikin Ngiler!  avar khinkal (instagram.com/oma.koti)

Bagi pencinta daging sapi atau kambing, kamu dapat menikmati kelezatan dari avar khinkal. Makanan ini dibuat dengan daging domba rebus atau bisa juga menggunakan daging sapi.

Adonan khinkal terbuat dari campuran tepung, kefir, garam, dan soda kue. Selanjutnya daging direbus, lalu disusun di atas piring dengan adonan. Makanan ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari tomat, mentega, dan bawang putih.

Beraneka ragam olahan daging dengan rasa maknyus bisa dicicipi saat berada di Rusia. Kamu pasti suka dengan rasa dan aromanya!

Baca Juga: 9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medis

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya