Comscore Tracker

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!

Kenali fakta menarik buah apel yang jarang diketahui!

Siapa sih yang tidak suka buah apel? Ya, buah apel adalah salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Selain karena warna dan bentuknya yang mengunggah selera, apel juga memiliki rasa manis dan aroma yang khas. Terlebih dari itu, ternyata apel juga menyimpan sejumlah fakta menarik.

Dilansir dari KlikDokter, berikut fakta menarik tentang buah apel yang jarang diketahui. Simak satu per satu!

1. Punya nilai gizi tinggi

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah apel (pixabay.com/pentrenz)

Setiap buah apel dengan ukuran sedang beserta kulitnya, memiliki kandungan yang sangat berguna untuk tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari 95 kalori, 25 gram karbohidrat, dan 0,5 gram protein.

Selain itu, buah apel juga mengandung 4 gram serat dan 0,4 gram lemak. Tidak hanya itu, kulit apel sendiri mengandung asam folat yang dapat mencegah obesitas. Artinya, seluruh kandungan dalam satu buah apel tersebut setidaknya dapat memenuhi 14% nilai harian konsumsi vitamin C yang disarankan.

2. Mencegah berbagai penyakit 

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi stetoskop (pixabay.com/Bru-nO)

Mengonsumsi apel secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit. Apel yang sangat kaya akan antioksidan, flavanoids, serat makanan, serta berbagai vitamin dan mineral.

Kandungan-kandungan ini dapat membantu mengurangi risiko berbagai macam penyakit. Beberapa di antaranya adalah kanker, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

3. Biji apel beracun 

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah apel (pixabay.com/RitaE)

Walaupun seluruh bagian buah apel mengandung banyak kandungan yang berguna untuk tubuh, tetapi Anda sebaiknya menghindari memakan biji apel. Biji apel mengandung amygdalin, yaitu zat yang dapat mengeluarkan sianida ketika terjadi kontak dengan enzim pencernaan manusia.

Meski demikian, tidak usah terlalu khawatir jika Anda tidak sengaja memakan biji apel. Karena kasus keracunan akut akibat menelan biji apel merupakan kasus yang jarang ditemukan.

Baca Juga: Apel Gajah, Buah Eksotis yang Jadi Hidangan Lezat dan Kaya Manfaat

4. Apel mampu menjaga mood

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi konsumsi buah apel (pixabay.com/YasDO)

Jika Anda mengonsumsi satu buah apel di pagi hari, maka mood Anda akan terjaga sepanjang hari. Hal tersebut dikarenakan kandungan gula alami atau fruktosa pada apel yang akan membuat Anda lebih terjaga.

Satu buah apel mengandung sekitar 13 gram gula atau fruktosa. Pasalnya, mengonsumsi makanan manis dapat memberi sinyal positif kepada otak dan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Terdapat sebanyak 7.500 lebih jenis apel  

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah apel (pixabay.com/LustrousTaiwan)

Umumnya kita hanya mengetahui atau mengenal beberapa jenis apel saja. Ternyata, varietas apel mencapai ribuan jenis.

Terdapat sebanyak 7.500 lebih jenis buah apel di dunia yang diketahui dan yang pernah diteliti. Beberapa jenis apel yang paling dikenal adalah Apple Gala, Apple Fuji, Granny Smith Apple, dan Red Delicious Apple.

6. Menanam apel membutuhkan waktu yang lama

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah apel (pixabay.com/pixel2013)

Memakan dan menikmati buah apel tentunya hanya memerlukan waktu yang singkat. Namun untuk tumbuh dan berbuah, benih pohon apel ternyata memerlukan waktu lama.

Setidaknya diperlukan 4 hingga 5 tahun agar apel menjadi pohon dewasa dan menghasilkan buah pertamanya. Cukup lama juga, ya?

7. Apel bisa timbulkan fobia

7 Fakta Buah Apel yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi fobia buah apel (pixabay.com/RobinHiggins)

Uniknya, apel dapat menjadi sebuah fobia bagi beberapa orang. Fobia terhadap apel disebut malusdomesticaphobia. 'Malus' dan 'domestica' mengacu pada nama ilmiah untuk kebun pohon apel.

Orang yang mengalami fobia ini memiliki rasa takut dengan buah apel. Bisa jadi mereka juga takut memakan buah apel tanpa alasan yang masuk akal.

Nah, itu tadi tujuh fakta menarik tentang buah apel yang jarang diketahui. Bagaimana, menarik bukan? Semoga fakta menarik tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih mengenal buah apel, ya!

Raymond Clement Photo Writer Raymond Clement

Undergraduate Public Relations Student at Padjadjaran University

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya