Comscore Tracker

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!

Kenali, 7 fakta buah pisang yang jarang diketahui! 

Siapa, sih, yang tidak suka buah pisang? Ya, buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit banyak orang. Pisang juga dikenal sebagai jenis buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti pisang goreng, pisang nugget, pisang cokelat, pisang bakar, pisang ijo, dan lainnya. Selain itu, buah yang identik dengan warna kuning ini menjadi favorit banyak orang karena rasa dan tekstur buahnya yang unik. 

Dilansir dari Hello Sehat, pisang sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Buah ini baik bagi pencernaan, dapat menurunkan tekanan darah, dan menurunkan risiko stroke.

Tidak hanya itu, ternyata pisang menyimpan beberapa fakta menarik yang mungkin masih jarang diketahui orang banyak. Berikut adalah tujuh fakta menarik buah pisang yang perlu diketahui.

1. Buah tertua di dunia 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah pisang (pixabay.com/stevepb)

Buah pisang pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1876. Pada saat itu, Amerika Serikat sedang melakukan perayaan 100 tahun negaranya. Ternyata, jauh sebelum itu, pisang  dipercaya telah ada ribuan tahun lalu dan berasal dari salah satu hutan di Malaysia.

Sebelum masa masehi, pisang dibawa ke India dan dikenal sebagai 'buah pria sejati'. Menurut legenda India, para orang suci biasanya bermeditasi di bawah rindangnya daun pohon pisang yang teduh.

2. Miliki gizi yang kaya

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi vitamin B (pixabay.com/MasterTux)

Setiap satu buah pisang, memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Dalam setiap 100 gram pisang saja sudah mengandung sebanyak 0,8 gram protein, 30,2 gram karbohidrat, 8,1 serat, 12 miligram kalsium, dan 3 miligram natirum. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, dan niasin yang berguna bagi kesehatan tubuh.

3. Mencegah berbagai penyakit 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi cek tekanan darah (pixabay.com/geraldoswald62)

Memakan pisang secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit. Hal tersebut dikarenakan nilai kandungan gizi yang terdapat pada pisang sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Kandungan kalium misalnya, dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan serat dalam pisang juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare. Beberapa penyakit lainnya seperti, hipertensi, stroke, migrain, dan risiko kematian akibat serangan jantung juga dapat dicegah melalui konsumsi pisang.

Baca Juga: 5 Informasi Penting Mengenai Pulau Pisang, Mirip Buah Pisang!

4. Baik untuk kulit 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi masker (pixabay.com/Engin_Akyurt)

Buah pisang yang terlalu matang dapat digunakan sebagai masker wajah yang berguna untuk kesehatan kulit. Pembuatan masker wajah dari buah ini cukup mudah. Pertama, ambil buah pisang yang sudah matang atau lembek. Lalu, tumbuk halus menjadi adonan pasta.

Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Kandungan vitamin C pada pisang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

5. Salah satu kelompok buah berry 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah pisang dan anggur (pixabay.com/ramdanidjamel)

Ternyata, pisang merupakan salah satu kelompok dari jenis buah berry. Jadi, buah ini masih bersaudara dengan currant dan blueberry.

Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki biji dalam buahnya. Selain itu, buah dapat dikatakan jenis buah berry jika memiliki tiga struktur lapisan.

6. Pohon pisang bukanlah sebuah ‘pohon’ 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi pohon pisang (pixabay.com/balouriarajesh)

Buah pisang tidak tumbuh di pohon. Buah ini tumbuh dari struktur akar yang memiliki batang di atas tanah.

Tanaman pisang diklasifikasikan sebagai tanaman herba yang memiliki bentuk seperti pohon. Pisang juga merupakan jenis tanaman herbaceous terbesar di dunia.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidur

7. Zat radioaktif 

7 Fakta Buah Pisang yang Harus Kamu Tahu!ilustrasi buah pisang (pixabay.com/security)

Pisang secara alami mengadung zat radioaktif. Tetapi, zat radioaktif yang dimiliki dalam pisang sangatlah kecil.

Pisang mengandung zat radioaktif dikarenakan adanya kandungan zat potasium yang cukup tinggi. Pisang mengandung Potassium-40 yang merupakan isotop radioaktif dari potasium.

Nah, itu tadi tujuh fakta menarik dari buah pisang. Dari beberapa fakta tersebut, adakah yang baru kamu ketahui? Semoga fakta-fakta menarik dari buah pisang tersebut dapat membuat kamu lebih mengenal si kuning yang satu ini, ya!

Raymond Clement Photo Verified Writer Raymond Clement

Undergraduate Public Relations Student at Padjadjaran University

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya