Comscore Tracker

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Gurihnya maknyus!

Sebagai salah satu negara tetangga, Singapura juga mempunyai beragam kuliner yang sama dengan Indonesia. Sehingga banyak hidangan asal negara tersebut yang cocok denga lidah orang-orang Indonesia.

Salah satunya adalah olahan nasinya. Singapura mempunyai banyak olahan nasi yang terbuat dari aneka bumbu yang membuatnya gurih dan kaya rasa. Hidangan ini juga mempunyai beragam hiasan yang membuatnya makin menggoda selera.

Berikut lima olahan nasi khas Singapura yang bisa jadi inspirasi masakan anyar di rumah. Kamu wajib coba salah satunya, deh!

1. Hainanese chicken rice

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Laparhainanese chicken rice (instagram.com/girlfromcalifornia)

Hainanese chicken rice adalah makanan yang dibuat dengan ayam kukus yang dipotong-potong seukuran gigitan, selanjutnya dihidangkan dengan nasi putih yang harum. Ketika diaduk, makanan ini disiram dengan kecap dan minyak wijen, serta dihidangkan dengan irisan mentimun dan saus cabai pedas. Ada juga yang menambahkan sayuran hijau lainnya, telur rebus, atau telur goreng sebagai pelengkap.

2. Nasi goreng kampung

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Laparnasi goreng kampung (instagram.com/kiatthiam2000)

Tak hanya di Singapura, nasi goreng kampung ini juga dapat dijumpai di Indonesia dan Malaysia. Terdapat banyak resep dalam proses pembuatannya. Namun olahan nasi ini paling sering dibuat dengan kombinasi nasi, bawang bombai, bawang merah, bawang putih, cabai, teri, minyak, kangkung, telur, dan garam.

Cara pembuatannya, pertama-tama haluskan bawang bombai, bawang merah, bawang putih, dan cabai, kemudian digoreng dengan minyak teri. Selanjutnya nasi, telur, dan kangkung ditambahkan ke dalam wajan. Semua campuran bahan tersebut digoreng selama beberapa menit. 

Setelah semua proses selesai, hidangan ini paling nikmat saat dihidangkan dalam keadaan yang masih panas. Sebagai pelengkap hidangan, kamu bisa menghiasnya dengan irisan tomat atau mentimun dan beberapa ikan teri kering.

Baca Juga: Resep Nasi Ayam Hainan, Lezat Disantap Saat Musim Hujan

3. Duck rice

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Laparduck rice (instagram.com/weeteck)

Duck rice adalah hidangan yang mengkombinasikan nasi putih dan bebek panggang atau rebus. Bila mengalami proses pemanggangan, maka berbagai bumbu seperti kayu manis, jahe, atau adas manis diletakkan di dalam bebek yang selanjutnya digantung dan dipanggang hingga renyah. Sementara itu, versi yang direbus umumnya dimasak perlahan dalam kaldu yang diberi banyak bumbu.

Bebek dapat disiapkan dan dihidangkan dengan dua cara, yaitu hokkien atau teochew. Cara hokkien biasanya menyiram daging bebek dengan kecap asin yang kental dan beraroma. Sementara yang teochew umumnya daging dihidangkan dengan cara diiris dan dilengkapi dengan saus yang lebih ringan. Biasanya, duck rice dilengkapi dengan tahu, sayuran, atau telur rebus, dan saus pedas.

4. Nasi goreng USA

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Laparnasi goreng USA (instagram.com/jundakhoo_hojiak)

Nasi goreng USA tak hanya menjadi olahan nasi terkenal di Singapura, tapi juga di Malaysia, Thailand, bahkan Indonesia. Varian nasi goreng ini dibedakan dengan tambahan bahan pelengkapnya yang mencakup ayam, cumi, udang, tomat, ketimun, dan terkadang telur goreng.

Olahan nasi ini terbuat dari kombinasi nasi, minyak, bawang putih, jahe, ayam, udang, cumi, sambal, cabai, bawang, tomat, saus tiram, kecap, lada putih, wortel, dan mentimun. Semua bahan ditumis hingga matang sempurna. Setelah semua proses selesai, makanan ini menjadikan irisan tomat dan mentimun sebagai hiasan.

5. Nasi goreng kambing

5 Olahan Nasi Khas Singapura yang Kelezatannya Mengundang Laparnasi goreng kambing (instagram.com/whatthehaloumi)

Kambing bisa menjadi kombinasi yang baik saat dipadukan dengan nasi goreng, maka muncul lah nasi goreng kambing. Makanan ini umumnya terbuat dari bahan-bahan, seperti nasi, daging kambing cincang, wortel, bawang merah, bawang putih, daun kari, hingga terasi.

Cara membuat nasi goreng ini pun sama seperti kebanyakan nasi goreng pada umumnya. Kamu bisa menyajikan variasi hidangan ini saat sedang kumpul bersama keluarga atau untuk santapan di perayaan tertentu.

Kelima olahan nasi khas Singapura di atas tak hanya terkenal di negara asalnya, tapi juga di negara-negara tetangganya. Kamu sudah pernah coba yang mana aja, nih?

Baca Juga: 5 Restoran Ayam Goreng ala Korea Terlezat di Singapura, Bikin Ngiler!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya