Comscore Tracker

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegara

Bisa jadi ide masak di akhir pekan, nih!

Siapa yang tidak suka telur? Bahan makanan yang satu ini jadi salah satu bahan yang paling banyak diolah di seluruh dunia. Rasa yang lezat, penuh gizi, dan harga yang terjangkau menjadikan telur digemari banyak orang.

Negara-negara berikut ini punya kreasi olahan telur yang menggugah selera. Buat kamu yang kehabisan ide mau masak apa buat akhir pekan, yuk simak informasi berikut!

1. Omusoba, Jepang

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Omusoba (twinmarquis.com)

Siapa yang suka makanan Jepang? Omusoba bisa jadi pilihan untuk mengolah telur di rumah. Omusoba adalah makanan Jepang yang terdiri dari Yakisoba atau mie khas Jepang yang dibungkus dengan omelette telur yang lembut.

Omusoba sendiri merupakan makanan yang digemari orang-orang Jepang karena penyajiannya yang cepat dan rasanya enak. Tidak heran kalau hampir semua restoran dan izakaya atau kedai-kedai khas Jepang menjual menu Omusoba.

2. Menemen, Turki

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Menemen (atelierea.com)

Buat kamu yang suka makan scrambled egg alias telur orak-arik, menemen bisa jadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Menemen adalah scrambled egg khas Turki yang dibuat dari campuran telur, tomat, dan lada sebagai bahan dasarnya. Bahan-bahan lain yang bisa ditambahkan adalah keju khas Turki, bawang, dan juga bayam.

Menemen disajikan dengan roti yang garing dan yogurt bawang putih. Rasanya yang enak dan juicy, serta pembuatannya yang hanya membutuhkan waktu singkat membuat sajian ini pas dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang. Harus coba, nih!

3. Shakshuka, Afrika Selatan

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Shakshuka (freshoffthegrid.com)

Shakshuka adalah hidangan berbahan dasar telur yang berasal dari Tunisia, Afrika Selatan. Hidangan ini lalu menyebar ke negara-negara sekitarnya seperti Libya, Mesir, Maroko, Yaman, Algeria, hingga Israel. Negara Israel bahkan menetapkan Shakshuka sebagai salah satu makanan nasional.

Shakshuka dibuat dari poached egg yang dicampur dengan saus dari tomat dan lada yang sedikit pedas, terakhir diberi topping keju feta. Seperti menemen, shakshuka juga disajikan dengan roti garing. Lezat, kaya rasa, dan murah!

4. Quiche, Jerman

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi potongan Quiche (unsplash.com/James Harris)

Kudapan yang satu ini berasal dari Jerman dengan nama asli Kuchen yang berarti kue. Namun, quiche sekarang dikenal sebagai salah satu makanan klasik dari Prancis.

Quiche berbentuk seperti pie dengan piecrust terbuat dari telur dan keju. Isian quiche berbahan dasar telur yang dicampur dengan susu, krim, atau kombinasi susu dan krim.

Nah, untuk isian Quiche bisa divariasikan sesuai selera nih. Bisa dicampur jagung, udang, keju, atau herbs. Tertarik mencoba?

5. Loco Moco, Hawaii

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Loco Moco (beckandbulow.com)

Loco Moco adalah salah satu makanan tradisional Hawaii yang memakai telur sebagai bahan utama. Loco Moco terdiri dari nasi, telur goreng, steak daging giling, dan disiram dengan saus yang terbuat dari jamur yang dimasak hingga menghasilkan karamel.

Bahan-bahan yang sederhana serta cara pembuatan yang mudah menjadi alasan Loco Moco menjadi makanan favorit di Hawaii. Rasanya? Lezat!

Baca Juga: 6 Fakta Unik Telur Pitan, Telur khas Tiongkok yang Berumur 1000 Tahun

6. Deviled egg, Italia

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi Deviled Eggs (amyinthekitchen.com)

Sajian telur yang satu ini berasal dari Italia, namanya Deviled Egg. Deviled Egg biasa disajikan sebagai makanan ringan, makanan pembuka, atau sebagai menu utama.

Makanan ini dibuat dari telur ayam yang direbus hingga kuningnya matang sempurna. Cangkang telur dikupas dan telur dibagi menjadi dua. Kuning telur diambil untuk dicampur dengan bahan lain seperti mustard, mayonais, keju parmesan, dan bumbu-bumbu lainnya. Setelah tercampur rata, campuran kuning telur tersebut dimasukkan kembali ke dalam putih telur.

Mudah, cepat, dan lezat!

7. Telur Balado, Indonesia

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan telur balado (royco.co.id)

Menu yang satu ini khas Indonesia banget, telur balado! Masakan asli Minangkabau ini punya cita rasa pedas yang enak.

Telur balado berbahan dasar telur ayam yang direbus hingga kuning matang sempurna, lalu digoreng hingga putih telur sedikit kering dan berubah warna menjadi kecokelatan. Selanjutnya, telur yang sudah digoreng dicampur dengan bumbu halus dan digoreng hingga bumbu meresap. Telur balado siap dinikmati!

8. Kwek Kwek, Filipina

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Kwek Kwek (asianfoodnetwork.com)

Kalau Indonesia punya Trio Kwek Kwek yang jago nyanyi, Filipina punya kwek kwek yang bisa bikin perut kamu kenyang!

Kwek Kwek atau orange egg adalah salah satu street food favorit orang Filipina yang terbuat dari telur puyuh yang direbus hingga matang, lalu dilumuri dengan adonan tepung berwarna oranye yang gurih, dan digoreng hingga adonan garing dan renyah. Kwek Kwek biasa disantap dengan cuka dan saus spesial.

Buat kamu yang gak kenyang hanya dengan makan telur puyuh, kwek kwek punya versi yang besar nih, namanya Tokneneng. Makanan ini dibuat dengan telur ayam yang dimasak dengan cara yang sama seperti memasak kwek kwek.

9. Pastel de Nata, Portugal

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Pastel de Nata (pexels.com/Regina Ferraz)

Pastel de nata atau egg tart adalah kue custard dengan isian krim yang terbuat dari kuning telur, krim, gula, tepung, dan lemon. Tekstur kulit yang renyah dan isian yang creamy membuat pastel de nata jadi primadona.

Banyaknya toko kue yang menjual pastel de nata di Portugal, khususnya di Lisbon, membuat setiap toko bersaing ketat sehingga mereka memiliki resep rahasianya sendiri.

Pembuatan pastel de nata tergolong mudah dan tidak memakan waktu lama. Buat kamu yang suka baking, cocok banget nih coba bikin pastel de nata di akhir pekan!

10. Bacon and Egg Pie, New Zealand

Menggugah Selera, 10 Masakan Berbahan Dasar Telur dari Mancanegarailustrasi hidangan Bacon and Egg Pie (ultimateguidetoeverything.com)

Bacon and egg pie adalah salah satu makanan klasik dari Selandia Baru. Pie ini biasa disajikan untuk sarapan atau brunch dan menjadi salah satu makanan favorit di Selandia Baru.

Isian pie ini berbahan dasar telur yang dikombinasikan dengan bacon, bawang, serta lada dan garam untuk bumbu. Kulit pie bisa menggunakan adonan puff pastry siap pakai.

Setelah siap, pie dipanggang dengan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu hingga suhu 200°C, lalu dipanggang selama 30 menit. Bacon and egg pie siap disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Cocok kan buat memasak di akhir pekan?

Nah, itu dia kreasi sajian telur yang lezat dari berbagai negara. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat. Mana dulu yang mau kamu coba?

Baca Juga: Resep Membuat Egg Roll Korea, Ide Olahan Telur yang Gak Bosenin

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya