Comscore Tracker

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!

Kamu mau coba yang mana, nih?

Latvia, negara yang terletak di kawasan Laut Baltik dan berbatasan dengan Estonia dan Lithuania ini memiliki ragam kekayaan kuliner yang menggugah selera. Banyak makanan populer Latvia yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi kamu yang menyukai penjelajahan kuliner mancanegara, sempatkanlah untuk mencicipi berbagai makanan khas dari Latvia. Memangnya, ada makanan enak apa saja di negara tersebut? Yuk cari tahu bersama!

1. Rupjmaize

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!Rupjmaize, roti khas Latvia (instagram.com/home_baking_london)

Bagi yang suka makan roti, mencoba Rupjmaize tidak boleh dilewatkan. Rupjmaize adalah roti tradisional Latvia yang terbuat dari whole-grain rye yang dibentuk memanjang dan dipanggang dengan oven tungku.

Rupjmaize memiliki rasa manis dan asam. Orang Latvia biasanya memakan Rupjmaize dengan ikan asap dan keju dengan rasa yang tajam seperti Roquefort.

2. Frikadeļu Zupa

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!Frikadeļu zupa, sup bola daging khas Latvia (instagram.com/atkal_forma)

Frikadeļu Zupa adalah sup dengan ‘bakso’ daging. Bahan utama untuk bola daging bisa menggunakan daging sapi, daging babi, atau kombinasi daging tersebut yang digiling, dicampur dengan tepung, tepung panko, susu, telur, dan bawang.

Bahan pelengkap bola daging adalah wortel, seledri, kentang, dan air. Semuanya dimasak bersamaan hingga matang. Frikadeļu Zupa disajikan dengan krim asam dan potongan parsley atau dill.

3. Aukstā Zupa

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!Aukstā Zupa, sup merah muda khas Latvia yang terbuat dari bit (instagram.com/elizezaluma)

Aukstā Zupa atau Latvian Beet Soup adalah sup dingin dari Latvia. Keunikan sup ini terletak pada warna merah muda yang khas karena berasal dari bit itu sendiri.

Selain bit, bahan-bahan yang ditambahkan ada mentimum, telur rebus, kefir, dan milk sausage. Daun bawang dan juga dill harus ditambahkan, serta sentuhan cuka bisa diberikan bagi mereka yang suka.

Sup disajikan dengan beberapa potong dark bread. Rasanya unik dan menyegarkan, tidak heran jika Aukstā Zupa jadi menu andalan di musim panas.

4. Kliņģeris

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!Kliņģeris, kue ulang tahun khas Latvia berbentuk pretzel besar (instagram.com/ramkalni)

Latvia punya kue ulang tahun tradisonal yang disebut dengan Kliņģeris. Bentuknya seperti pretzel dengan ukuran besar. Terbuat dari tepung, mentega, telur, heavy cream, ragi, gula, kunyit, air, raisin, kapulaga, lemon zest, dan orange zest.

Adonan tersebut diolesi dengan telur dan diberi taburan almond sebelum dipanggang. Setelah jadi, Kliņģeris diberi taburan gula halus dan siap disajikan dalam keadaan hangat.

5. Pīrādziņi

5 Sajian Menggugah Selera dari Latvia, Jangan Dilewatkan!Pīrādziņi, kue kering berbentuk bulan sabit khas Latvia (instagram.com/3muskatrieksti)

Pīrādziņi adalah kue kering khas Latvia. Pīrādziņi berbentuk bulan sabit dengan berbagai varian rasa yang dapat dipilih sesuai selera.

Kue ini memiliki rasa yang gurih karena memiliki isian yang dibuat dari campuran bawang, bacon, daging cincang, kol, dan keju cottage. Pīrādziņi dapat dinikmati sebagai makanan ringan atau dimakan dengan sup.

Kuliner dari Latvia yang banyak pilihan dan kaya rasa dapat dijadikan referensi kuliner yang menarik. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan lezat tersebut jika berkunjung ke Latvia, ya!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Nepal yang Populer, Cita Rasa Rempahnya Khas Banget!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya