Comscore Tracker

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!

Yang hobi nyemil, cobain yuk!

Setiap negara tentunya mempunyai beragam camilan yang lezat dan menjadi andalannya. Tak terkecuali Filipina. Negara ini kaya akan makanan berupa camilan yang gurih dan juga manis.

Kudapan ini juga bisa dijadikan menu sarapan yang mengenyangkan atau menjadi street food yang populer. Berikut lima ragam kudapan khas Filipina, siap-siap dibuat ketagihan!

1. Butsi

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!butsi (instagram.com/sarisarisatx)

Butsi adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat kecil. Kemudian di dalamnya diisi dengan berbagai isian manis yang mencakup kacang hijau manis, teratai krim, pasta kacang merah, atau kelapa parut.

Makanan ini umumnya dilapisi dengan biji wijen dan digoreng hingga berwarna keemasan. Makanan ini renyah, bertekstur kenyal, dan memiliki isian yang creamy.

2. Taho

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!taho (instagram.com/familyfoodie.to)

Taho merupakan makanan yang terbuat dari tahu lembut segar yang kemudian disiram dengan sirup arnibal. Makanan ini juga umumnya ditaburi mutiara sagu.

Taho biasanya menggunakan jenis tahu paling lembut, yang dikenal sebagai tahu sutra. Tahu ini bertekstur lembut dengan konsistensi yang sangat lembut pula.

Cara pembuatannya yaitu tahu dipanaskan atau dikukus sebentar, lalu ditutupi dengan sirup arnibal manis dan diperkaya dengan rasa vanila ringan. Taho juga dapat menjadi menu sarapan yang manis yang cukup mengenyangkan perut.

Baca Juga: Resep Buko Pandan, Dessert Khas Filipina yang Segarnya Bikin Mood Naik

3. Proben

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!proben (instagram.com/eatwellpinas)

Proben merupakan makanan yang terbuat dari proventriculus yaitu organ ayam yang dalam banyak hal mirip dengan ampela ayam. Lalu bahan ini dilapisi tepung atau tepung jagung. Setelah dilapisi lalu segera digoreng sampai bagian luarnya menjadi cokelat keemasan dan renyah.

Makanan ini biasanya disajikan dalam kantong plastik atau ditusuk.

Proben menjadi salah satu street food paling terkenal di negara ini. Makanan ini telah hadir untuk mewakili salah satu ragam makanan jalanan paling populer di Filipina.

4. Cascaron

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!cascaron (instagram.com/keeping.it.relle)

Cascaron atau sering disebut bitsu bitsu merupakan kudapan manis yang berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang kenyal. Gorengan ini umumnya dihidangkan bersama dengan sirop manis. Makanan ini terbuat dari tepung ketan manis, kelapa parut, dan santan.

Cara pembuatannya yaitu adonan dibentuk menjadi bola bulat kecil, kemudian digoreng hingga berwarna keemasan dan renyah di bagian luar.

Cascaron tetap enak meski disajikan polos dan akan makin nikmat saat disiram dengan beragam sirup manis.

5. Maruya

5 Ragam Kudapan Khas Filipina, Siap-Siap Dibikin Ketagihan!maruya (instagram.com/kevinmadrid18)

Maruya merupakan makanan berupa pisang goreng khas Filipina. Cara pembuatannya yaitu pisang yang diiris atau dihaluskan. Lalu ditaburi dengan tepung dan selanjutnya digoreng hingga garing.

Pisang yang umumnya digunakan adalah pisang saba Filipina. Gorengan ini tersedia dalam berbagai bentuk yang sering dihidangkan dengan sedikit taburan gula.

Menu ini tidak terlalu berat namun cukup mengenyangkan sehingga paling sering dihidangkan sebagai camilan ringan, sarapan manis, atau hidangan penutup sore yang mengenyangkan. Gorengan ini mudah ditemukan di warung pinggir jalan yang tersebar di seluruh Filipina.

Kudapan khas Filipina di atas terlihat menggoda iman dari tampilannya ya! Mana nih yang paling menarik perhatianmu?

Baca Juga: 10 Potret Pulau Mactan, Wisata Pesisir Paling Menakjubkan di Filipina

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya