Comscore Tracker

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! 

Menggoda selera makan, nih

Pie merupakan salah satu jenis kue yang digemari oleh sebagian orang. Selain karena rasanya yang nikmat, pie juga mempunyai variasi rasa, mulai dari manis, gurih, asam, hingga asin. Banyak negara yang mempunyai pie khas andalan. Misalnya saja Kroasia. 

Negara ini mempunyai beragam pie yang menggugah selera. Selain itu, pie khas negara ini juga terkenal di kalangan para wisatawan yang melancong ke Kroasia.

Berikut 5 pie paling populer di Kroasia. Rasanya yang nikmat, apa salah satunya pernah kalian coba?

1. Rudarska greblica

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! rudarska greblica (instagram.com/zagreb.gourmet)

Rudarska greblica merupakan pie gurih yang terdiri dari isian keju yang dibungkus rapi di antara dua lapisan adonan tipis. Pie mempunyai isi yang diperkaya dengan bahan-bahan lain, seperti kenari dan daun bawang. Sebelum dipanggang, seluruh pie akan diolesi dengan krim asam.

Pie ini pertama kali muncul pada abad ke-16. Makanan ini mendapatkan namanya dari lokasi asalnya dan alat penggaruk abu tradisional yang disebut greblica.

2. Viška pogača

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! viška pogača (instagram.com/gourmet_welt_as)

Viška pogača merupakan pie gurih Kroasia yang berasal dari pulau Vis. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan pie antara lain, tepung, garam, ragi, dan air hangat. 

Menu ini paling enak disajikan dalam keadaan yang masih hangat yang umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka.

Baca Juga: 5 Olahan Pie Ini Terbuat dari Bahan yang Tak Biasa, Tahu Pie Udara?

3. Poljički soparnik

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! poljički soparnik (instagram.com/zorica_banovic)

Poljički soparnik merupakan pie sederhana yang diisi dengan sayuran. Pie ini secara tradisional dibuat di wilayah Poljica, khususnya di Dalmatia.

Bahan-bahan pembuatannya, yaitu terdiri dari tepung, garam, dan air. Pie juga diisi dengan lobak dan bawang merah yang tersebar di antara dua lembar adonan yang digulung tipis.

Cara pemanggangannya, yaitu pie diletakkan di atas bara panas yang ditutupi abu. Kemudian ditusuk beberapa kali untuk mengeluarkan uap. Selanjutnya dimasak dalam waktu yang singkat.

Setelah melalui proses pemangggangan, abunya disapu dan pie diolesi dengan minyak zaitun dan bawang putih yang dihancurkan atau dicincang halus.

4. Ogulinska masnica

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! ogulinska masnica (instagram.com/marijanslat)

Ogulinska masnica merupakan pie tradisional Kroasia yang berasal dari Ogulin. Pie ini harus selalu dihidangkan dalam keadaan yang panas. Seiring perkembangan zaman, tercipta beberapa variasi, misalnya saja menghilangkan bawang atau menambahkan krim ke dalam isian.

5. Komiška pogača

5 Pie Paling Populer di Kroasia, Rasanya Mantap Banget! komiška pogača (instagram.com/slavicasagolj)

Komiška pogača merupakan pie gurih tradisional Kroasia yang berasal dari Komiža. Pie ini dibuat dengan tambahan saus tomat yang membuatnya lebih beraroma dan lebih segar.

Untuk isian pie menggunakan bawang bombai, tomat, teri, dan bumbu. Sebelum disajikan, disarankan untuk mengolesi pie dengan minyak zaitun, agar semakin nikmat.

Pie merupakan salah satu hidangan pembuka atau pun penutup yang populer. Selain itu, pie juga bisa menjadi kudapan yang lezat dan nikmat untuk menemani waktu bersantai.

Baca Juga: 11 Ragam Pie Khas Inggris, Comfort Food untuk Semua Kalangan 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya