Comscore Tracker

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!

Enak dan tentunya bergizi

Prancis merupakan salah satu negara yang terkenal akan beragam kulinernya yang telah mendunia. Banyak wisatawan yang datang setiap tahunnya ke sini dan mencoba berbagai makanan khas yang mempunyai kelezatan rasa yang tak diragukan lagi. Namun bagi yang sedang berdiet, salad bisa menjadi alternatif makanan sehat yang cukup mengenyangkan.

Negara ini mempunyai beragam salad yang bisa menjadi pilihan. Selain sehat, salad ini juga memilih sayuran segar yang berkualitas untuk disajikan. Berikut lima salad khas Prancis yang nikmat, bisa dijadikan untuk menu diet!

1. Salade Paysanne

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!salade paysanne (Instagram.com/firstofseptember)

Salade paysanne atau salad petani adalah salad tradisional khas Prancis yang cukup populer. Dalam pembuatannya memerlukan selada atau endive, ham, lardons, keju seperti gruyere atau roquefort, kenari, tomat, kentang, dan telur rebus.

Makanan bergizi ini dapat ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti kacang hijau, anggur, lentil Puy, peterseli, atau crouton.

Untuk menambah cita rasa agar semakin nikmat, maka juga ditambahkan dengan minyak zaitun, minyak kenari, cuka, mustard Dijon, dan bawang putih tumbuk.

2. Salade Aveyronnaise

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!salade aveyronnaise (Instagram.com/angelinea46)

Salade aveyronnaise memerlukan bacon dan keju roquefort sebagai bahan utamanya. Untuk bahan lainnya adalah bawang putih, kemangi, dan bayam atau daun salad lainnya. Salad akan dihias dengan vinaigrette yang ditambahkan dengan cuka sherry dan minyak zaitun yang rasanya lembut. 

Untuk menambah cita rasa, salad juga bisa ditambahkan dengan lebih banyak keju dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 7 Pie Khas Prancis yang Paling Populer, Sedap Bikin Nagih! 

3. Salade Lyonnaise

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!salade lyonnaise (Instagram.com/quotidien.food)

Salade lyonnaise merupakan salad yang memerlukan bahan-bahan seperti selada, bacon, crouton, dan telur rebus yang diletakkan di atasnya dalam pembuatannya. Salad yang berasal dari kota Lyon ini merupakan salah satu salad yang paling populer di Perancis, sehingga mudah ditemukan di banyak tempat makan. 

Makanan lezat dan bergizi ini juga mewakili masakan khas Lyonnaise, yang dimulai pada tahun 1500-an saat Catherine de Medici memberi tahu koki untuk membuat hidangan baru dari berbagai bahan yang ditemukan di seluruh Prancis.

4. Salade Niçoise

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!salade niçoise (Instagram.com/yunabe67)

Salade niçoise merupakan salad yang berasal dari Nice di wilayah Provence Prancis. Salad ini cukup mengenyangkan sehingga dapat dijadikan hidangan utama. Salad ini terdiri dari bahan-bahan seperti tomat segar, ikan teri, zaitun hitam, caper, kacang-kacangan, dan sedikit perasan lemon.

Umumnya, salad ini dibumbui dengan bumbu Provençal tradisional seperti minyak zaitun, bawang putih, dan kemangi.

5. Salade Landaise

5 Salad Khas Prancis yang Nikmat, Bisa Dijadikan untuk Menu Diet!salade landaise (Instagram.com/pupilles_papilles)

Salade landaise merupakan makanan tradisional Prancis yang berasal dari daerah Landes, yang terkenal dengan bebek dan kenari. Dalam pembuatannya, memerlukan dada bebek, ampela atau confit, daun selada, bacon, tomat ceri, kenari, dan crouton.

Cara pembuatannya yaitu daging bebek dipanggang dan dipotong, selanjutnya daging digabungkan dengan bahan lainnya dan dibalut dengan kombinasi mustard, cuka, madu, bawang bombay, minyak zaitun, dan kucai. Secara tradisional, potongan bebek disusun di atas salad.

Prancis mempunyai banyak salad lezat dan mengenyangkan. Salah ini juga memiliki beragam rasa yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 8 Sup Khas Prancis dengan Cita Rasa Unik, Cocok Menghangatkan Tubuh

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya