Comscore Tracker

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream 

Ada yang bernama bajingan, lho! #LokalIDN

Temanggung tak hanya terkenal dengan beragam hidangannya yang nikmat. Sebab daerah ini juga mempunyai nama-nama unik untuk aneka kulinernya.

Jika berkunjung ke Temanggung, maka tak perlu kaget jika mendengar kata "bajingan", karena bisa jadi itu adalah nama dari sebuah makanan dengan rasa manis. Belum lagi ndas borok yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia mempunyai arti yang cukup menakutkan.

Berikut beberapa hidangan khas Temanggung yang mempunyai nama unik. Dijamin bikin penasaran deh!

1. Ndas borok

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream ndas borok (instagram.com/nath.tasa)

Makanan pertama yang mempunyai nama unik dan tak biasa adalah ndas borok. Ndas mempunyai arti kepala, sedangkan borok berarti borokan atau luka lecet yang mengerikan.

Tak seperti namanya yang menakutkan, sajian ini terkenal lezat. Hidangan ini terbuat dari singkong dan kelapa parut yang diberi topping gula merah di atasnya. Kombinasi rasa gurih yang berasal dari singkong dan kelapa parutnya, serta rasa manis pada gulanya tentu membuat penikmatnya tak cukup sekali coba.

2. Balung kluwuk

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream balung kluwuk (instagram.com/don_masak)

Makanan selanjutnya yang tak kalah unik adalah balung kluwuk. Jika diartikan, balung sendiri berarti “tulang”, karena sajian ini nampak seperti tulang yang kering.

Orang Temanggung sering menyebutnya sebagai keripik. Sajian ini dibuat dengan ketela pohon atau singkong yang dipotong tipis-tipis, lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Setelahnya diberi bumbu pedas seperti, saus tomat, cabai, dan gula; kemudian digoreng hingga matang merata.

Baca Juga: 5 Olahan Nasi Khas Temanggung, Rasanya Nikmat Banget!

3. Bajingan

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream bajingan (instagram.com/sandrarisma)

Bajingan menjadi nama "tak biasa" lainnya yang melengkapi macam kuliner khas Temanggung. Makanan ini dibuat dari singkong yang dipotong kecil-kecil, kemudian direbus dan diberi tambahan gula merah cair yang membuatnya semakin menggiurkan.

Tidak semua singkong bisa digunakan, melainkan harus singkong yang empuk. Sajian ini bewarna kecokelatan yang tentu menambah selera untuk segera menyantapnya.

Kuah manisnya juga semakin menambah kelezatannya.

4. Entho cothot

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream entho cotot (instagram.com/omahpancawarna)

Entho cotot adalah camilan yang menjadikan singkong sebagai bahan dasarnya. Olahan singkong digoreng dan selanjutnya diberi tambahan gula pasir yang dicairkan. 

Hidangan ini mempunyai kombinasi rasa gurih yang berasal dari olahan singkong dan manis dari gula pasir. Setelah digigit, maka akan keluar cairan manis yang membuatnya tambah nikmat.

Tak harus ke Temanggung, kini kudapan ini dapat dipesan secara online. Cukup praktis, kan?

5. Empis-empis tahu tempe

5 Kuliner Unik Khas Temanggung dengan Nama yang Anti Mainstream empis-empis tahu tempe (instagram.com/ningidaa)

Bagi kamu pencinta makanan pedas, maka empis-empis tahu tempe bisa menjadi pilihan menu yang tepat. Hidangan ini terdiri dari cabe rawit, tomat, bawang, santan, tahu, tempe, udang dan bahan-bahan dasar lainnya. Bahan-bahan tersebut menghasilkan cita rasa yang gurih, asin, dan pedas.

Biasanya pendamping empis-empis tahu tempet adalah nasi hangat. Karena bahan yang terbilang cukup mudah didapat dan cara pembuatannya yang tergolong praktis, maka kamu dapat membuatnya sendiri di rumah.

Dari potretnya saja, hidangan khas Temanggung ini sungguh menggiurkan. Kalau kamu disuruh memilih, sajian yang mana nih yang akan kamu santap duluan?

Baca Juga: Info Pikatan Water Park Temanggung: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya